Tuesday, July 25, 2017

RPP dan Buku IPS Kelas 2 SD/MI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                      : SDIT AL ISTHAKHARIYYAH CIAMIS
Kelas/Semester      : II/1
Mata Pelajaran        : IPS
Tanggal, Bln, Thn   : 16 Mei 2013
Waktu                          : 1 x 35 menit

STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

KOMPETENSI DASAR
1.3  Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

INDIKATOR
Kognitif

Menyebutkan peristiwa penting dalam keluarga yang pernah dialaminya
Membedakan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan

Afektif
Urut dalam menuliskan peristiwa penting pada garis waktu
Percaya diri dalam menceritakan peristiwa penting menyenangkan yang pernah dialami

Psikomotorik
Membuat figura untuk memelihara dokumen berupa foto dengan rapi
Menceritakan peristiwa penting yang menyenangkan dalam keluarga dengan pelafalan yang  tepat

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognititf
–        Siswa mampu menyebutkan 4 peristiwa penting dalam keluarga yang pernah dialaminya melalui penjelasan dari guru.
–        Siswa mampu membedakan 2 peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan melalui penjelasan dari guru

Afektif
–        Siswa dapat urut dalam menuliskan 4 peristiwa penting pada garis waktu melalui kerja mandiri
–        Siswa dapat percaya diri menceritakan 1 peristiwa penting menyenangkan yang pernah dialami melalui kegiatan bercerita

Psikomotorik
–        Siswa dapat membuat 1 figura untuk memelihara dokumen berupa foto dengan rapi melalui kerja mandiri
–        Siswa mampu menceritakan 1 peristiwa penting menyenangkan dalam keluarga dengan pelafalan yang tepat secara mandiri

MATERI PEMBELAJARAN
–        Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
–        Pohon peristiwa penting
–        Dokumen penting berupa foto
–        Figura dari kertas karton 
–        Suranto, Tri Jaya. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 2 : untuk SD dan MI kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
–        Kuswanto dan Y. Suharjanto. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar/Mi kelas 2. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
–        Pengalaman siswa dan guru.

Model Pembelajaran : Inquiry Teaching Learning

Metode pembelajaran : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi,

KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
–        Siswa menjawab salam dari guru
–        Salah satu siswa memimpin doa
–        Siswa menjawab pertanyaan dari guru mengenai keadaan pada hari itu
–        Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya
–        Bernyanyi bersama untuk memotivasi siswa.
–        Siswa bersama guru membahas mengenai materi pembelajaran yang akan dipelajari menurut lagu yang dinyanyikan.

5 menit
2
Kegiatan  Inti
–        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru mengenai peristiwa penting dalam keluarga.
–        Siswa diminta menyebutkan contoh peristiwa penting dalam keluarga yang pernah dialaminya.
–        Siswa membedakan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan yang ada pada lembar kerja siswa dengan penjelasan dari guru.
–        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru mengenai cara-cara untuk menceritakan peristiwa penting yaitu dengan menggunakan garis waktu dan memanfaatkan dokumen berupa foto.
–        Siswa menuliskan peristiwa-peristiwa penting pada garis waktu secara runtut.
–        Siswa membacakan peristiwa penting yang telah ditulis secara runtut pada garis waktu.
–        Setelah membacakannya, siswa menempelkan garis waktu yang telah dibuatnya pada pohon peristiwa penting.
–        Siswa diminta untuk berkelompok.
–        Dalam kelompok siswa diminta untuk membuat figura foto yang dapat menjadi sumber cerita dalam menceritakan peristiwa penting yang telah dialaminya. Figura dibuat secara individu, akan tetapi dalam kelompok siswa dapat bekerja dan menggunakan alat atau bahan yang ada secara bersama-sama.
–        Setelah selesai, siswa mempresentasikan hasil kerja keteman yang lainnya.
–        Penilaian dilakukan ketika siswa mempresentasikan hasil karyanya dan memceritakan peristiwa penting yang dialaminya melalui foto yang ada pada figura.
–        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru cara memajang figura foto.
–        Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan hal yang masih belum dipahaminya

25 menit
3
Kegiatan Penutup
–        Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–        Guru menanyakan kesulitan siswa ketika mempelajari materi pembelajaran.
–        Siswa membuat refleksi dari apa yang telah dilakukan selama pembelajaran .
–        Guru memberikan PR pada siswa sebagai tidak lanjut dari pembelajaran.
–        Siswa menjawab salam dari guru.
5 menit

PENILAIAN

Jenis penilaian            : Tes (lembar kerja siswa) dan nontes (lembar pengamatan)

KISI-KISI PENILAIAN
Lembar Evaluasi

Kognitif
Indikator:  Menyebutkan peristiwa penting dalam keluarga yang pernah dialaminya
Membedakan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
Ayo coba jawab pertanyaan dibawah ini dengan menuliskan jawabanmu pada kolom yang tersedia. Ingat, tulislah dengan rapi jawabanmu tersebut!
Coba sebutkan peristiwa-peristiwa penting yang pernah kalian alami!

No
Peristiwa Penting
Waktu Kejadian
1.




2.




3.




4.





Untuk dapat membedakan peristiwa penting menyenangkan dan tidak menyenangkan, coba kalian lengkapi 2 tabel dibawah ini!

Tabel 1. Sebutkan 2 peristiwa penting menyenangkan yang pernah kalian alami!
No
Peristiwa Penting  Menyenangkan
Waktu Kejadian
1.



2.




Tabel 2. Sebutkan 2 peristiwa penting tidak menyenangkan yang pernah kalian alami!

No
Peristiwa Penting tidak Menyenangkan
Waktu Kejadian
1.



2.






Setelah menuliskan contoh peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, kalian dapat membuat kesimpulan tentang perbedaan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Kalian dapat menuliskan kesimpulan kalian pada tabel dibawah ini!

No
Aspek yang membedakan
Menyenangkan
Tidak menyenangkan
1.
Perasaan kalian
2.
Sikap kalian
3.
Lainnya …

Kriteria Penilaian kognitif :



Penilaian Kognitif:
soal nomor 1 nilai 4
Soal nomor 2 nilai 6

Nilai :  x 100 = 100













Afektif

Indikator :  Urut dalam menuliskan peristiwa penting pada garis waktu

No.
Nama
Tanggal, bulan, dan tahun kejadian ditulis secara urut























Keterangan :

Kejadian mulai dari tanggal, bulan, dan tahun ditulis dengan urut = 3

Kejadian mulai dari tanggal, bulan, dan tahun ada beberapa yang tidak urut = 2

Kejadian mulai dari tanggal, bulan, dan tahun semua tidak urut = 1

No.
Nama
Pandangan mata
Sikap tubuh






















 Indikator : Percaya diri dalam menceritakan peristiwa penting menyenangkan yang pernah dialami

Keterangan :
Pandangan mata ditujukan pada teman-temannya ketika menceritakan pengalaman penting menyenangkan = 3
Pandangan mata kadang ditujukan pada teman-temannya ketika menceritakan pengalaman penting menyenangkan = 2
Pandangan mata tidak ditujukan sama sekali pada teman-temannya ketika menceritakan pengalaman penting menyenangkan = 1
Sikap tubuh tegak dan tenang = 3
Sikap tubuh tegak tetapi kadang melakukan gerakan = 2
Sikap tubuh kurang tegak dan sering melakukan gerakan = 1

Kriteria Penilaian Afektif

Penilaian Afektif

Nilai :  x 100 = 100














Psikomotorik

Indikator :  Membuat figura untuk memelihara dokumen berupa foto dengan rapi.

No.
Nama
Kesesuaian dengan tempat yang disediakan
Bentuk figura
Kebersihan tulisan dan figura






















Keterangan:
Foto yang ditempel tepat berada ditempat yang disediakan = 3

Foto yang ditempel beberapa bagian masih keluar dari tempat yang sudah disediakan = 2
Foto yang ditempel beberapa bagian keluar dari tempat yang telah disediakan dan miring = 1
Bentuk figura sesuai dengan yang ditentukan pada lembar kerja = 3
Bentuk figura sedikit berbeda dengan yang ditentukan pada lembar kerja = 2
Bentuk figura tidak sesuai sama sekali dengan yang ditentukan pada lembar kerja = 1
Tulisan dan figura bersih tanpa coretan atau bekas lem = 3
Tulisan dan figura kurang bersih ada sedikit coretan atau bekas lem = 2
Tulisan dan figura tidak bersih ada banyak coretan atau bekas lem = 1

Indikator: Menceritakan peristiwa penting yang menyenangkan dalam keluarga dengan pelafalan yang  tepat

No.
Nama
Tinggi rendah nada
Kesesuaian dalam mengucapkan kata – kata









Keterangan
Siswa menggunakan nada tinggi dan rendah sesuai dengan kalimat pada puisi yang dibacakan = 3
Siswa menggunakan nada tinggi dan rendah kadang pada kalimat yang kurang sesuai pada puisi yang dibacakan = 2
Siswa menggunakan nada tinggi dan rendah sering pada kalimat yang kurang sesuai pada puisi yang dibacakan = 2
Siswa mengucapkan semua kata-kata dengan tepat pada puisi yang dibacakannya =3
Siswa kadang mengucapkan kata-kata dengan kurang tepat pada puisi yang dibacakannya =2
Siswa sering mengucapkan kata-kata dengan kurang tepat pada puisi yang dibacakannya = 1

Kriterian Penilaian Psikomotorik


Penilaian Psikomotorik

Nilai :  x 100 = 100











Materi

Setiap orang pernah mengalami peristiwa penting di dalam hidupnya, baik itu peristiwa menyenangkan maupun peristiwa tidak menyenangkan. Peristiwa yang pernah kita alami disebut pengalaman. Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga memiliki peristiwa menyenangkan bersama keluarga?

Berikut ini adalah contoh peristiwa menyenangkan di dalam keluarga: merayakan ulang tahun, memiliki adik baru, bertamasya bersama keluarga, masuk Sekolah Dasar, menjadi juara pada saat mengikti lomba, dan lain sebagainya. Selain peristiwa menyenangkan di dalam keluarga, ada pula peristiwa yang tidak menyenangkan atau menyedihkan. Peristiwa menyenangkan akan membuat kita senang dan bahagia sedangkan peristiwa menyedihkan akan membuat kita sedih dan menangis. Contoh peristiwa menyedihkan di dalam keluarga adalah salah satu anggota keluarga ada yang sakit/ meninggal, terkena bencana, sakit, dan lain-lain.

Setiap pengalaman yang pernah dialami jangan pernah dilupakan, apalagi jika itu merupakan pengalaman penting dalam hidupmu, akan tetapi tidak semua pengalaman dapat kita ingat. Supaya peristiwa penting mudah diingat, maka perlu dibuat garis waktu. Garis waktu adalah urutan peristiwa-peristiwa penting berdasarkan waktu kejadiannya.

Berikut ini adalah contoh garis waktu yang menceritakan kegiatan seseorang sejak bangun tidur sampai tidur di malam hari.





Selama satu hari itu adalah peristiwa menyenangkan maupun menyedihkan yang terjadi? Peristiwa penting dalam keluarga pun bisa dibuat garis waktunya. Caranya, kamu harus mengingat peristiwa penting apa saja yang pernah dialami dalam keluargamu terlebih dahulu. Untuk itu kamu bisa menanyakannya kepada kedua orang tuamu.

Untuk membuat garis waktu, kamu perlu memperhatikan urutan waktunya. Peristiwa penting yang dituliskan pada garis waktu harus runtut dan sesuai dengan waktu kejadian. Setelah kamu dapat menuliskan garis waktu, kamu dapat berbagi cerita dengan teman-teman sekelasmu. Kamu bisa membacakan garis waktu yang kamu tulis. Ingat bahwa ketika membacakan garis waktu dan menceritakan peristiwa penting, kamu perlu percaya diri agar teman-temanmu antusias untuk mendengarkan.

Untuk menceritakan peristiwa penting lainnya, kamu tidak hanya bisa menggunakan garis waktu. Kamu bisa menggunakan foto-foto yang kamu miliki sendiri karena biasanya peristiwa-peristiwa penting keluarga diabadikan dalam bentuk foto. Tujuannya supaya tidak lupa dan dapat mengenang kembali peristiwa yang pernah terjadi. Jika kamu ingin menceritakan peristiwa penting dengan menggunakan foto, kamu dapat membuat figura dari kertas karton agar foto tersebut menjadi tidak cepat rusak. Dibawah foto bisa dituliskan mengenai peristiwa penting yang terjadi dalam foto tersebut. Harus diperhatikan bahwa figura dan tulisan harus rapi agar teman-teman lain tertarik untuk membacanya. Peristiwa penting yang ada pada foto itu juga dapat kamu ceritakan pada teman lain dengan menggunakan pelafalan yang tepat, sehingga teman-temanmu tidak hanya tertarik pada foto yang ada dalam figura tetapi juga antusias untuk mendengarkan ceritamu.



Sumber :

–      SURANTO, Tri Jaya. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 2  untuk SD dan MI kelas II.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

–      Kuswanto dan Y. Suharjanto. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar/Mi kelas 2. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.



No comments:

Post a Comment