Saturday, October 14, 2017

Administrasi Belajar Mengejar IPA Kelas 7 SMP/MTS Lengkap


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : Semester I
Topik : Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita
Sub Topik : Bagaimana Cara Memisahkan Campuran
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit ( 3 kali tatap muka)

A. KOMPETENSI DASAR

1.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan mengabarkan yg akan terjadi percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijak dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
3.5 Memahami karakteristik zat, dan perubahan fisika dan kimia pada zat yg bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia zat

B. INDIKATOR

1. Mengidentifikasi perangkat alat percobaan pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dan kromatografi
2. Menjelaskan prinsip pemisahan campuran pada setiap metode berdasarkan data percobaan
3. Terampil melakukan pemisahan campuran dengan metode metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dan kromatografi
4. Mengidentifikasi contoh pemanfaatan pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
5. Menjelaskan proses penjernihan air dengan metode pemisahan campuran
6. Memisahkan bahan-bahan yg tetap bisa dipakai memakai metode pemisahan campuran
7. Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melewati diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pemisahan campuran
8. Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik dengan cara individu maupun berkelompok
9. Menjaga kehidupan dalam ekosistem dari bahan kimia berbahaya dengan melakukan pemisahan limbah sebelum membuang ke lingkungan.
10. Membuat alat penjernihan air dari alat sederhana memakai metode pemisahan campuran

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kajian LKS, siswa bisa mengidentifikasi alat-alat untuk percobaan pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi
2. Mengembangkan keterampilan memisahkan campuran melewati praktikum pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi
3. Siswa bisa membahas prinsip-prinsip dan metode pemisahan campuran metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi melewati diskusi data yg akan terjadi percobaan
4. Siswa bisa membahas pemanfaatan metode pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari melewati diskusi kelompok
5. Siswa bisa mendesain dan membikin alat penjernihan air mengunakan metode pemisahan campuran
6. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melewati kegiatan praktikum dan diskusi kelompok
7. Siswa bisa menerapkan prinsip-prinsip pemisahan campuran untuk menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari seusai mengikuti pembelajaran

No comments:

Post a Comment