Sunday, July 23, 2017

Ringkasan Materi IPA Kelas 3 SD/MI dengan Buku Gratis Download


Materi
Bab I Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Perbedaan Makhluk Hidup Dengan Benda Tak Hidup Berdasarkan Ciri-Cirinya
Persamaan Dan Perbedaan Antar Makhluk Hidup
Penggolongan Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri-Ciri Yang Dapat Diamati
Penggolongan Tumbuhan
Kebutuhan Makhluk Hidup
Akibat Yang Terjadi Bila Kebutuhan Makhluk Hidup Tidak Terpenuhi
Pemeliharaan Tumbuhan
Bab 2 Perubahan Pada Makhluk Hidup
Pertumbuhan Manusia
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan
Pengaruh Bahan Makanan Tambahan Buatan Terhadap Kesehatan
Hubungan Olah Raga, Rekreasi, Dan Istirahat Dengan Kesehatan
Pertumbuhan Hewan
Pertumbuhan Tanaman
Kesulitan
Pada materi ini sedikit sulit untuk dipahami siswa kelas III SD.
Solusi
Solusi untuk materi yang sulit ini yaitu guru harus bisa menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran agar pembelajaran dapat mudah dipahami siswa.

Standar Kompetensi
2.      Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
Kompetensi Dasar
2.1  Membedakan ciri-ciri lingkungan  sehat dan  lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2  Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
2.3  Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar

Materi
Lingkungan Sehat
Kesehatan tubuh dipengaruhi oleh kesehatan lingkungan. Bagaimana membuat lingkungan yang sehat?
Kebersihan lingkungan
Lingkungan yang kotor merupakan sumber penyakit. Bibit penyakit suka bersarang di tempat kotor. Jadi kita harus menjaga kebersihan lingkungan.
Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan? Kita harus rajin menyapu lantai. Kita juga harus membersihkan selokan. Membuang sampah pada tempatnya. Meletakkan barang-barang di tempatnya. Contohnya buku ditata rapi di rak. Pakaian dilipat dan dimasukkan dalam lemari pakaian.


Udara dan Air Bersih
Setiap saat kita menghirup udara. Bagaimana jika udara itu tidak bersih? Apa yang akan kita alami? Ya, kita akan sering batuk. Dan lama-lama paru-paru kita rusak. Jadi udara kotor dapat mengganggu kesehatan. Kita harus selalu menghirup udara bersih.
Udara di daerah pegunungan bersih dan segar. Di pegunungan banyak tumbuhan yang mengeluarkan oksigen. Oksigen diperlukan oleh tubuh kita. Di pegunungan tidak banyak pencemar udara. Contoh pencemar udara adalah asap pabrik. Pencemar udara lainnya adalah asap kendaraan bermotor.
Penyebab Lingkungan Tidak Sehat
Kesehatan lingkungan kita tergantung pada kita sendiri. Lingkungan tidak sehat disebabkan oleh kebiasaan hidup kita. Contohnya membuang sampah sembarangan. Kebiasaan membuang sampah sembarangan merugikan kita. Ini akan mengganggu keindahan dan kesehatan lingkungan. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan bencana. Sampah adalah tempat kesukaan lalat. Lalat tersebut dapat hinggap di makanan. Lalat dapat menyebarkan penyakit. Kita tidak boleh membuang sampah di selokan atau sungai. Sampah akan menyumbat aliran air. Akibatnya dapat menimbulkan banjir.
Kondisi lingkungan yang Memengaruhi Kesehatan
Kesehatan kita dipengaruhi keadaan lingkungan kita. Lingkungan sehat membuat tubuh kita sehat. Sebaliknya lingkungan tidak sehat membuat tubuh kita mudah sakit. Lingkungan tidak sehat dapat dikatakan telah tercemar. Pencemaran dapat terjadi di mana saja. Contohnya di tanah, udara, dan air
Pencemaran Tanah
Tanah dapat tercemar. Penyebab pencemaran tanah, antara lain:
Pembuangan sampah plastik.
Plastik tidak dapat membusuk. Kita tidak boleh membuang sampah plastik di tanah. Sampah plastik dikumpulkan. Plastik dapat didaur ulang.
Limbah cair (air sisa proses industri) dari industri.
Kecelakaan kendaraan pengangkut minyak atau limbah cair. Jika minyak atau limbah cair tumpah ke tanah akan mencemari tanah.
Pencemaran tanah menyebabkan berkurangnya kesuburan tanah. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Dan lama kelamaan tanaman dapat mati.
Pencemaran Udara
Udara tercemar karena masuknya zat berbahaya. Pencemaran udara berupa debu dan asap. Bau tidak sedap juga merupakan pencemaran.
Debu berupa butiran benda padat yang halus. Debu ini ada di mana-mana. Coba raba dinding kelasmu. Apa yang kamu lihat dan rasakan? Tanganmu akan berwarna keabu-abuan. Kamu juga merasakan ada serbuk halus di tembok. Itulah debu. Debu yang terhirup dapat menyesakkan pernapasan. Jadi bersihkan ruanganmu setiap hari. Timbunan sampah dapat menyebabkan pencemaran udara. Timbunan sampah menimbulkan bau tidak sedap. Timbunan sampah juga mengganggu keindahan lingkungan. Jadi kita harus membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah harus ditutup rapat. Tujuannya agar baunya tidak mencemari udara sekitar. Asap adalah pencemar udara yang berbahaya. Asap berbahaya jika kita hirup. Sumber asap antara lain dari:
letusan gurung berapi,
aktivitas pabrik,
asap rokok,
asap kendaraan bermotor, dan
asap dari pembakaran sampah.
Asap kendaraan bermotor berbahaya. Asap ini mengandung gas karbon dioksida. Gas ini sangat beracun. Bila dihirup dapat menyebabkan mual dan kepala pusing. Bahkan mengakibatkan pingsan hingga kematian. Pencemaran udara juga merugikan tumbuhan. Zat pencemar udara menempel pada daun. Zat ini menghalangi masuknya sinar matahari. Jadi zat pencemar menghambat fotosintesis.

Pencemaran Air
Pencemaran air dapat disebabkan oleh limbah pabrik. Limbah pabrik mengandung bahan-bahan berbahaya. Limbah tidak boleh langsung dibuang ke sungai. Pencemar air lainnya adalah pupuk kimia dan pestisida. Pestisida adalah bahan pembunuh hama tanaman. Pupuk kimia dan pestisida akan meresap ke tanah. Kemudian masuk ke sungai dan danau. Sabun dan detergen juga mencemari air. Air yang tercemar menjadi beracun. Kita tidak boleh minum dan mandi dengan air ini.
Memelihara Kesehatan Lingkungan
Memelihara kesehatan lingkungan berarti menjaga kesehatan. Jika lingkungan sehat, tubuh kita juga sehat. Kita harus menjaga kesehatan lingkungan agar terhindar dari penyakit. Kita harus rajin membersihkan rumah kita. Lantai rumah perlu disapu dan dipel. Tujuannya agar rumah kita tidak berdebu. Debu dapat mengganggu pernapasan kita.

Standar Kompetensi
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
3.1  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2  Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas

Materi
Sifat-sifat Benda
Berdasarkan wujudnya, benda dibedakan menjadi tiga, yaitu benda padat, benda cair dan benda gas.

Benda Padat
Benda padat contohnya meja, kursi dan pensil. Sifat benda padat yaitu:
memiliki massa
bentuknya tetap
volumenya tetap
mempunyai kekerasan tertentu
dapat diubah dengan caratertentu
Sifat Benda Cair
Benda cair contohnya air, minyak, dan sirup. Sifat benda cair yaitu:
memiliki bentuk yangselalu berubah-ubah, sesuai dengantempatnya
mempunyai berat
mengalir dari tempat tinggi ke yang lebih rendah
permukaan yang tenang selalu mendatar
menekan ke segala arah
meresap melalui celah-celah kecil
dapat melarutkan berbagai macam zat.
Sifat Benda Gas
Benda gas contohnya udara dan gas elpiji (LPG). Sifat benda gas yaitu:
Menempati ruang
Memiliki volume
Memiliki massa (berat)
Memiliki tekanan ke segala arah
Bentuk gas berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya
Perubahan Sifat Benda
Perubahan Sifat Benda karena Pembakaran
Bensin merupakan benda cair. Jika bensin dibakar, bensin akan berubah menjadi gas.
Spiritus merupakan benda cair. Jika spriritus dibakar, maka akan berubah menjadi gas, sehingga menyebabkna jumlah spiritus lama kelamaan menjadi semakin berkurang
Lilin merupakan benda padat. Jika lilin dibakar, maka akan berubah menjadi gas. Hal ini menyebabkan panjang lilin lama kelamaan menjadi berkurang.
Perubahan Sifat Benda karena Pemanasan
Benda cair seperti air dan alkohol, akan menguap dan berubah menjadi gas jika dipanaskan.
Benda padat seperti lilin, plastik, kaca dan logam akan meleleh jika dipanaskan
Perubahan Sifat Benda karena Dibiarkan di Tempat Terbuka
Es batu merupakan benda padat yang dapat berubah wujud jika berada di tempat terbuka. Suhu rata-rata tempat terbuka sekitar 25ºC, sedangkan suhu es batu sekitar 0ºC. Akibatnya, es batu mengambil energi panas dari lingkungan sekitarnya, sehingga es batu dapat mencair.
Benda padat umumnya tidak berubah jika dibiarkan di tempat terbuka. Namun beberapa benda padat seperti kapur barus, dapat menguap di tempat yang terbuka. Perubahan benda padat menjadi gas disebut menyublim.
Beberapa benda cair seperti alkohol mudah menguap dibandingkan dengan air. Jika alkohol diletakkan di tempat terbuka, lama kelamaan akan berkurang.
Kegunaan Benda
Benda dari Plastik
Alat-alat rumah tangga banyak menggunakan bahan plastik, hal ini karena plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air (tidak tembus air) atau bersifat tahan air. Contohnya ember, gayung, sendok sayur dan lain-lain.

Ember digunakan untuk menampung air
Payung digunakan untuk melindungi tubuh saat hujan
Sendok sayur digunakan untuk mengambil sayur
Penggaris digunakan untuk menggaris
Jas hujan digunakan tubuh kita agar menjadi tidak basah
Benda dari Kertas
Kertas dibuat dari kulit kayu. Kulit kayu dihancurkan, lalu diolah menjadi kertas. Setelah itu, kertas dapat digunakan untuk membuat berbagai benda. Kertas sangat ringan dan praktis dibawa. Benda dari kertas misalnya:
Buku tulis kita gunakan untuk menulis
Majalah dan koran memuat berita penting
Tisu digunakan sebagai pembersih, misalnya untuk menyeka keringat
Kardus digunakan untuk membungkus benda.
Benda dari Kayu
Kayu adalah bagian dari tumbuhan.Kayu dapat diubah menjadi berbagai macam benda.Misalnya yaitu:
Meja dari kayu digunakan untuk menulis. Meja jugadigunakan untuk meletakkan benda-benda. Seperti vas bunga, pigura foto, dan asbak.
Kursi digunakan untuk duduk.
Lemari digunakan untuk menyimpan pakaian.
Pintu digunakanuntuk keluar masuk rumah.
Tempat tidur digunakan untuk menyangga kasur.
Peralatan dapur juga terbuat dari kayu.Misalnya, talenan, pegangan panci, pegangan pisau, dan sendok.
Kayu juga digunakan untuk membuat bendakerajinan. Misalnya, patung dan pigura.

Benda dari Kaca
Benda dari kaca mempunyai sifat tembus pandang.Selain itu, benda yangterbuat dari kaca lebih indah dan cantik. Bahan dari kacajuga mudah dibersihkan. Akan tetapi, kaca harus dirawathati-hati. Hal ini karena kaca mudah pecah. Contoh benda yang terbuat dari kaca:
Jendela rumah, agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Tanpa jendela rumah akan menjadi gelap. Karenacahaya matahari tidak dapat masuk.
Gelas digunakan untuk minum.
Vas bunga digunakan untuk merangkai bunga.
Kacamata digunakan sebagai alat bantu melihat.
Benda dari Karet
Benda dari karet bersifat elastis dan lentur. Misalnya ban motor, balon dan sandal jepit. Ban motor dan mobil digunakan untuk menyangga kendaraan. Dengan demikian, kendaraan dapat berjalan. Balon digunakan untuk mainan anak-anak. Ketika ditiup, balon akan mengembang. Sifat balon amat elastis. Sandal jepit juga terbuat dari karet, sendal jepit digunakan sebagai alas kaki.

Kesulitan
Berdasarkan materi yang telah diuraikan diatas, materi yang sulit untuk dijelaskan yaitu pada sub materi sifat-sifat benda lebih tepatnya pada sifat benda gas. Hal ini dikarenakan gas merupakan benda yang tidak dapat dilihat, sehingga guru sulit untuk menunjukkan benda gas tersebut. Selain itu, siswa kelas 3 sekolah dasar termasuk pada tahap operasional konkret, dimana siswa masih sulit untuk memahami objek yang bersifat abstrak.

Solusi
Berdasarkan kesulitan yang telah diuraikan tersebut, maka diperlukan suatu media atau alat yang dapat menunjukkan wujud benda gas, sehingga siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda gas. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru dapat menggunakan balon sebagai alat untuk menunjukkan sifat benda gas.
Pertama-tama guru menjelaskan bahwa gas merupakan benda yang tidak dapat dilihat, yaitu misalnya udara. Udara ini dapat berasal dari mulut kita, untuk mengetahui adanya gas maka dengan cara meniup balon, sehingga dapat di identifikasi sifat-sifat benda gas.
Bentuk benda gas dapat ditunjukkan dengan menggunakan balon dan kantong plastik, sehingga dapat dilihat bahwa benda gas memiliki bentuk yang berubah-ubah sesuai atau mengikuti wadahnya. Balon akan mengembang karena ruang balon terisi oleh udara, hal ini membuktikan bahwa benda gas menempati ruang dan memiliki volume. Karena benda gas memiliki volume maka benda gas juga memiliki massa (berat), untuk menunjukkan sifat ini guru bisa menggunakan alat timbangan untuk membandingkan balon yang kosong dengan balon yang terisi udara. Maka akan diperoleh hasil bahwa balon yang kosong berada di posisi atas sedangkan yang terisi udara ada diposisi bawah. Hal ini menunjukkan bahwa balon yang berisi udara memiliki masa, dan lebih berat daripada balon yang kosong. Kemudian untuk menunjukkan bahwa benda gas memiliki tekanan maka dapat ditunjukkan dengan membuka mulut balon secara sedikit-sedikit, sehingga dapat dirasakan adanya angin yang keluar dari balon.


Link Download Buku IPA Kelas 3 SD/MI 

No comments:

Post a Comment