Wednesday, August 23, 2017

ANALISIS KOMPETENSI Nama Sekolah : MTs Mata Pelajaran : Qur’an Hadis Kelas : VIII/ Semester 1&2

ANALISIS  KOMPETENSI

Nama Sekolah              :    MTs
Mata Pelajaran            :    Quran Hadis
Kelas                             :    VIII/ Semester 1&2
Tahun Pelajaran          :    2015/2016

Kompetensi Inti :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

NO
KOMPETENSI DASAR
KELAS  VIII
SEMESTER
1
2
Semester 1
1
1.1   Meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1   Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.1   Memahami isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
4.1   Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah


2
1.2  Menghayati keutamaan tolong menolong dan menyantuni anak yatim.
2.1  Memiliki sikap peduli sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al- Kautsar (108)  dan al- Ma’un (107).
2.2  Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim.
3.2  Memahami isi kandungan Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Maa’un (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang  perilaku tolong menolong riwayat Bukhori dari Abdullah ibnu Umar   (المسلم أخو المسلم لايظلمه ولا يسلمه... )   dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah  (من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ) dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أنا وكافل اليتيم...) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خير بيت في المسلمين بيت فيه يتيم..) dalam fenomena kehidupan dan akibatnya.
4.1  Menulis hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim.
4.2  Menerjemahkan hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim.
4.3  Menghafal hadis tentang  perilaku tolong menolong riwayat Bukhori dari  Abdullah ibnu Umar  (المسلم أخو المسلم لايظلمه ولا يسلمه ) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah  (من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة) dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أنا وكافل اليتيم) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خير بيت في المسلمين بيت فيه يتيم)

3
1.3   Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.3   Terbiasa membaca alQur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
3.3   Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.4   Menerapkan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah- surah pendek  pilihan





Semester 2
4
1.1  Meyadari akibat / bahaya sikap buruk  sebagaimana isi kandungan Q.S. al- Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
2.1  Terbiasa menghindari perilaku buruk sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al- Humazah  (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
3.1  Memahami isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
4.1  Mensimulasikan sikap yang sesuai dengan isi kandungan Q.S. al- Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki

5
1.2  Menyadari  pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
2.2  Memiliki perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat
3.2  Memahami isi  kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas (….ليس بخيركم من ترك دنياه لآخرته)  dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (المؤمن القوي خير و أحب إلى الله من المؤمن الضعيف) dan hadis riwayat Bukhori dari Zubair bin Awwam (لأن يأخذ أحدكم أحبلا فيأخذ خزمة من حطب)
1.1  Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan diakhirat
1.2  Menerjemahkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.3  Menghafalkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

6
1.3         Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.3         Terbiasa   membaca   Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.3         Memahami ketentuan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah- surah lain dalam Al- Qur’an
3.5         Mendemonstrasikan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at- Takwfur(102), dan surah- surah lain dalam Al- Qur’an

                                                                                       
                                                                                        ………………., 27 Juli 2015

Mengetahui,         
Kepala MTs Di..................                           Guru Mata Pelajaran



………………………………                        ………………………………
NIP/NRK. -                                                  NIP/NRK.

Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


No comments:

Post a Comment