RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
MTs Negeri 1 Ciamis
Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi
Pokok : Kugapai Rezeki-Mu
Dengan Ikhtiar
Tahun
Ajaran : 2016/2017
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 40Menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
Islam yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam sekitarnya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang
tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori
yang kuat.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini
bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2
2.1 Terbiasa
bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S.
al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah
(94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3
3.1 Memahami
isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
4
4.1 Mensimulasikan
isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1
2
3
3.1
1.1.1
Peserta didik
meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2
2.1
2.1.1
Menunjukan sikap
taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Quraisy
(106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki
dari Allah dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1
Menjelaskan
pengertian rezeki
3.1.2
Menjelaskan
macam-macam rezeki
3.1.3
Mengidentifikasi
hubungan antara rezeki dengan ikhtiyar
3.1.4
Menjelaskan isi
kandungan Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah.
4
4.1
4.1.1
Membaca Q.S. Quraisy
(106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.2
Menerjemahkan
Q.S. Quraisy (106) dan Q.S. al- Insyirah (94)
4.1.3
Menganalisis, mengoreksi, dan
memperbaiki hasil penterjemahan Q.S.
al-Quraisy dan Q.S. al- al-Insyirah (94)
D. Materi Pembelajaran
v Rezeki
adalah segala sesuatu yang berdaya guna bagi kehidupan makhluk.
v Allah
swt memerintahkan kepada manusia untuk selalu bersyukur atas rezeki yang telah
diberikan kepadanya
v Mata
pencaharian suku Quraisy umumnya adalah berdagang. Pada musim dingin mereka
dagang ke Yaman, sedangkan pada musim panas berdagang ke Syam ( Suriah).
v Allah
swt telah melapangkan dada nabi Muhammad dalam menghadapi rintangan dari orang
kafir.
v Allah
swt menjanjikan bahwa setelah kesulitan yang dihadapi Rasulullah Muhammad saw.
dan umatnya akan datang kemudahan.
v Etos
kerja harus ditumbuh kembangkan yaitu jika telah menyelesaikan suatu pekerjaan
segeralah untuk mengerjakan yang lain.
v Kita
harus senantiasa mengharap pertolongan dari Allah swt. karena Dialah
sebaik-baik pemberi pertolongan
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, pada kelas VII
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi tema projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Rezeki Allah Sangat
Luas
Ø
Pengertian Rezeki
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Rezeki Allah Sangat Luas
Ø Pengertian Rezeki
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang berhubungan dengan
-
Rezeki Allah
Sangat Luas
-
Pengertian
Rezeki
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar
tentang berbagai macam cara
orang mencari nafkah/rizki
v Membaca (dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
-
Rezeki Allah
Sangat Luas
-
Pengertian
Rezeki
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-
Rezeki Allah
Sangat Luas
-
Pengertian
Rezeki
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
-
Rezeki Allah
Sangat Luas
-
Pengertian
Rezeki
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan
pertanyaan
tentang :
Ø Rezeki Allah Sangat Luas
Ø Pengertian Rezeki
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan rezeki ?
Ø Apa sajakah macam-macam rezeki Allah itu?
Ø Siapa yang menentukan rezeki ?
Ø Siapa saja yang berhak mendapatkan
rezeki?
Ø Mengapa orang perlu berikhtiyar mencari
rezeki?
Ø Bagaimana cara orang berikhtiyar mencari
rezeki?
Ø Bagaimana cara mensyukuri rezeki Allah?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Rezeki Allah
Sangat Luas
-
Pengertian
Rezeki
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Rezeki Allah
Sangat Luas
-
Pengertian
Rezeki
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan tentang
-
Rezeki Allah
Sangat Luas
-
Pengertian
Rezeki
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan
– pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdiskusi dalam
kelompok persoalan berikut ini
-
Dalam surah al-
Jumu’ah ayat 10 disebutkan “ketika kita
telah selesai mengerjakan salat maka bertebaranlah di muka bumi”.
Ini memerintahkan kepada kita
untuk senantiasa produktif, mampu memanfaatkan
waktu dan tidak bermalas-masalasan dalam menggapai rezeki Allah, bagaimana
pendapatmu? Agar bisa produktif apa yang harus kamu persiapkan?
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang :
Ø
Rezeki Allah Sangat Luas
Ø
Pengertian Rezeki
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Rezeki Allah Sangat
Luas
Ø
Pengertian Rezeki
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Rezeki Allah Sangat
Luas
Ø
Pengertian Rezeki
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Rezeki Allah Sangat
Luas
Ø
Pengertian Rezeki
antara
lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Rezeki Allah Sangat
Luas
Ø
Pengertian Rezeki
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Rezeki Allah Sangat
Luas
Ø
Pengertian Rezeki
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke- 2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø
Rezeki Allah Sangat
Luas
Ø
Pengertian Rezeki
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi tema projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Spirit Dari Al Qur'an Dalam Mencari
Rezeki
Ø Rezeki yang halal dan berkah
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto/ayat al-quran/hadis yang berhubungan dengan
-
Spirit Dari Al
Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-
Rezeki yang
halal dan berkah
v Membaca (dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
-
Spirit Dari Al
Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-
Rezeki yang
halal dan berkah
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-
Spirit Dari Al
Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-
Rezeki yang
halal dan berkah
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
-
Spirit Dari Al
Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-
Rezeki yang
halal dan berkah
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan
pertanyaan
tentang :
Ø Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø Rezeki yang halal dan berkah
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Spirit Dari Al
Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-
Rezeki yang
halal dan berkah
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Spirit Dari Al
Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-
Rezeki yang
halal dan berkah
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan tentang
-
Spirit Dari Al
Qur'an Dalam Mencari Rezeki
-
Rezeki yang
halal dan berkah
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan
– pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdikusi dalam
kelompokpersoalan berikut ini
-
Allah
mengingatkan kepada nabi Muhammad dan umatnya agar tidak cepat puas dengan
hasil usahanya dan mengingatkan apabila telah menyelesaikan suatu urusan
maka segeralah untuk menyelesaikan urusan yang lain, bagaimana tanggapan
Rasulullah dengan pernyataan Allah
tersebut? Nilai-nilai karakter apa yang dapat kalian
kembangkan dari pernyataan Allah tersebut?
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang :
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
antara
lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke- 3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø
Spirit Dari Al Qur'an
Dalam Mencari Rezeki
Ø
Rezeki yang halal dan
berkah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi tema projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang /ayat Al-quran/Hadis
Ø Kandungan Q.S.Quraisy
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto/ayat-ayat Al-quran/Hadis
yang berhubungan dengan
-
Kandungan
Q.S.Quraisy
v Membaca (dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
-
Kandungan
Q.S.Quraisy
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-
Kandungan
Q.S.Quraisy
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
-
Kandungan
Q.S.Quraisy
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan
tentang :
Ø Kandungan Q.S.Quraisy
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Kandungan
Q.S.Quraisy
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Kandungan
Q.S.Quraisy
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan tentang
-
Kandungan
Q.S.Quraisy
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan
– pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
Ø Peserta didik diminta mensimulasikan isi
kandungan Q.S. al- Quraisy (106)
Ø Peserta didik diminta menganalisis,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Quraisy
Ø Peserta didik diminta menyusun kesimpulan
kandungan
Ø Peserta didik diminta merumuskan isi
kandungan Q.S. al- Quraisy (106)
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdikusi dalam
kelompok mengenai isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang :
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
antara
lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
10
menit
|
4. Pertemuan Ke- 4 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø
Kandungan Q.S.Quraisy
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi tema projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Kandungan Q.S. al- Insyirah
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang berhubungan dengan
-
Kandungan Q.S.
al- Insyirah
v Membaca (dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
-
Kandungan Q.S.
al- Insyirah
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan
pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
-
Kandungan Q.S.
al- Insyirah
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
-
Kandungan Q.S.
al- Insyirah
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya
:
v Mengajukan
pertanyaan
tentang :
Ø Kandungan Q.S. al-
Insyirah
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
-
Kandungan Q.S.
al- Insyirah
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Kandungan Q.S.
al- Insyirah
v Mempresentasikan
ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan tentang
-
Kandungan Q.S.
al- Insyirah
v Aktivitas
:
Ø Peserta didik diminta menjawab pertanyaan
– pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
Ø Peserta didik diminta mensimulasikan isi
kandungan Q.S. al- Insyirah (94)Peserta didik diminta menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki
hasil penterjemahan Q.S. al- Insyirah (94)
Ø Peserta didik diminta menyusun kesimpulan
kandungan
Ø Peserta didik diminta merumuskan isi
kandungan Q.S. al- Insyirah (94)
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dimina berdikusi dalam
kelompok mengenai Isi Kandungan Q.S.
al- Insyirah
v Mengulang
v Saling
tukar informasi tentang :
Ø
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data :
Ø
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
antara
lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Kandungan Q.S. al-
Insyirah
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
10
menit
|
F. Penilaian
1. Jenis/teknik Penilaian:
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi, Mengamati
sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya
diri dan kemampuan bermusyawarah
-
Penilaian Diri (self assessment)
-
Penilaian Teman Sebaya peer
assessment)
-
Penilaian Jurnal (anecdotal
record)
b.
Pengetahuan
-
Tes Tertulis Uraian atau Pilihan
Ganda, Melakukan tes untuk
mengetahui pemahaman
siswa tentang Kugapai Rezeki-Mu
Dengan Ikhtiar
-
Observasi Terhadap Diskusi,
Tanya Jawab dan Percakapan.
-
Penugasan, Membuat kesimpulan tentang Kugapai Rezeki-Mu
Dengan Ikhtiar
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja, Praktik/Kinerja
Kemampuan berdiskusi sesuai perannya tentang Kugapai Rezeki-Mu
Dengan Ikhtiar
-
Penilaian Proyek,
-
Penilaian Produk,
-
Penilaian Portofolio
-
Penilaian Tertulis
2.
Instrumen Penilaian
-
Pertemuan Pertama
-
Pertemuan Kedua
-
Pertemuan Ketiga
-
Pertemuan Keempat
No comments:
Post a Comment