PROGRAM
TAHUNAN
Nama
Sekolah : MTs
Mata
Pelajaran : Qur’an Hadis
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Kelas
/ Semester : VIII/1-2
Kompetensi Inti :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain menurut sudut pandang/teori yang kuat
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
1.1 Meyakini bahwa setiap rezeki telah ditentukan Allah
2.1 Terbiasa bersikap taat sebagai implementasi dari pemahaman tentang
kandungan Q.S. al-Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.1 Memahami isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan
rezeki dari Allah
4.1 Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106) dan Q.S. al-Insyirah (94) tentang ketentuan
rezeki dari Allah
|
8
|
2
|
1.2 Menghayati keutamaan tolong menolong dan menyantuni anak yatim.
2.1 Memiliki sikap peduli sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al-
Kautsar (108) dan al- Ma’un (107).
2.2 Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim.
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S. al-Maa’un
(107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong menolong riwayat Bukhori
dari Abdullah ibnu Umar (المسلم أخو
المسلم لايظلمه ولا يسلمه... ) dan
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(من نفس عن مؤمن كربة نفس الله عنه كربة.. ) dan hadis
tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أنا وكافل
اليتيم...) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خير بيت
في المسلمين بيت فيه يتيم..) dalam fenomena kehidupan dan
akibatnya.
4.1 Menulis hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim.
4.2 Menerjemahkan hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim.
4.3 Menghafal hadis tentang perilaku
tolong menolong riwayat Bukhori dari
Abdullah ibnu Umar (المسلم أخو
المسلم لايظلمه ولا يسلمه ) dan hadis riwayat Muslim dari Abu
Hurairah (من نفس عن مؤمن كربة نفس الله
عنه كربة) dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Bukhori dari
Sahl bin saad (أنا وكافل اليتيم) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu
Hurairah (خير بيت في المسلمين بيت فيه يتيم)
|
8
|
3
|
1.3 Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai
kaidah Ilmu Tajwid
2.3 Terbiasa membaca alQur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan
sehari-hari
3.3 Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid
lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.4 Menerapkan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun
dalam Al-Qur’an surah- surah pendek
pilihan
|
16
|
4
|
1.1 Meyadari akibat / bahaya sikap buruk
sebagaimana
isi kandungan Q.S. al-
Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
2.1 Terbiasa menghindari perilaku buruk sebagai implementasi dari
pemahaman tentang kandungan Q.S. al- Humazah
(104) dan Q.S. at-Takwfur (102) dalam fenomena kehidupan sehari-hari
dan akibatnya
3.1 Memahami isi kandungan
Q.S.
al-Humazah (104)
dan Q.S. at-Takwfur (102) tentang sifat cinta
dunia dan melupakan kebahagian hakiki
4.1 Mensimulasikan sikap yang sesuai dengan isi kandungan Q.S. al-
Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)tentang
sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
|
16
|
5
|
1.2 Menyadari pentingnya menerapkan
pola hidup seimbang antara dunia dan akhirat
2.2 Memiliki perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat
3.2 Memahami isi kandungan hadis
tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir
dari Anas (….ليس بخيركم من ترك دنياه لآخرته) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (المؤمن
القوي خير و أحب إلى الله من المؤمن الضعيف) dan hadis riwayat Bukhori dari
Zubair bin Awwam (لأن يأخذ أحدكم أحبلا فيأخذ خزمة من حطب)
1.1 Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan diakhirat
1.2 Menerjemahkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.3 Menghafalkan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
|
16
|
6
|
1.3 Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai
kaidah Ilmu Tajwid
1.3 Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam
kehidupan sehari-hari
2.3 Memahami ketentuan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah
(104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah- surah lain dalam Al- Qur’an
3.5 Mendemonstrasikan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah
(104),Q.S. at- Takwfur(102), dan surah- surah lain dalam Al- Qur’an
|
|
……………., 27 Juli 2015
Mengetahui :
Kepala MTs....................... Guru Mata Pelajaran
………………………………. ………………………………
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment