Wednesday, August 23, 2017

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN Mata Pelajaran : Qur’an Hadis MTs

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN
Mata Pelajaran : Quran Hadis
MTs ……………..
Kelas VIII
Kompetensi Inti:
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria Ketuntasan KKM
KKM

Komplek
sitas
Daya Dukung
Intake
Indi
kator
KD
KI

Semester 1

1
1.1   Meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1   Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.1   Memahami isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
4.1   Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah

1.1.1        Peserta didik meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1.1        Menunjukan sikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1        Menjelaskan pengertian rezeki
3.1.2        Menjelaskan macam-macam  rezeki
3.1.3        Mengidentifikasi hubungan antara rezeki  dengan ikhtiyar
3.1.4        Menjelaskan isi kandungan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)  tentang ketentuan rezeki dari Allah.
4.1.1        Membaca Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.2        Menerjemahkan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.3        Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al- al-Insyirah (94)
1






2
1.2  Menghayati keutamaan tolong menolong dan menyantuni anak yatim.
2.1  Memiliki sikap peduli sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al- Kautsar (108)  dan al- Ma’un (107).
2.2  Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim.
3.2  Memahami isi kandungan Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Maa’un (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang  perilaku tolong menolong riwayat Bukhori dari Abdullah ibnu Umar   (المسلم أخو المسلم لايظلمه ولا يسلمه... )   dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah  (من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ) dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أنا وكافل اليتيم...) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خير بيت في المسلمين بيت فيه يتيم..) dalam fenomena kehidupan dan akibatnya.
4.1  Menulis hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim.
4.2  Menerjemahkan hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim.
4.3  Menghafal hadis tentang  perilaku tolong menolong riwayat Bukhori dari  Abdullah ibnu Umar  (المسلم أخو المسلم لايظلمه ولا يسلمه ) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah  (من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة) dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أنا وكافل اليتيم) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خير بيت في المسلمين بيت فيه يتيم)


1.2.1        Meyakini keutamaan tolong menolong dan menyantuni anak yatim.
2.1.1        Menunjukan sikap peduli sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al- Kautsar (108)  dan al- Ma’un (107) dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1        Menunjukan sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim dalam kehidupan sehari-hari
3.2.1        Menjelaskan pengertian kepedulian sosial
3.2.2        Menjelaskan  isi kandungan Q.S. al- Kautsar (108)  dan al- Ma’un (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong menolong riwayat Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar Umar  (المسلم أخو المسلم لايظلمه ولا يسلمه... ) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah  (من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ) dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أنا وكافل اليتيم) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خير بيت في المسلمين بيت فيه يتيم)
3.2.3        Menjelaskan tentang sifat manusia yang dipandang oleh Allah sebagai pendusta agama
3.2.4        Menjelaskan tentang ciri-ciri orang yang mendustakan agama
4.1.1        Menulis hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
4.2.1        Menerjemahkan hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
4.3.1        Menghafalkan hadis tentang  perilaku tolong menolong riwayat Bukhori dari  Abdullah ibnu Umar  (المسلم أخو المسلم لايظلمه ولا يسلمه... ) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah  (من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ) dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أنا وكافل اليتيم) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خير بيت في المسلمين بيت فيه يتيم)







3
1.3   Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.3   Terbiasa membaca alQur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
3.3   Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.4   Menerapkan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah- surah pendek  pilihan



1.3.1        Meyakini keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.3.1        Memiliki pemahaman membaca alQur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1        Menjelaskan pengertian mad  iwadl
3.3.2        Menjelaskan pengertian mad layyin
3.3.3        Menjelaskan pengertian mad arid lis-sukun
3.3.4        Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad  iwadl, mad layyin, dan mad arid lis-sukun dalam al-Qur’an
4.4.1        Menerapkan hukum bacaan mad iwadl, mad layyin, dan mad arid lis-sukundalam al-Qur’an
4.4.2        Melafalkan contoh  hukum bacaan mad iwadl, mad layyin, dan mad arid lis-sukun dalam al-Qur’an.







Semester 2

Menerjemahkan hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
4
1.1  Meyadari akibat / bahaya sikap buruk  sebagaimana isi kandungan Q.S. al- Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
2.1  Terbiasa menghindari perilaku buruk sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al- Humazah  (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
3.1  Memahami isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
4.1  Mensimulasikan sikap yang sesuai dengan isi kandungan Q.S. al- Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
1.1.1        Meyakini pentingnya menghindari peri laku buruk sebagaimana isi kandungan Q.S. al- Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
2.1.1        Menunjukkan sikap terbiasa menghindari perilaku buruk sebagai implementasi dariisi kandungan Q.S. al- Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
3.1.1        Menjelaskan kandungan  Q.S. al- Humaza (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
3.1.2        Menjelaskan pengertian tamak
3.1.3        Menjelaskan prilaku-perilaku negatif  yang ditimbulkan oleh  sifat tamak
3.1.4        Menerjemahkan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
4.1.1        Mendemonstrasikan sikap yang sesuai dengan isi kandungan Q.S. al- Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102







5
1.2  Menyadari  pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
2.2  Memiliki perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat
3.2  Memahami isi  kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas (….ليس بخيركم من ترك دنياه لآخرته)  dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (المؤمن القوي خير و أحب إلى الله من المؤمن الضعيف) dan hadis riwayat Bukhori dari Zubair bin Awwam (لأن يأخذ أحدكم أحبلا فيأخذ خزمة من حطب)
4.2  Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan diakhirat
4.3  Menerjemahkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
4.4  Menghafalkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

1.2.1        Meyakini pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
2.2.1        Menunjukkan kebiasaaberperilaku seimbangkaantara kepentingan dunia dengan kepentingan akhirat
3.2.1        Menjelaskan  isi kandungan dari hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al- Bukhari dari Zubair Bin Awaam, Awwam.dari Zubair bin Awwam.
4.2.1        Menuliskan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan diakhira
4.3.1        Menerjemahkan arti dari hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhiratsesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
4.4.1        Menghafalkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat







6
1.3         Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.3         Terbiasa   membaca   Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
3.3         Memahami ketentuan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah- surah lain dalam Al- Qur’an
4.5         Mendemonstrasikan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at- Takwfur(102), dan surah- surah lain dalam Al- Qur’an
1.3.1        Meyakini keutamaan membaca al Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.3.1        Menunjukkan kebiasaan membaca Al- Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1        Menyebutkan pengertian hukum bacaan lam dan ra
3.3.2        Mendeskripsikan cara melafalkan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al- Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
3.3.3        Mengidentifikasi hukum bacaan  lam dan ra dalam Q.S. al- Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
3.3.4        Menyimpulkan cara membaca bacaan  lam dan ra dalam Q.S. al- Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
4.5.1        Melafadzkan bunyi hokum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al- Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an







Kompleksitas    : Tinggi = 1;              Sedang = 2;         Rendah =3
Daya dukung       : Tinggi = 3;              Sedang = 2;         Rendah =1
Intake                                    Tinggi = 3;              Sedang = 2;         Rendah =1

                                                                                                                                  ………………., 27 Juli 2015                                                                                                              
Mengetahui :
Kepala MTs Diva Pendidikan                                                                                    Guru Mata Pelajaran,
                                                                                                                                                    


…………………………………………….                                                                                                                                  …………………………………………….

NIP/NRK. -                                                                                                                NIP/NRK.

No comments:

Post a Comment