RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas :
VI (Enam)
Semester :
I (Satu)
Bab 1
Standar Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
Indikator
1. Mendeskripsikan nilai-nilai juang
para pahlawan.
2. Menjelaskan proses perjuangan
meraih kemerdekaan.
3. Menyebutkan macam-macam perlawanan
di daerah pada masa penjajahan.
4. Menceritakan arti dan nilai
Kebangkitan Nasional.
5. Menceritakan arti dan nilai yang
terkandung dalam Sumpah Pemuda.
Alokasi
Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu
mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
2. Siswa mampu menjelaskan
proses perjuangan meraih kemerdekaan.
3. Siswa mampu menyebutkan
macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
4. Siswa mampu
menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
5. Siswa mampu
menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
B. Materi Ajar
1. Indonesia dijajah oleh
bangsa asing.
2. Kebangkitan Nasional.
3. Sumpah Pemuda.
C. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif
Learning.
3. Diskusi dengan teman
sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Awal
a. Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
b. Mengajak siswa bertanya
jawab tentang kegiatan selama liburan.
c. Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
2. Kegiatan Inti
a. Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
b. Bertanya jawab mengenai
suasana pada masa penjajahan.
c. Bertanya jawab
mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
d. Guru menunjukkan
foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
e. Guru menjelaskan
mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
f. Guru
bertanya mengapa perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
g. Bersama pasangan, siswa
ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
h. Membaca secara
bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
i. Berdiskusi
mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
j. Guru
menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
k. Guru bertanya
mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
l. Melanjutkan
membaca teks mengenai Sumpah Pemuda.
m. Menjelaskan kepada siswa mengapa
timbul Sumpah Pemuda.
n. Bersama-sama
mengucapkan sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
o. Guru menugaskan siswa
untuk menjelaskan isi dan maksud Sumpah Pemuda.
p. Untuk pengayaan dan
untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan
soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn yaitu halaman 4.
3. Kegiatan Penutup
a. Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b. Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
indikator dan kompetensi dasar.
c. Mengakhiri
pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Gambar/foto para
pahlawan.
2. Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 1-3, 3-4.
3. Surat Kabar, dst.
F. Penilaian
Teknik : Tugas
individu.
Bentuk
instrumen : Penilaian
lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen :
1. Menceritakan mengapa
Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
2. Menjelaskan nilai yang
terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
Mengetahui, __________,
___________________
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
____________________ ____________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment