Wednesday, August 23, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Akidah Ahlak MTs VIII/Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah                                     :  MTs Negeri 1 CiamisNegeri 1 Ciamis
Mata Pelajaran                        :         Akidah Ahlak
Kelas/Semester                         :         VIII/Ganjil
Materi Pokok                           : Iman Kepada Kitab
Alokasi Waktu                          : 3 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 40Menit

A.  Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

B.   Kompetensi Dasar
1.1   Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT
2.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT
3.1   Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
4.1   Menyajikan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT


C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1  Memiliki penghayatan terhadap kebenaran kitab-kitab Allah SWT , dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1  Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta menunjukan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1  Memahami dalil naqli dan aqli terkait dengan kitab-kitab Allah swt.
3.1.2  Menjelaskan pengertian  kitab-kitab Allah dan shuhuf dan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dan shuhuf.
3.1.3  Menjelaskan macam-macam, isi dan fungsi kitab-kitab Allah swt.
3.1.4  Mengidentifikasi perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
4.1.1  Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah swt.
4.1.2  Mendiskusikan secara kelompok hikmah mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt
4.1.3  Membuat kesimpulan tentang makna dalil, pengertian,macam, perbedaan, serta hikmah beriman kepada kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt.
4.1.4  Membuat kesimpulan tentang fenomena-fenomena tentang perilaku orang yang mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt

D.  Materi Pembelajaran
v  Salah satu pokok kepercayaan atau rukun iman dalam islam ialah meyakini adanya kitab-kitab Allah swt. Kitab-kitab Allah swt.adalah himpunan wahyu yang diturunkan kepada para rasul-Nya untuk disampaikan kepada sekalian manusia sebagai pedoman hidup.
v  Macam-macam Kitab-kitab Allah swt.yang diwahyukan kepada para rasul adalah sebagai berikut. Kitab Zabur diwahyukan kepada Nabi Daud a.s.   abad ke-10 SM, di daerah Israil,  Kitab Taurat diwahyukan kepada Nabi Musa a.s. Pada kira-kira abad ke-12 SM, di daerah Israil dan Mesir,  Kitab Injil diwahyukan kepada Nabi Isa a.s Pada permulaan abad pertama Masehi dan Kitab Al-Qur’an diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. pada abad ke-6 Masehi di Makah dan Madinah.
v  Selain empat kitab tersebut , Allah juga telah menurunkan wahyu berupa wahyu berupa suhuf kepada para nabi terdahulu. Suhuf menurut bahasa berarti lembaran. Adapun suhuf menurut istilah adalah wahyu yang disampaikan kepada rasul, akan tetapi tidak wajib disampaikan kepada manusia. Dengan demikian, jika kita bandingkan dengan kitab, suhuf relatif lebih sedikit daripada kitab.
v  Di dalam sebuah riwayat hadits disebutkan ada beberapa suhuf yang masing-masing diberikan kepada :Nabi Adam as, sebanyak 10 suhuf,  Nabi Syits as, sebanyak 50 suhuf, Nabi Idris as, sebanyak 30 suhuf, Nabi Ibrahim as, sebanyak 10 suhuf, Nabi Musa as, sebabanyak 10 suhuf, juga menerima kitab Taurat.
.
Download Lengkap

RPP 1

RPP 2

RPP 3

RPP 4

RPP 5

RPP 6

RPP 7

RPP 8

RPP 9

RPP 10

RPP 11

No comments:

Post a Comment