Sunday, July 23, 2017

Materi Operasi pembagian dan Buku Matematika Kelas 2 SD/MI Gratis

Operasi pembagian merupakan kebalikan dari operasi perkalian. Untuk membuat peserta didik mengerti akan makna dari suatu konsep seperti pembagian, mereka harus diberikan pengalaman nyata di awal pembelajaran tentang apa yang dimaksud dengan pembagian.

Operasi hitung campuran yang dimaksud adalah operasi hitung yang melibatkan lebih dari satu macam operasi dalam suatu perhitungan. Operasi hitung campuran adalah menyelesaikan perhitungan yang terdiri dari perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Operasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang didahulukan dari pada penjumlahan dan pengurangan.

Dalam operasi hitung campuran memiliki aturan yaitu ; Operasi yang berada dalam kurung dkerjakan lebih dahulu, Dahulukan perkalian dan pembagian sebelum penjumlahan dan pengurangan, Penjumlahan dan pengurangan sama kuat, jadi yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang berada di sebelah kiri dengan cara dikelompokkan,Operasi hitung dalam tanda kurung kerjakan terlebih dahulu, Operasi hitung yang levelnya setara dikerjakan sesuai urutan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, banyak peserta didik yang sulit memahami dan sulit diajak terampil perkalian dasar (perkalian dua bilangan satu angka). Diduga hal itu terjadi karena pembelajaran awalnya tidak kontekstual dalam arti tidak mengaitkan permasalahan dengan konteks kehidupan nyata yang dikenal peserta didik sehari-hari. Jadi di sarankan agar guru dalam mengajarkan perkalian, pembagian atau pun hitung cacah harus mengkaitkannya dengan kehidupan nyata sehingga matematika itu mudah dipahami dan menyenangkan bagi mereka.


Buku Matematika Kelas 2 SD/MI Gratis


No comments:

Post a Comment