Materi
Bab
I Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Ciri-Ciri
Makhluk Hidup
Perbedaan
Makhluk Hidup Dengan Benda Tak Hidup Berdasarkan Ciri-Cirinya
Persamaan
Dan Perbedaan Antar Makhluk Hidup
Penggolongan
Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri-Ciri Yang Dapat Diamati
Penggolongan
Tumbuhan
Kebutuhan
Makhluk Hidup
Akibat
Yang Terjadi Bila Kebutuhan Makhluk Hidup Tidak Terpenuhi
Pemeliharaan
Tumbuhan
Bab
2 Perubahan Pada Makhluk Hidup
Pertumbuhan
Manusia
Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan
Pengaruh
Bahan Makanan Tambahan Buatan Terhadap Kesehatan
Hubungan
Olah Raga, Rekreasi, Dan Istirahat Dengan Kesehatan
Pertumbuhan
Hewan
Pertumbuhan
Tanaman
Kesulitan
Pada
materi ini sedikit sulit untuk dipahami siswa kelas III SD.
Solusi
Solusi
untuk materi yang sulit ini yaitu guru harus bisa menggunakan media
pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran agar pembelajaran dapat mudah
dipahami siswa.
Standar
Kompetensi
|
2.
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya
menjaga kesehatan lingkungan
|
Kompetensi
Dasar
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
berdasarkan pengamatan
2.2
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
2.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Materi
Lingkungan
Sehat
Kesehatan
tubuh dipengaruhi oleh kesehatan lingkungan. Bagaimana membuat lingkungan yang
sehat?
Kebersihan
lingkungan
Lingkungan
yang kotor merupakan sumber penyakit. Bibit penyakit suka bersarang di tempat
kotor. Jadi kita harus menjaga kebersihan lingkungan.
Bagaimana
cara menjaga kebersihan lingkungan? Kita harus rajin menyapu lantai. Kita juga
harus membersihkan selokan. Membuang sampah pada tempatnya. Meletakkan
barang-barang di tempatnya. Contohnya buku ditata rapi di rak. Pakaian dilipat
dan dimasukkan dalam lemari pakaian.
Udara
dan Air Bersih
Setiap
saat kita menghirup udara. Bagaimana jika udara itu tidak bersih? Apa yang akan
kita alami? Ya, kita akan sering batuk. Dan lama-lama paru-paru kita rusak.
Jadi udara kotor dapat mengganggu kesehatan. Kita harus selalu menghirup udara
bersih.
Udara
di daerah pegunungan bersih dan segar. Di pegunungan banyak tumbuhan yang
mengeluarkan oksigen. Oksigen diperlukan oleh tubuh kita. Di pegunungan tidak
banyak pencemar udara. Contoh pencemar udara adalah asap pabrik. Pencemar udara
lainnya adalah asap kendaraan bermotor.
Penyebab
Lingkungan Tidak Sehat
Kesehatan
lingkungan kita tergantung pada kita sendiri. Lingkungan tidak sehat disebabkan
oleh kebiasaan hidup kita. Contohnya membuang sampah sembarangan. Kebiasaan
membuang sampah sembarangan merugikan kita. Ini akan mengganggu keindahan dan
kesehatan lingkungan. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan bencana. Sampah
adalah tempat kesukaan lalat. Lalat tersebut dapat hinggap di makanan. Lalat
dapat menyebarkan penyakit. Kita tidak boleh membuang sampah di selokan atau
sungai. Sampah akan menyumbat aliran air. Akibatnya dapat menimbulkan banjir.
Kondisi
lingkungan yang Memengaruhi Kesehatan
Kesehatan
kita dipengaruhi keadaan lingkungan kita. Lingkungan sehat membuat tubuh kita
sehat. Sebaliknya lingkungan tidak sehat membuat tubuh kita mudah sakit.
Lingkungan tidak sehat dapat dikatakan telah tercemar. Pencemaran dapat terjadi
di mana saja. Contohnya di tanah, udara, dan air
Pencemaran
Tanah
Tanah
dapat tercemar. Penyebab pencemaran tanah, antara lain:
Pembuangan
sampah plastik.
Plastik
tidak dapat membusuk. Kita tidak boleh membuang sampah plastik di tanah. Sampah
plastik dikumpulkan. Plastik dapat didaur ulang.
Limbah
cair (air sisa proses industri) dari industri.
Kecelakaan
kendaraan pengangkut minyak atau limbah cair. Jika minyak atau limbah cair
tumpah ke tanah akan mencemari tanah.
Pencemaran
tanah menyebabkan berkurangnya kesuburan tanah. Keadaan ini dapat mengganggu
pertumbuhan tanaman. Dan lama kelamaan tanaman dapat mati.
Pencemaran
Udara
Udara
tercemar karena masuknya zat berbahaya. Pencemaran udara berupa debu dan asap.
Bau tidak sedap juga merupakan pencemaran.
Debu
berupa butiran benda padat yang halus. Debu ini ada di mana-mana. Coba raba
dinding kelasmu. Apa yang kamu lihat dan rasakan? Tanganmu akan berwarna
keabu-abuan. Kamu juga merasakan ada serbuk halus di tembok. Itulah debu. Debu
yang terhirup dapat menyesakkan pernapasan. Jadi bersihkan ruanganmu setiap
hari. Timbunan sampah dapat menyebabkan pencemaran udara. Timbunan sampah
menimbulkan bau tidak sedap. Timbunan sampah juga mengganggu keindahan
lingkungan. Jadi kita harus membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah harus
ditutup rapat. Tujuannya agar baunya tidak mencemari udara sekitar. Asap adalah
pencemar udara yang berbahaya. Asap berbahaya jika kita hirup. Sumber asap
antara lain dari:
letusan
gurung berapi,
aktivitas
pabrik,
asap
rokok,
asap
kendaraan bermotor, dan
asap
dari pembakaran sampah.
Asap
kendaraan bermotor berbahaya. Asap ini mengandung gas karbon dioksida. Gas ini
sangat beracun. Bila dihirup dapat menyebabkan mual dan kepala pusing. Bahkan
mengakibatkan pingsan hingga kematian. Pencemaran udara juga merugikan
tumbuhan. Zat pencemar udara menempel pada daun. Zat ini menghalangi masuknya
sinar matahari. Jadi zat pencemar menghambat fotosintesis.
Pencemaran
Air
Pencemaran
air dapat disebabkan oleh limbah pabrik. Limbah pabrik mengandung bahan-bahan
berbahaya. Limbah tidak boleh langsung dibuang ke sungai. Pencemar air lainnya
adalah pupuk kimia dan pestisida. Pestisida adalah bahan pembunuh hama tanaman.
Pupuk kimia dan pestisida akan meresap ke tanah. Kemudian masuk ke sungai dan
danau. Sabun dan detergen juga mencemari air. Air yang tercemar menjadi
beracun. Kita tidak boleh minum dan mandi dengan air ini.
Memelihara
Kesehatan Lingkungan
Memelihara
kesehatan lingkungan berarti menjaga kesehatan. Jika lingkungan sehat, tubuh
kita juga sehat. Kita harus menjaga kesehatan lingkungan agar terhindar dari
penyakit. Kita harus rajin membersihkan rumah kita. Lantai rumah perlu disapu
dan dipel. Tujuannya agar rumah kita tidak berdebu. Debu dapat mengganggu
pernapasan kita.
Standar
Kompetensi
|
3.
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kompetensi
Dasar
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda
padat, cair, dan gas
3.2
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang
dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
|
Materi
Sifat-sifat
Benda
Berdasarkan
wujudnya, benda dibedakan menjadi tiga, yaitu benda padat, benda cair dan benda
gas.
Benda
Padat
Benda
padat contohnya meja, kursi dan pensil. Sifat benda padat yaitu:
memiliki
massa
bentuknya
tetap
volumenya
tetap
mempunyai
kekerasan tertentu
dapat
diubah dengan caratertentu
Sifat
Benda Cair
Benda
cair contohnya air, minyak, dan sirup. Sifat benda cair yaitu:
memiliki
bentuk yangselalu berubah-ubah, sesuai dengantempatnya
mempunyai
berat
mengalir
dari tempat tinggi ke yang lebih rendah
permukaan
yang tenang selalu mendatar
menekan
ke segala arah
meresap
melalui celah-celah kecil
dapat
melarutkan berbagai macam zat.
Sifat
Benda Gas
Benda
gas contohnya udara dan gas elpiji (LPG). Sifat benda gas yaitu:
Menempati
ruang
Memiliki
volume
Memiliki
massa (berat)
Memiliki
tekanan ke segala arah
Bentuk
gas berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya
Perubahan
Sifat Benda
Perubahan
Sifat Benda karena Pembakaran
Bensin
merupakan benda cair. Jika bensin dibakar, bensin akan berubah menjadi gas.
Spiritus
merupakan benda cair. Jika spriritus dibakar, maka akan berubah menjadi gas,
sehingga menyebabkna jumlah spiritus lama kelamaan menjadi semakin berkurang
Lilin
merupakan benda padat. Jika lilin dibakar, maka akan berubah menjadi gas. Hal
ini menyebabkan panjang lilin lama kelamaan menjadi berkurang.
Perubahan
Sifat Benda karena Pemanasan
Benda
cair seperti air dan alkohol, akan menguap dan berubah menjadi gas jika
dipanaskan.
Benda
padat seperti lilin, plastik, kaca dan logam akan meleleh jika dipanaskan
Perubahan
Sifat Benda karena Dibiarkan di Tempat Terbuka
Es
batu merupakan benda padat yang dapat berubah wujud jika berada di tempat
terbuka. Suhu rata-rata tempat terbuka sekitar 25ºC, sedangkan suhu es batu
sekitar 0ºC. Akibatnya, es batu mengambil energi panas dari lingkungan
sekitarnya, sehingga es batu dapat mencair.
Benda
padat umumnya tidak berubah jika dibiarkan di tempat terbuka. Namun beberapa
benda padat seperti kapur barus, dapat menguap di tempat yang terbuka.
Perubahan benda padat menjadi gas disebut menyublim.
Beberapa
benda cair seperti alkohol mudah menguap dibandingkan dengan air. Jika alkohol
diletakkan di tempat terbuka, lama kelamaan akan berkurang.
Kegunaan
Benda
Benda
dari Plastik
Alat-alat
rumah tangga banyak menggunakan bahan plastik, hal ini karena plastik murah dan
tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air (tidak tembus air) atau
bersifat tahan air. Contohnya ember, gayung, sendok sayur dan lain-lain.
Ember
digunakan untuk menampung air
Payung
digunakan untuk melindungi tubuh saat hujan
Sendok
sayur digunakan untuk mengambil sayur
Penggaris
digunakan untuk menggaris
Jas
hujan digunakan tubuh kita agar menjadi tidak basah
Benda
dari Kertas
Kertas
dibuat dari kulit kayu. Kulit kayu dihancurkan, lalu diolah menjadi kertas.
Setelah itu, kertas dapat digunakan untuk membuat berbagai benda. Kertas sangat
ringan dan praktis dibawa. Benda dari kertas misalnya:
Buku
tulis kita gunakan untuk menulis
Majalah
dan koran memuat berita penting
Tisu
digunakan sebagai pembersih, misalnya untuk menyeka keringat
Kardus
digunakan untuk membungkus benda.
Benda
dari Kayu
Kayu
adalah bagian dari tumbuhan.Kayu dapat diubah menjadi berbagai macam
benda.Misalnya yaitu:
Meja
dari kayu digunakan untuk menulis. Meja jugadigunakan untuk meletakkan
benda-benda. Seperti vas bunga, pigura foto, dan asbak.
Kursi
digunakan untuk duduk.
Lemari
digunakan untuk menyimpan pakaian.
Pintu
digunakanuntuk keluar masuk rumah.
Tempat
tidur digunakan untuk menyangga kasur.
Peralatan
dapur juga terbuat dari kayu.Misalnya, talenan, pegangan panci, pegangan pisau,
dan sendok.
Kayu
juga digunakan untuk membuat bendakerajinan. Misalnya, patung dan pigura.
Benda
dari Kaca
Benda
dari kaca mempunyai sifat tembus pandang.Selain itu, benda yangterbuat dari
kaca lebih indah dan cantik. Bahan dari kacajuga mudah dibersihkan. Akan
tetapi, kaca harus dirawathati-hati. Hal ini karena kaca mudah pecah. Contoh
benda yang terbuat dari kaca:
Jendela
rumah, agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Tanpa jendela rumah
akan menjadi gelap. Karenacahaya matahari tidak dapat masuk.
Gelas
digunakan untuk minum.
Vas
bunga digunakan untuk merangkai bunga.
Kacamata
digunakan sebagai alat bantu melihat.
Benda
dari Karet
Benda
dari karet bersifat elastis dan lentur. Misalnya ban motor, balon dan sandal
jepit. Ban motor dan mobil digunakan untuk menyangga kendaraan. Dengan
demikian, kendaraan dapat berjalan. Balon digunakan untuk mainan anak-anak.
Ketika ditiup, balon akan mengembang. Sifat balon amat elastis. Sandal jepit
juga terbuat dari karet, sendal jepit digunakan sebagai alas kaki.
Kesulitan
Berdasarkan
materi yang telah diuraikan diatas, materi yang sulit untuk dijelaskan yaitu
pada sub materi sifat-sifat benda lebih tepatnya pada sifat benda gas. Hal ini
dikarenakan gas merupakan benda yang tidak dapat dilihat, sehingga guru sulit
untuk menunjukkan benda gas tersebut. Selain itu, siswa kelas 3 sekolah dasar
termasuk pada tahap operasional konkret, dimana siswa masih sulit untuk
memahami objek yang bersifat abstrak.
Solusi
Berdasarkan
kesulitan yang telah diuraikan tersebut, maka diperlukan suatu media atau alat
yang dapat menunjukkan wujud benda gas, sehingga siswa dapat mengidentifikasi
sifat-sifat benda gas. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru
dapat menggunakan balon sebagai alat untuk menunjukkan sifat benda gas.
Pertama-tama
guru menjelaskan bahwa gas merupakan benda yang tidak dapat dilihat, yaitu
misalnya udara. Udara ini dapat berasal dari mulut kita, untuk mengetahui
adanya gas maka dengan cara meniup balon, sehingga dapat di identifikasi
sifat-sifat benda gas.
Bentuk
benda gas dapat ditunjukkan dengan menggunakan balon dan kantong plastik,
sehingga dapat dilihat bahwa benda gas memiliki bentuk yang berubah-ubah sesuai
atau mengikuti wadahnya. Balon akan mengembang karena ruang balon terisi oleh
udara, hal ini membuktikan bahwa benda gas menempati ruang dan memiliki volume.
Karena benda gas memiliki volume maka benda gas juga memiliki massa (berat),
untuk menunjukkan sifat ini guru bisa menggunakan alat timbangan untuk
membandingkan balon yang kosong dengan balon yang terisi udara. Maka akan
diperoleh hasil bahwa balon yang kosong berada di posisi atas sedangkan yang
terisi udara ada diposisi bawah. Hal ini menunjukkan bahwa balon yang berisi
udara memiliki masa, dan lebih berat daripada balon yang kosong. Kemudian untuk
menunjukkan bahwa benda gas memiliki tekanan maka dapat ditunjukkan dengan
membuka mulut balon secara sedikit-sedikit, sehingga dapat dirasakan adanya
angin yang keluar dari balon.
No comments:
Post a Comment