Tuesday, July 25, 2017

RPP dan Buku Materi PKN Kelas 6 SD/MI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah     : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     : VI (Enam)
Semester              : I (Satu)

Bab 1

Standar Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Indikator
1.     Mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
2.     Menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
3.     Menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
4.     Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
5.     Menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Alokasi Waktu                     :               2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.       Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
2.       Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
3.       Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
4.       Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
5.       Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

B.       Materi Ajar
1.       Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
2.       Kebangkitan Nasional.
3.       Sumpah Pemuda.

C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan kontekstual.
2.       Pendekatan Cooperatif Learning.
3.       Diskusi dengan teman sebangku.
4.       Tanya jawab.
5.       Penugasan.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
1.       Kegiatan Awal
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.       Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
c.        Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.

2.       Kegiatan Inti
a.       Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
b.       Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.
c.        Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
d.       Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
e.       Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
f.         Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
g.       Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
h.       Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
i.         Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
j.         Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
k.        Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
l.         Melanjutkan membaca teks mengenai Sumpah Pemuda.
m.     Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul Sumpah Pemuda.
n.       Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
o.       Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan isi dan maksud Sumpah Pemuda.
p.       Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn yaitu halaman 4.

3.       Kegiatan Penutup
a.       Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
c.        Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.       Sumber/Bahan Belajar
1.       Gambar/foto para pahlawan.
2.       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 1-3, 3-4.
3.       Surat Kabar, dst.

F.        Penilaian
Teknik                                    :               Tugas individu.
Bentuk instrumen                :               Penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen               :
1.       Menceritakan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
2.       Menjelaskan nilai yang terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.



Mengetahui,                                                                       __________, ___________________

Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran PKn



____________________                                                         ____________________
NIP.                                                                                                NIP.


No comments:

Post a Comment