PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran :
Akidah
Ahlak
Satuan
Pendidikan : MTs Negeri 1
Ciamis
Kelas
/ Semester : VIII/1-2
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
1.1 Meyakini adanya dan
kebenaran kitab-kitab Allah SWT
2.1 Menampilkan perilaku yang
mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT
3.1 Memahami hakikat beriman
kepada kitab-kitab Allah SWT
4.1
Menyajikan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab
Allah SWT
|
3
|
2
|
1.2 Menghayati nilai
tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
2.2 Berperilaku tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
3.2 Memahami pengertian,
contoh dan dampak positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan
qanaa’ah
4.2 Menunjukkan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar,
syukur dan qanaa’ah)
|
3
|
3
|
1.3 Menolak perilaku ananiah,
putus asa, ghadhab, dan tamak.
2.3 Membiasakan diri
menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
3.3 Memahami pengertian,
contoh dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadhab, tamak
4.3 Mensimulasikan akibat
burukakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
|
3
|
4
|
1.4. Menghayati adab yang baik
kepada kepada orang tua dan guru
2.4. Terbiasa beradab yang baik
kepada kepada orang tua dan guru
3.4. Memahami Adab kepada kepada
orang tua dan guru
4.4. Mensimulasikan adab kepada
kepada orang tua dan guru
|
3
|
5
|
1.5
Menghayati kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
2.5
Terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
3.5
Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
4.5
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
2
|
6
|
1.1 Beriman kepada Rasul
Allah SWT
1.2 Meyakini sifat-sifat
Rasul Allah SWT
2.1 Menampilkan perilaku yang
mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
2.2 Meneladani sifat-sifatnya
(Rasul) dalam kehidupan
3.1 Memahami pengertian,
dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
3.2 Menguraikan sifat-sifat
Rasul Allah SWT
4.1 Menyajikan peta konsep
pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
4.2 Menyajikan peta konsep
sifat-sifat Rasul Allah SWT
|
2
|
7
|
1.3. Meyakini adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah,
dan irhash)
2.3. Menampilkan perilaku yang
mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat
3.3. Memahami pengertian, contohdan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa
lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3. Menyajikan kisah-kisah dari
berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah,
ma’unah, dan irhash)
|
2
|
8
|
1.4. Menghayati sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
2.4. Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari
3.4. Mensimulasikan dampak
positif dari akhlak terpuji (husnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh,dan ta’aawun)
4.4. Memahami pengertian, contoh
dan dampak positifnya sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
|
2
|
9
|
1.5
Menolak sifat hasad, dendam,
ghibah, fitnah, dan namiimah
2.5
Terbiasa menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan
namiimahdalam kehidupan sehari-hari.
3.5
Memahami pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam,
ghibah, fitnah, dan namiimah
4.5
Mensimulasikan dampak negatif dari akhlak tercela (hasad, dendam,
ghibah, fitnah, dan namiimah)
|
2
|
10
|
1.6 Menghayati adab kepada
saudara dan teman
2.6 Terbiasa menerapakan adab
islami kepada saudara dan teman
3.6 Memahami adab kepada saudara
dan teman
4.6 Mensimulasikan adab kepada
saudara, teman
|
2
|
11
|
1.7 Menghayati kisah keteladanan
shahabat Abu Bakar ra
2.7 Meneladanisifat-sifatutamaShahabat
Abu Bakar ra
3.7 Manganalisis kisah
keteladanan shahabat Abu Bakar ra
1.7 Menceritakan kisah
keteladanan shahabat Abu Bakar ra
|
2
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah,
Drs. Gunawan, M.Pd.
NIP. 19670501 1995031001
|
|
Ciamis, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Sri Andriani, S.Ag
NIP. 19740212 200312 2 001
|
No comments:
Post a Comment