RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SDIT AL ISTHAKHARIYYAH CIAMIS
Kelas/Semester : II/1
Mata Pelajaran : IPS
Tanggal, Bln, Thn : 16 Mei 2013
Waktu
: 1 x 35
menit
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
KOMPETENSI DASAR
1.3 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis.
INDIKATOR
Kognitif
Menyebutkan peristiwa penting dalam keluarga yang pernah dialaminya
Membedakan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan
Afektif
Urut dalam menuliskan peristiwa penting pada garis waktu
Percaya diri dalam menceritakan peristiwa penting menyenangkan yang
pernah dialami
Psikomotorik
Membuat figura untuk memelihara dokumen berupa foto dengan rapi
Menceritakan peristiwa penting yang menyenangkan dalam keluarga
dengan pelafalan yang tepat
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognititf
– Siswa mampu menyebutkan
4 peristiwa penting dalam keluarga yang pernah dialaminya melalui penjelasan
dari guru.
– Siswa mampu membedakan
2 peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan melalui penjelasan
dari guru
Afektif
– Siswa dapat urut dalam
menuliskan 4 peristiwa penting pada garis waktu melalui kerja mandiri
– Siswa dapat percaya
diri menceritakan 1 peristiwa penting menyenangkan yang pernah dialami melalui
kegiatan bercerita
Psikomotorik
– Siswa dapat membuat 1
figura untuk memelihara dokumen berupa foto dengan rapi melalui kerja mandiri
– Siswa mampu
menceritakan 1 peristiwa penting menyenangkan dalam keluarga dengan pelafalan
yang tepat secara mandiri
MATERI PEMBELAJARAN
– Menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
– Pohon peristiwa penting
– Dokumen penting berupa
foto
– Figura dari kertas
karton
– Suranto, Tri Jaya.
2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 2 : untuk SD dan MI kelas II. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
– Kuswanto dan Y.
Suharjanto. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar/Mi kelas 2.
Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
– Pengalaman siswa dan
guru.
Model Pembelajaran : Inquiry Teaching Learning
Metode pembelajaran : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
|
– Siswa menjawab salam
dari guru
– Salah satu siswa
memimpin doa
– Siswa menjawab
pertanyaan dari guru mengenai keadaan pada hari itu
– Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya
– Bernyanyi bersama
untuk memotivasi siswa.
– Siswa bersama guru
membahas mengenai materi pembelajaran yang akan dipelajari menurut lagu yang
dinyanyikan.
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
– Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru mengenai peristiwa penting dalam keluarga.
– Siswa diminta
menyebutkan contoh peristiwa penting dalam keluarga yang pernah dialaminya.
– Siswa membedakan
peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan yang ada pada
lembar kerja siswa dengan penjelasan dari guru.
– Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru mengenai cara-cara untuk menceritakan peristiwa penting
yaitu dengan menggunakan garis waktu dan memanfaatkan dokumen berupa foto.
– Siswa menuliskan
peristiwa-peristiwa penting pada garis waktu secara runtut.
– Siswa membacakan
peristiwa penting yang telah ditulis secara runtut pada garis waktu.
– Setelah
membacakannya, siswa menempelkan garis waktu yang telah dibuatnya pada pohon
peristiwa penting.
– Siswa diminta untuk
berkelompok.
– Dalam kelompok siswa
diminta untuk membuat figura foto yang dapat menjadi sumber cerita dalam
menceritakan peristiwa penting yang telah dialaminya. Figura dibuat secara
individu, akan tetapi dalam kelompok siswa dapat bekerja dan menggunakan alat
atau bahan yang ada secara bersama-sama.
– Setelah selesai,
siswa mempresentasikan hasil kerja keteman yang lainnya.
– Penilaian dilakukan
ketika siswa mempresentasikan hasil karyanya dan memceritakan peristiwa
penting yang dialaminya melalui foto yang ada pada figura.
– Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru cara memajang figura foto.
– Siswa diberi
kesempatan oleh guru untuk menanyakan hal yang masih belum dipahaminya
|
25 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
– Siswa dan guru
bersama-sama membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Guru menanyakan
kesulitan siswa ketika mempelajari materi pembelajaran.
– Siswa membuat
refleksi dari apa yang telah dilakukan selama pembelajaran .
– Guru memberikan PR
pada siswa sebagai tidak lanjut dari pembelajaran.
– Siswa menjawab salam
dari guru.
|
5 menit
|
PENILAIAN
Jenis penilaian
: Tes (lembar
kerja siswa) dan nontes (lembar pengamatan)
KISI-KISI PENILAIAN
Lembar Evaluasi
Kognitif
Indikator: Menyebutkan peristiwa penting dalam keluarga
yang pernah dialaminya
Membedakan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan
Ayo coba jawab pertanyaan dibawah ini dengan menuliskan jawabanmu
pada kolom yang tersedia. Ingat, tulislah dengan rapi jawabanmu tersebut!
Coba sebutkan peristiwa-peristiwa penting yang pernah kalian alami!
No
|
Peristiwa Penting
|
Waktu Kejadian
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
Untuk dapat membedakan peristiwa penting menyenangkan dan tidak
menyenangkan, coba kalian lengkapi 2 tabel dibawah ini!
Tabel 1. Sebutkan 2 peristiwa penting menyenangkan yang pernah
kalian alami!
No
|
Peristiwa Penting Menyenangkan
|
Waktu Kejadian
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
Tabel 2. Sebutkan 2 peristiwa penting tidak menyenangkan yang
pernah kalian alami!
No
|
Peristiwa Penting tidak Menyenangkan
|
Waktu Kejadian
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
Setelah menuliskan contoh peristiwa penting yang menyenangkan dan
tidak menyenangkan, kalian dapat membuat kesimpulan tentang perbedaan peristiwa
penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Kalian dapat menuliskan
kesimpulan kalian pada tabel dibawah ini!
No
|
Aspek yang membedakan
|
Menyenangkan
|
Tidak menyenangkan
|
1.
|
Perasaan kalian
|
||
2.
|
Sikap kalian
|
||
3.
|
Lainnya …
|
Kriteria Penilaian kognitif :
|
Afektif
Indikator : Urut dalam menuliskan peristiwa penting pada
garis waktu
No.
|
Nama
|
Tanggal,
bulan, dan tahun kejadian ditulis secara urut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kejadian mulai dari tanggal, bulan, dan tahun ditulis dengan urut =
3
Kejadian mulai dari tanggal, bulan, dan tahun ada beberapa yang
tidak urut = 2
Kejadian mulai dari tanggal, bulan, dan tahun semua tidak urut = 1
No.
|
Nama
|
Pandangan
mata
|
Sikap
tubuh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator : Percaya diri dalam menceritakan peristiwa
penting menyenangkan yang pernah dialami
Keterangan :
Pandangan mata ditujukan pada teman-temannya ketika menceritakan
pengalaman penting menyenangkan = 3
Pandangan mata kadang ditujukan pada teman-temannya ketika
menceritakan pengalaman penting menyenangkan = 2
Pandangan mata tidak ditujukan sama sekali pada teman-temannya
ketika menceritakan pengalaman penting menyenangkan = 1
Sikap tubuh tegak dan tenang = 3
Sikap tubuh tegak tetapi kadang melakukan gerakan = 2
Sikap tubuh kurang tegak dan sering melakukan gerakan = 1
Kriteria Penilaian Afektif
|
Psikomotorik
Indikator : Membuat figura untuk memelihara dokumen berupa
foto dengan rapi.
No.
|
Nama
|
Kesesuaian
dengan tempat yang disediakan
|
Bentuk
figura
|
Kebersihan
tulisan dan figura
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Foto yang ditempel tepat berada ditempat yang disediakan = 3
Foto yang ditempel beberapa bagian masih keluar dari tempat yang
sudah disediakan = 2
Foto yang ditempel beberapa bagian keluar dari tempat yang telah
disediakan dan miring = 1
Bentuk figura sesuai dengan yang ditentukan pada lembar kerja = 3
Bentuk figura sedikit berbeda dengan yang ditentukan pada lembar
kerja = 2
Bentuk figura tidak sesuai sama sekali dengan yang ditentukan pada
lembar kerja = 1
Tulisan dan figura bersih tanpa coretan atau bekas lem = 3
Tulisan dan figura kurang bersih ada sedikit coretan atau bekas lem
= 2
Tulisan dan figura tidak bersih ada banyak coretan atau bekas lem =
1
Indikator: Menceritakan peristiwa penting yang menyenangkan
dalam keluarga dengan pelafalan yang tepat
No.
|
Nama
|
Tinggi rendah nada
|
Kesesuaian dalam mengucapkan kata – kata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Siswa menggunakan nada tinggi dan rendah sesuai dengan kalimat pada
puisi yang dibacakan = 3
Siswa menggunakan nada tinggi dan rendah kadang pada kalimat yang
kurang sesuai pada puisi yang dibacakan = 2
Siswa menggunakan nada tinggi dan rendah sering pada kalimat yang
kurang sesuai pada puisi yang dibacakan = 2
Siswa mengucapkan semua kata-kata dengan tepat pada puisi yang
dibacakannya =3
Siswa kadang mengucapkan kata-kata dengan kurang tepat pada puisi
yang dibacakannya =2
Siswa sering mengucapkan kata-kata dengan kurang tepat pada puisi
yang dibacakannya = 1
Kriterian Penilaian Psikomotorik
|
Materi
Setiap orang pernah mengalami peristiwa penting di dalam hidupnya,
baik itu peristiwa menyenangkan maupun peristiwa tidak menyenangkan. Peristiwa
yang pernah kita alami disebut pengalaman. Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga
memiliki peristiwa menyenangkan bersama keluarga?
Berikut ini adalah contoh peristiwa menyenangkan di dalam keluarga:
merayakan ulang tahun, memiliki adik baru, bertamasya bersama keluarga, masuk
Sekolah Dasar, menjadi juara pada saat mengikti lomba, dan lain sebagainya.
Selain peristiwa menyenangkan di dalam keluarga, ada pula peristiwa yang tidak
menyenangkan atau menyedihkan. Peristiwa menyenangkan akan membuat kita senang
dan bahagia sedangkan peristiwa menyedihkan akan membuat kita sedih dan
menangis. Contoh peristiwa menyedihkan di dalam keluarga adalah salah satu
anggota keluarga ada yang sakit/ meninggal, terkena bencana, sakit, dan
lain-lain.
Setiap pengalaman yang pernah dialami jangan pernah dilupakan,
apalagi jika itu merupakan pengalaman penting dalam hidupmu, akan tetapi tidak
semua pengalaman dapat kita ingat. Supaya peristiwa penting mudah diingat, maka
perlu dibuat garis waktu. Garis waktu adalah urutan peristiwa-peristiwa penting
berdasarkan waktu kejadiannya.
Berikut ini adalah contoh garis waktu yang menceritakan kegiatan
seseorang sejak bangun tidur sampai tidur di malam hari.
Selama satu hari itu adalah peristiwa menyenangkan maupun
menyedihkan yang terjadi? Peristiwa penting dalam keluarga pun bisa dibuat
garis waktunya. Caranya, kamu harus mengingat peristiwa penting apa saja yang
pernah dialami dalam keluargamu terlebih dahulu. Untuk itu kamu bisa
menanyakannya kepada kedua orang tuamu.
Untuk membuat garis waktu, kamu perlu memperhatikan urutan
waktunya. Peristiwa penting yang dituliskan pada garis waktu harus runtut dan
sesuai dengan waktu kejadian. Setelah kamu dapat menuliskan garis waktu, kamu
dapat berbagi cerita dengan teman-teman sekelasmu. Kamu bisa membacakan garis
waktu yang kamu tulis. Ingat bahwa ketika membacakan garis waktu dan menceritakan
peristiwa penting, kamu perlu percaya diri agar teman-temanmu antusias untuk
mendengarkan.
Untuk menceritakan peristiwa penting lainnya, kamu tidak hanya bisa
menggunakan garis waktu. Kamu bisa menggunakan foto-foto yang kamu miliki
sendiri karena biasanya peristiwa-peristiwa penting keluarga diabadikan dalam
bentuk foto. Tujuannya supaya tidak lupa dan dapat mengenang kembali peristiwa
yang pernah terjadi. Jika kamu ingin menceritakan peristiwa penting dengan
menggunakan foto, kamu dapat membuat figura dari kertas karton agar foto
tersebut menjadi tidak cepat rusak. Dibawah foto bisa dituliskan mengenai
peristiwa penting yang terjadi dalam foto tersebut. Harus diperhatikan bahwa
figura dan tulisan harus rapi agar teman-teman lain tertarik untuk membacanya.
Peristiwa penting yang ada pada foto itu juga dapat kamu ceritakan pada teman
lain dengan menggunakan pelafalan yang tepat, sehingga teman-temanmu tidak
hanya tertarik pada foto yang ada dalam figura tetapi juga antusias untuk
mendengarkan ceritamu.
Sumber :
– SURANTO, Tri Jaya. 2008. Ilmu
Pengetahuan Sosial 2 untuk SD dan MI kelas II.Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
– Kuswanto dan Y. Suharjanto. 2008.
Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar/Mi kelas 2. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
No comments:
Post a Comment