YAYASAN AL ISTHAKHARIYYAH
MADRASAH TSANAWIYAH
MTs AL ISTHAKHARIYYAH
Alamat
: Jl. Raya Ciamis-Banjar Km. 6 No. 195
Telp. (0265) 2751286 Pamalayan Cijeungjing Ciamis 46271
ULANGAN
AKHIR SEKOLAH (UAS) TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
|
Hari/Tanggal : Selasa, 13 Desember 2011
Waktu :
120 menit
|
Petunjuk
:
1.
Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan dan Alhamdulillah sesudah selesai
mengerjakan soal.
2. Tulislah jawaban pada tempat yang telah
disediakan.
PILIHAN GANDA
1. Bentuk 5a2
– (4a)2 + (-3a)3 dapat disederhanakan
menjadi ...
a. -11a2
– 27a3 c. 21a2 – 27a3
b. -11a2
+ 27a3 d. -21a2 – 27a3
2. Bentuk 6a2b3 – 8a6b dapat
difaktorkan menjadi ...
a. 2a2b(3b2
– 4a3)
c. 2a2b(3b3
– 4a3)
b. 2a2b(3b2
– 4a4) d. 2a2b(3b3 – 4a4)
3. Bentuk x2
– xz + xy – yz dapat difaktorkan
menjadi …
a. (x + y)(x + z) c. (x
+ y)(x – z)
b. (x – y)(x – z) d. (x
– y)(x – z)
4. Pemfaktoran dari 36a2
– 81b2 adalah ...
a. (6a + b)(6a
– 81b)
c. (6a + 9b)(6a – 9b)
b. (6a + 3b)(6a
– 27b)
d. (6a – 9b)(6a – 9b)
5. Pemfaktoran dari x2
+ 14x – 72 adalah ...
a. (x – 9)(x + 8) c. (x – 18)(x + 4)
b. (x + 9)(x – 8) d. (x + 18)(x – 4)
6. Hasil dari (a – 2b)3 = …
a. a3 – 6a2b + 4ab2
+ 8b3
b. a3 – 6a2b + 12ab2 + 8b3
c. a3 – 6a2b + 4ab2
– 8b3
d. a3 – 6a2
+ 12ab2 – 8b3
7. Pemfaktoran sempurna dari 2x3 – 32x7
adalah ...
a. 2x(x2
– 16x6) c. 2x(1
– 16x6)
b. 2x3(x2 – 16x6) d. 2x(2x2 – 16x6)
8. Hasil pemfaktoran dari bentuk 2x2 + 21x – 36
adalah ...
a. (2x – 9)(x + 4) c. (2x – 3)(x + 12)
b. (2x + 9)(x – 4) d. (3x + 6y)(x – 12)
9.
Suatu
pemetaan dinyatakan dengan a b,
b
b, c d, dan d c.
Daerah hasil atau pemetaan di atas adalah …
a. {c, d} c.
{a, b, c,
d}
b. {b, c, d} d. {a, b,
d, c}
10. Range dari pemetaan {(a,
1), (b, 2), (c, 2), (d, 3)} adalah…
a. {a, b, c,
d} c.
{1, 2, 2, 3}
b. {1, 2, 3} d. {a, b, c, d, 1, 2, 3}
11.
Diantara hubungan-hubungan berikut:
(i)
Antara nama-nama siswa dengan tanggal lahir
(ii)
Antara gubernur dengan daerah provinsi
(iii)
Antara bendera dan lambang negara
(iv)
Antara nama-nama siswa dengan ukuran sepatu
Yang
dapat berkorespondensi satu-satu atau perkawanan satu-satu adalah ...
a.
(i) dan (ii) c.
(ii) dan (iii)
b.
(i) dan (iii) d.
(iii) dan (iv)
12.
Di antara pasangan himpunan-himpunan berikut:
(i)
A = {a, b,
c, d}
B = {10, 12,
15}
(ii)
P = {p, q,
r, s}
Q = {e, f,
g, h}
(iii)
R = {k, l,
m, n}
S = {k, l,
m, n}
(iv)
K = {11, 22,
33}
L = {1, 2, 3}
Yang dapat
berkorespondensi satu-satu adalah ...
a. (i), (ii), (iii) c.
(i), (iii), (iv)
b. (i), (ii), (iv) d.
(ii), (iii), (iv)
13.
Daerah
hasil dari pemetaan x -x dengan daerah
asal {-4, -2, 0, 2, 4, 6} adalah …
a. {0, 1, 2, 3}
b. {-2, -1, 0, 1, 2, 3}
c. {-2, -3, 0, -1, -2, -3}
d. {-3, -2, -1, 0, 1, 2}
14.
Diketahui fungsi f(x) = 3 – 2x, maka f(-4) adalah
…
a.
-11 c. 5
b.
-5 d. 11
15.
Diketahui fungsi f(x) = 2x – 5. Jika f(x) = -9 maka nilai x adalah …
a.
-4 c.
2
b.
-2 d.
4
16.
P = {3, 4, 5}
dan Q = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}.
Himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi “dua
lebihnya dari” dari himpunan P ke
himpunan Q adalah …
a.
{(3,2), (4, 2), (5, 2)}
b.
{(3, 4), (4, 5), (5, 6)}
c.
{(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
d.
{(3, 5), (4, 6), (5, 7)}
17.
Dari himpunan pasangan berurutan berikut:
(i)
{(a, 1), (b, 1), (c, 2), (d, 3)}
(ii)
{(a, 1), (b, 1), (c, 1), (d, 1)}
(iii)
{(a, 1), (a, 2), (b, 3), (c, 3)}
(iv)
{(a, 1), (b, 1), (c, 2), (d, 2)}
Yang
merupakan pemetaan adalah ...
a. (i), (ii), (iii) c. (i), (iii), (iv)
b. (i), (ii), (iv) d. (ii), (iii), (iv)
18.
Dari himpunan pasangan berurutan berikut:
(i)
{(1, 1), (2, 2), (3, 3)}
(ii)
{(a, 2), (b, 3), (c, 4)}
(iii)
{(a, 1), (2, a), (3, a)}
(iv)
{(2, 3), (3, 4), (4, 3)}
Himpunan yang
merupakan korespondensi satu-satu adalah ...
a.
(i) dan (ii) c. (ii) dan
(iii)
b.
(i) dan (iii) d. (ii) dan
(iv)
19.
Gradien dari garis yang melalui titik (3, 4) dan (-2, 5) adalah …
a.
-1 c.
b.
- d.
1
20.
Gradien garis yang melalui titik (-1, 2) dan (-4, -4) adalah …
a.
-2 c.
1
b.
-1 d.
2
21.
Gradien garis y = 3x + 2 adalah
…
a.
3 c. 1
b.
2 d. 0
22.
Gradien garis a yang sejajar
dengan garis y = 2x + 5 adalah …
a.
5 c
. -5
b.
2 d.
-2
23.
Garis yang sejajar dengan garis 2x
– 4y = 6 adalah
….
a.
3x – 2y = 6
b.
4x – 2y = 6
c.
x – 2y = 0
d.
2x – y = 0
24.
Persamaan garis yang mempunyai gradien -3 dan melalui titik (0, 6) adalah
…
a.
y = -3x + 6
b.
3x – y = 6
c.
y = 3x + 6
d.
-3x – y = 6
25.
Gradien garis y – 2x = 0 adalah
…
a.
0 c.
2
b.
-2 d.
1
26.
Penyelesaian sistem persamaan 2x + y = 3 dan x – y = 3 adalah
…
a.
x = 3 dan y = 1
b.
x = 3 dan y = -1
c.
x = 2 dan y = -1
d.
x = -2 dan y = -1
27.
Penyelesaian dari sistem persamaan 2x
– 3y = -13 dan x + 2y = 4 adalah
…
a.
x = -2 dan y = -3
b.
x = -2 dan y = 3
c.
x = 2 dan y = -3
d.
x = 2 dan y = 3
28.
Garis dengan persamaan ax + by = 8 melalui titik (3, -2) dan (2, 4).
Nilai a dan b berturut-turut adalah…
a.
a = 3 dan b =
b.
a = 3 dan b = -
c.
a = -3 dan b =
d.
a = -3 dan b = -
29.
Jika x dan y adalah akar dari sistem persamaan 5x + 2y = 6 dan 4x + 3y
= 2, maka nilai
2x – 3y
adalah …
a.
-10 c.
2
b.
-2 d.
10
30.
Jika p dan q adalah akar dari sistem persamaan 2p + 3q = 2 dan 4p – q
= 18, maka nilai
5p – 2q2
adalah …
a. 4 c.
28
b. 12 d. 36
URAIAN
1. Jabarkan bentuk aljabar berikut.
(a + 3)(2a2 – a – 3)
2. Faktorkanlah bentuk aljabar berikut.
6x2
– 17x +5
3. A = {huruf pembentuk kata
“pandai”}
B = {huruf pembentuk kata “babat”}
Tentukan banyak pemetaan yang mungkin dari:
a. dari A ke B
b. dari B ke A
4. Tentukan penyelesaian sistem persamaan 2x
+ y = -1 dan 3x + 2y = -4.
5. Gambarlah pada grafik Cartesius persamaan berikut.
a. 3x – 2y = 18
b. x – 3y = 12
No comments:
Post a Comment