
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
AL-QURAN
HADIS KELAS: VII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1
Meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
1.2
Meyakini isi kandungan hadis tentang ciri iman yang diterima Allah.
|
2.
Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik dalam beribadah
dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1
Memiliki perilaku mencintai
Al-Qur'an dan Al-Hadis dalam kehidupan
2.2
Terbiasa beribadah dan
berdo’a sebagai penerapkan isi kandungan Q.S. al-Fatihah(1) , an-Nas(114) , al-Falaq(113)
dan al-Ikhlas(112) dalam kehidupan sehari-hari
2.3
Terbiasa beribadah sebagai penerapan isi kandungan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih , Akidah, A khlak, dan Sejarah Islam.
|
3.1
Menjelaskan pengertian
dan fungsi Al-Qur'an dan Al-Hadis
3.2
Menjelaskan cara-cara
memfungsikan Al-Qur'an dan Al-Hadis
3.3
Menjelaskan perilaku orang yang
mencintai Al-Qur'an dan Al-Hadis
3.4
Memahami isi kandungan Q.S.
al-Fatihah,(1) an-Nas(114) ,
al-Falaq(113) dan al-Ikhlas (112)
tentang tauhid Rububiyah dan tauhidUluhiyah
3.5
Menjelaskan keterkaitan isi
kandungan hadis tentang iman yang diterima Allah dan hadis tentang ibadah
yang diterima Allah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
4. Mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Membaca Q.S. al-Fatihah(1),
an-Nas(114), al-Falaq(113) dan al-Ikhlas(112)dengan
fasih dan tartil
4.2
Menghafal Q.S.al-Fatihah(1),
an-Nas(114), al-Falaq(113) dan al-Ikhlas(112)secara
fasih dan tartil.
4.3
Menulis hadis tentang iman yang
diterima Allah dan menulis hadis tentang ibadah yang diterima Allah
4.4
Menerjemahkan makna hadis
tentang iman yang diterima Allah dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah
4.5
Menghafalkan hadis tentang iman
yang diterima Allah dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah
|
AL-QURAN
HADIS KELAS VII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1
Meyakini pentingnya sikap
tasamuh
1.2
Meyakini bahwa Allah Maha suci dan Maha Pengampun.
|
2.
Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik dalam beribadah
dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1
Memilki sikap tasamuh
sesuai isi kandungan Q.S. al-Kafirun(109),Q.Sal-Bayyinah (98)
dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Memiliki sikap optimis
dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab(111)
danQ.S an-Nashr(110) dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih , Akidah, A khlak, dan Sejarah
Islam.
|
3.1
Memahami keterkaitan isi
kandungan Q.S. al-Kafirun(109) dan Q.S al-Bayyinah(98) tentang membangun kehidupan umat beragama
dalam fenomena kehidupan
3.2
Memahami isi kandungan
Q.S. al-Kafirun(109) dan Q.S al-Bayyinah(98) tentang toleransi
3.3
Memahami isi kandungan
Q.S. al-Lahab(111) dan Q.S an-Nashr(110) tentang problematika
dakwah
3.4
Memahami isi kandungan hadis
tentang tasamuh
3.5
Menjelaskan contoh perilaku yang
mencerminkan toleransi sesuai Q.S. Al Kafirun (109) dan hadis tentang tasamuh
|
4. Mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah
(98),Q.Sal-Kafirun (109), dan Qur’an surat-surat pendek pilihan
4.2
Menulis hadis tentang sikap
tasamuh
4.3
Menerjemahkan hadis tentang
sikap tasamuh
4.4
Menghafal hadis tentang sikap
tasamuh
|
AL-QURAN
HADIS KELAS VIII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1
Meyakini bahwa setiap rizki
telah ditentukan Allah
1.2
Menghayati keutamaan tolong menolong dan menyantuni anak yatim
|
2.
Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik dalam beribadah
dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1
Memiliki sikap peduli sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S.
Al Kautsar(108) dan Q.S Al
Ma’un (107).
2.2
Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim sesuai isi
kandungan Al-Qur’an dan Al-Hadis
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih , Akidah, A khlak, dan Sejarah
Islam.
|
3.1
Memahami isi kandungan
Q.S. al-Quraisy dan Q.S al-Insyirah(94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2
Memahami keterkaitan isi
kandungan Q.S. al-Quraisy(106) dan al-Insyirah(94) tentang ketentuan rezeki dari
Allah dalam kehidupan
3.3
Memahami isi kandungan
Q.S. al-Kautsar(108) dan Q.S al-Ma’un(107) tentang kepedulian
sosial
3.4
Memahami keterkaitan isi
kandungan Q.S. al-Kautsar(108) danQ.S al-Ma’un(107) tentang
kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan
3.5
Menjelaskan keterkaitan
isi kandungan hadis tentang perilaku tolong menolong dan mencintai anak
yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
|
4. Mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menerapkan hukum bacaan mad
‘iwadl, mad layin, danmad ‘aridh lissukun dalam Al-Qur’an Surat-surat
pendek pilihan.
4.2
Menulis hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim
4.3
Menerjemahkan hadis tentang
tolong-menolong dan mencintai anak yatim
4.4
Menghafal hadis tentang
tolong-menolong dan mencintai anak yatim
|
AL-QURAN
HADIS KELAS VIII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1.
Meyakini
pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
1.2.
Meyakini akibat sikap buruk
sebagaimana kandungan
Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S at-Takatsur (102)
|
2.
Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik dalam beribadah
dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1.
Terbiasa menghindari
sikap buruk sesuai isi kandungan Q.S. al-Humazah(104)
dan Q.S at-Takatsur(102) dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan
akibatnya
2.2.
Memiliki perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih , Akidah, A khlak, dan Sejarah
Islam.
|
3.1.
Memahami isi kandungan
Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S at-Takatsur (102)
3.2.
Memahami keterkaitan isi
kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S at-Takatsur (102) tentang sifat cinta dunia dan
melupakan kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan
3.3.
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang perilaku
keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dengan fenomena kehidupan dan akibatnya
|
4. Mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1. Menerapkan hukum bacaan lam dan ra' dalam Q.S. al-Humazah
(104) dan Q.S at-Takatsur (102)
4.2. Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
4.3. Menerjemahkan hadis
tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
4.4. Menghafalkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan
akhirat
|
AL-QURAN
HADIS KELAS IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1
Meyakini
pentingnya menjaga kelestarian alam.
1.2
Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam
yang terjadi
|
2.
Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik dalam beribadah
dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1
Terbiasa menyikapi dengan
baik fenomena alam sebagai penerapan isi kandungan Q.S. al-Qari’ah(101) ,Q.Sal-Zalzalah(99)
2.2
Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sesuai isi kandungan hadis
tentang kelestarian alam.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih , Akidah, A khlak, dan Sejarah
Islam.
|
3.1
Memahami isi kandungan
Q.S. al-Qari’ah(101) ,Q.S al-Zalzalah (99) tentang fenomena alam
3.2
Memahami keterkaitan isi
kandungan Q.S. al-Qari’ah(101) ,Q.S al-Zalzalah (99) tentang fenomena alam dalam kehidupan
3.3
Menjelaskan keterkaitan
isi kandungan hadis tentang
perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan
dan akibatnya
|
4. Mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menerapkan hukum mad silah,
mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari’ah(101) ,Q.S al-Zalzalah
(99) dan surat-surat pendek pilihan
4.2
Menulis hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
4.3
Menerjemahkan hadis tentang
menjaga dan melestarikan lingkungan alam
4.4
Menghafalkan hadis tentang
menjaga dan melestarikan lingkungan alam
|
AL-QURAN
HADIS KELAS IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1
Meyakini
pentingnya memanfaatkan waktu dan mencari ilmu
1.2
Menghayati fenomena alam sebagai
sumber ilmu pengetahuan
|
2.
Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik dalam beribadah
dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1
Memiliki semangat
menghargai waktu dan menuntut ilmu
sesuai isi kandungan Q.S. al-Ashr(103) dan Q.S al-‘Alaq(96)
dan hadis tentang menghargai waktu dan hadis tentang menuntut ilmu
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih , Akidah, A khlak, dan Sejarah
Islam.
|
3.1
Memahami isi kandungan
Q.S. al-Ashr (103) dan Q.S al-‘Alaq (96) tentang menghargai
waktu dan menuntut ilmu
3.2
Memahami keterkaitan isi
kandungan Q.S. al-Ashr (103) dan Q.S al-‘Alaq (96) tentang menghargai
waktu dan menuntut ilmu
3.3
Menjelaskan keterkaitan
isi kandungan hadis tentang perilaku
menghargai waktu dan menuntut
ilmu
|
4. Mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menerapkan hukum mad lazim
mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dalam Al-Qur'an
4.2
Menerapkan hukum bacaan mad
lazim mukhaffaf harfi dan mutsaqqal harfi dalam Al-Qur'an
4.3
Menulis hadis tentang menuntut
ilmu dan menghargai waktu
4.4
Menerjemahkan hadis tentang
menuntut ilmu dan menghargai waktu
4.5
Menghafalkan hadis tentang
menuntut ilmu dan menghargai waktu
|
No comments:
Post a Comment