RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: ...............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : I/I
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (5 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : I/I
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (5 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
Kompetensi Dasar :
Menunjukkan
sifat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
Indikator
:
Menyebutkan
contoh sikap hidup rukun
Menceritakan
sikap hidup rukun di dalam keluarga
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
1
Pada
akhir pelajaran siswa dapat :
Menyebutkan
kemajemukan dalam keluarga
Pertemuan
2
Pada
akhir pelajaran siswa dapat:
Menjelaskan
manfaat hidup rukun dalam keluarga
Pertemuan
3
Mengidentifikasi
hidup rukun dan tidak rukun
Pertemuan
4
Menceritakan
akibat jika tidak menjaga kerukunan
Pertemuan
5
Menceritakan
sikap hidup rukun di dalam keluarga
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Hidup
rukun dalam keluarga
Pertemuan
2
Manfaat
hidup rukun
Pertemuan
3
Ciri-ciri
hidup rukun dan tidak rukun
Pertemuan
4
Akibat
dari tidak menjaga kerukunan
Pertemuan
5
Sikap
hidup rukun dalam keluarga
Metode/
Teknik
Ceramah
Tanya
jawab
Pemberian
tugas
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
1
Kegiatan
Awal
-
Menyanyikan lagu "Satu Satu Aku Sayang Ibu"
Kegiatan
Inti
Menjelaskan
tentang hidup rukun
Tanya
jawab tentang hidup rukun
Guru
memberi tugas kepada murid
Siswa
mengerjakan tugas
Kegiatan
Akhir
Mencatat
kesimpulan
Pertemuan
2
Kegiatan
Awal
-
Menyanyikan lagu "Satu Satu Aku Sayang Ibu"
Kegiatan
Inti
Guru
menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
Guru
dan murid mengadakan tanya jawab
Siswa
memperhatikan penjelasan dan contoh dari guru
Siswa
mengerjakan tugas
Siswa
melaporkan hasil kerja/tugas
Kegiatan
Akhir
Mencatat
kesimpulan
Pemantapan
materi
Evaluasi
Pertemuan
3
Kegiatan
Awal
Tanya
jawab
Hidup
rukun membuat suasana ……….
Bersatu
kita teguh, bercerai kita …….
Kegiatan
Inti
Menjelaskan
tentang ciri-ciri hidup rukun
Tanya
jawab dengan murid
Guru
memberi tugas kepada murid
Siswa
mengerjakan tugas
Siswa
melaporkan hasil kerja
Kegiatan
Akhir
Mencatat
kesimpulan
Evaluasi
Pertemuan
4
Kegiatan
Awal
Tanya
jawab
Sering
bertengkar, cekcok akibat dari ……..
Kerja
bakti salah satu contoh hidup ………
Karena
hidup rukun, pekerjaan berat menjadi ……….
Kegiatan
Inti
Guru
menjelaskan ciri-ciri hidup rukun
Siswa
memperhatikan penjelasan dari guru
Guru
dan murid mengadakan tanya jawab
Siswa
mengerjakan tugas dengan lembar kerja
Kegiatan
Akhir
Mencatat
kesimpulan
Evaluasi
Sumber
Belajar
Buku
PKPs Kelas I
Buku
penunjang yang relevan
Penilaian
Teknik
: Lisan dan Tertulis
Prosedur
: Pre Test dan Post Test
Bentuk
: Isian dan jawab singkat
Instrumen
Lembar Soal
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
Hidup
rukun dapat menciptakan suasana ………..
Kerja
bakti salah satu contoh………..
Salah
satu contoh hidup rukun adalah saling ………..
Karena
hidup rukun pekerjaan berat menjadi ………..
Bersatu
kita teguh, bercerai kita ………..
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Tugas
piket di sekolah sebaiknya diselesaikan secara bagaimana?
Apa
yang kamu lakukan bila adikmu jatuh dari sepeda?
Apa
yang kamu lakukan bila saudaramu bertengkar?
Berilah
2 contoh perbuatan rukun dalam keluarga!
Berilah
2 contoh akibat dari hidup tidak rukun!
Mengetahui
Kepala
Sekolah
...............................
|
Guru Kelas
……………………..
|
No comments:
Post a Comment