Sunday, September 17, 2017

Contoh UAS Matematika MTs dan SMP

Logo MTs Al IsthakhariyyahYAYASAN AL ISTHAKHARIYYAH
MADRASAH TSANAWIYAH
MTs AL ISTHAKHARIYYAH
Alamat :  Jl. Raya Ciamis-Banjar Km. 6 No. 195 Telp. (0265) 2751286 Pamalayan Cijeungjing Ciamis 46271
 


ULANGAN AKHIR SEKOLAH  (UAS) TAHUN PELAJARAN  2011-2012

Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas                              : VIII (Delapan)
Hari/Tanggal                  :  Selasa, 13 Desember 2011
Waktu                           :  120 menit
Petunjuk :
1. Bacalah Basmallah sebelum mengerjakan dan Alhamdulillah sesudah selesai mengerjakan soal.
2. Tulislah jawaban pada tempat yang telah disediakan.
PILIHAN GANDA
1.    Bentuk 5a2 – (4a)2 + (-3a)3 dapat disederhanakan menjadi ...
a.    -11a2 – 27a3       c. 21a2 – 27a3
b.    -11a2 + 27a3       d. -21a2 – 27a3

2.    Bentuk 6a2b3 – 8a6b dapat difaktorkan menjadi ...
a.       2a2b(3b2 – 4a3)             c. 2a2b(3b3 – 4a3)
b.      2a2b(3b2 – 4a4)             d. 2a2b(3b3 – 4a4)

3.    Bentuk x2xz + xyyz dapat difaktorkan menjadi
a. (x + y)(x + z)       c. (x + y)(xz)
b. (xy)(xz)        d. (xy)(xz)

4.    Pemfaktoran dari 36a2 – 81b2 adalah ...
a.    (6a + b)(6a – 81b)         c. (6a + 9b)(6a – 9b)
b.    (6a + 3b)(6a – 27b)       d. (6a – 9b)(6a – 9b)

5.    Pemfaktoran dari x2 + 14x – 72 adalah ...
a.    (x – 9)(x + 8)      c. (x – 18)(x + 4)
b.    (x + 9)(x – 8)      d. (x + 18)(x – 4)

6.    Hasil dari (a – 2b)3 =
a.    a3 – 6a2b + 4ab2 + 8b3
b.    a3 – 6a2b + 12ab2 + 8b3
c.    a3 – 6a2b + 4ab2 – 8b3
d.   a3 – 6a2 + 12ab2 – 8b3

7.    Pemfaktoran sempurna dari 2x3 – 32x7 adalah ...
a. 2x(x2 – 16x6)       c. 2x(1 – 16x6)
b. 2x3(x2 – 16x6)      d. 2x(2x2 – 16x6)

8.    Hasil pemfaktoran dari bentuk 2x2 + 21x – 36 adalah ...
a.    (2x – 9)(x + 4)    c. (2x – 3)(x + 12)
b.    (2x + 9)(x – 4)    d. (3x + 6y)(x – 12)

9.    Suatu pemetaan dinyatakan dengan a      b, b      b, c      d, dan d     c. Daerah hasil atau pemetaan di atas adalah
a.    {c, d}                 c. {a, b, c, d}
b.    {b, c, d}             d. {a, b, d, c}

10.    Range dari pemetaan {(a, 1), (b, 2), (c, 2), (d, 3)} adalah
a.    {a, b, c, d}         c. {1, 2, 2, 3}
b.    {1, 2, 3}             d. {a, b, c, d, 1, 2, 3}

11.    Diantara hubungan-hubungan berikut:
(i)                 Antara nama-nama siswa dengan tanggal lahir
(ii)               Antara gubernur dengan daerah provinsi
(iii)             Antara bendera dan lambang negara
(iv)             Antara nama-nama siswa dengan ukuran sepatu
Yang dapat berkorespondensi satu-satu atau perkawanan satu-satu adalah ...
a. (i) dan (ii)               c. (ii) dan (iii)
b. (i) dan (iii)          d. (iii) dan (iv)

12.    Di antara pasangan himpunan-himpunan berikut:
(i)                 A = {a, b, c, d}
B = {10, 12, 15}
(ii)               P = {p, q, r, s}
Q = {e, f, g, h}
(iii)             R = {k, l, m, n}
S = {k, l, m, n}
(iv)             K = {11, 22, 33}
L = {1, 2, 3}
Yang dapat berkorespondensi satu-satu adalah ...
a.    (i), (ii), (iii)         c. (i), (iii), (iv)
b.    (i), (ii), (iv)         d. (ii), (iii), (iv)

13.    Daerah hasil dari pemetaan x      -x dengan daerah asal {-4, -2, 0, 2, 4, 6} adalah
a.    {0, 1, 2, 3}
b.    {-2, -1, 0, 1, 2, 3}
c.    {-2, -3, 0, -1, -2, -3}
d.   {-3, -2, -1, 0, 1, 2}

14.    Diketahui fungsi f(x) = 3 – 2x, maka f(-4) adalah
a. -11          c. 5
b. -5            d. 11

15.    Diketahui fungsi f(x) = 2x – 5. Jika f(x) = -9 maka nilai x adalah
a.    -4           c. 2
b.    -2           d. 4

16.    P = {3, 4, 5} dan Q = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi “dua lebihnya dari” dari himpunan P ke himpunan Q adalah
a. {(3,2), (4, 2), (5, 2)}
b. {(3, 4), (4, 5), (5, 6)}
c. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
d. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)}

17.    Dari himpunan pasangan berurutan berikut:
(i)                 {(a, 1), (b, 1), (c, 2), (d, 3)}
(ii)               {(a, 1), (b, 1), (c, 1), (d, 1)}
(iii)             {(a, 1), (a, 2), (b, 3), (c, 3)}
(iv)             {(a, 1), (b, 1), (c, 2), (d, 2)}
Yang merupakan pemetaan adalah ...
a.    (i), (ii), (iii)                c. (i), (iii), (iv)
b.    (i), (ii), (iv)                d. (ii), (iii), (iv)


18.    Dari himpunan pasangan berurutan berikut:
(i)                 {(1, 1), (2, 2), (3, 3)}
(ii)               {(a, 2), (b, 3), (c, 4)}
(iii)             {(a, 1), (2, a), (3, a)}
(iv)             {(2, 3), (3, 4), (4, 3)}
Himpunan yang merupakan korespondensi satu-satu adalah ...
a.    (i) dan (ii)           c. (ii) dan (iii)
b.    (i) dan (iii)          d. (ii) dan (iv)

19.    Gradien dari garis yang melalui titik (3, 4) dan (-2, 5) adalah
a.    -1           c.
b.    -          d. 1

20.    Gradien garis yang melalui titik (-1, 2) dan (-4, -4) adalah
a.    -2           c. 1
b.    -1           d. 2

21.    Gradien garis y = 3x + 2 adalah
a. 3              c. 1
b. 2             d. 0

22.    Gradien garis a yang sejajar dengan garis y = 2x + 5 adalah
a.    5             c . -5
b.    2             d. -2

23.    Garis yang sejajar dengan garis 2x – 4y = 6 adalah ….
a.    3x – 2y = 6
b.    4x – 2y = 6
c.    x – 2y = 0
d.   2xy = 0

24.    Persamaan garis yang mempunyai gradien -3 dan melalui titik (0, 6) adalah
a.    y = -3x + 6
b.    3xy = 6
c.    y = 3x + 6
d.   -3xy = 6

25.    Gradien garis y – 2x = 0 adalah
a.    0             c. 2
b.    -2           d. 1

26.    Penyelesaian sistem persamaan 2x + y = 3 dan x – y = 3 adalah
a.    x = 3 dan y = 1
b.    x = 3 dan y = -1
c.    x = 2 dan y = -1
d.   x = -2 dan y = -1
27.    Penyelesaian dari sistem persamaan 2x – 3y = -13 dan x + 2y = 4 adalah
a.       x = -2 dan y = -3
b.      x = -2 dan y = 3
c.       x = 2 dan y = -3
d.      x = 2 dan y = 3

28.    Garis dengan persamaan ax + by = 8 melalui titik (3, -2) dan (2, 4). Nilai a dan b berturut-turut adalah
a.       a = 3 dan b =
b.      a = 3 dan b = -
c.       a = -3 dan b =
d.      a = -3 dan b = -

29.    Jika x dan y adalah akar dari sistem persamaan 5x + 2y = 6 dan 4x + 3y = 2, maka nilai
2x – 3y adalah
a.       -10                  c. 2
b.      -2                    d. 10

30.    Jika p dan q adalah akar dari sistem persamaan 2p + 3q = 2 dan 4pq = 18, maka nilai
5p – 2q2 adalah
a.    4                      c. 28
b.    12                    d. 36


URAIAN

1.    Jabarkan bentuk aljabar berikut.
(a + 3)(2a2a – 3)

2.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut.
6x2 – 17x +5

3.    A = {huruf pembentuk kata “pandai”}
B = {huruf pembentuk kata “babat”}
Tentukan banyak pemetaan yang mungkin dari:
a.    dari A ke B
b.    dari B ke A

4.    Tentukan penyelesaian sistem persamaan 2x + y = -1 dan 3x + 2y = -4.

5.    Gambarlah pada grafik Cartesius persamaan berikut.
a.       3x – 2y = 18
b.      x – 3y = 12


No comments:

Post a Comment