Banyak metode
yang bisa digunakan untuk mengajar IPA, setiap metode cocok diterapkan untuk
materi pelajaran tertentu. Metode itu tidak ada yang bagus tetapi juga tidak
ada yang jelek, sangat tergantung pada kemampuan guru yang
menggunakannya. Marilah kita lihat satu persatu metode yang sering
digunakan dalam pembelajaran IPA.
Metode Ceramah
Pengertian:
Cara penyajian
pelajaran oleh guru dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada siswa
Tujuan Metode
ceramah :
• Menyampaikan
bahan yang bersifat informatif dan juga untuk memberitahukan penemuan-penemuan
yang langka dan belum meluas
• Menciptakan landasan pemikiran siswa sehingga siswa dapat belajar melalui bahan tertulis hasil ceramah
• Menyajikan
garis-garis besar isi pelajaran
• Membiasakan
siswa untuk belajar mandiri
• Memperkenalkan
hal-hal yang baru dan mem-berikan penjelasan secara gamblang
Alasan
Penggunaan
•
Anak benar-benar memerlukan penjelasan, untuk menghindari kesalahpahaman
• Benar-benar
tidak ada sumber pelajaran lain bagi siswa
• Jumlah
siswa terlalu besar
• Menghemat
biaya, waktu dan peralatan
Kelebihan dan
Kekurangan Metode Ceramah
Kelebihan
Metode ceramah :
• Murah
• Mudah
• Meningkatkan
daya dengar siswa
• Memberikan
wawasan yang luas
Kekurangan
Metode ceramah :
• Dapat
menimbulkan kejenuhan
• Dapat
menimbulkan verbalisme (bisa menyebutkan tetapi tidak mengerti)
• Materi
ceramah terbatas pada apa yang diingat guru
• Merugikan
siswa yang lemah ingatan
• Tidak
merangsang kreativitas siswa
• Terjadinya
proses satu arah yaitu antara guru dan siswa
Metode Tanya
Jawab
Pengertian :
Cara penyajian
pelajaran dalam proses belajar mengajar melalui interaksi dua arah (two way
traffic)
Tujuan Metode
Tanya Jawab :
• Mengecek
dan mengetahui sejauhmana penguasaan materi oleh siswa
• Memberikan
kesempatan pada siswa untk membahas materi pelajaran yang belum dipahami
• Memotivasi
dan menimbulkan kompetisi belajar bagi siswa
• Melatih
siswa berpikir dan berbicara secara sistematis
Alasan
Penggunaan
• Menimbulkan
rasa ingin tahu siswa terhadap permasalahan yang sedang dibicarakan
• Menimbulkan
berpikir reflektif, sistematis, kreatif dan kritis pada siswa
• Mewujudkan
cara belajar siswa aktif
• Mendorong
siswa mengekspresikan kemampuan lisannya
• Memungkinkan
siswa menggunakan pengetahuan sebelumnya
• Menarik
dan memusatkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran
• Mengetahui
kemampuan daya serap siswa
• Merangsang
siswa menggunakan daya pikir dan daya nalarnya
• Distribusi
pertanyaan tidak merata
• Tidak
memberdayakan siswa yang kurang aktif
• Membuat
siswa yang tidak biasa berbicara menjadi nerves (gugup)
• Bisa
membuang waktu jika siswa tidak responsif
Metode Diskusi
:
Pengertian :
Penyampaian
bahan pelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah yang bersifat
problematis
Tujuan Metode
Diskusi :
• Melatih
siswa mengembangkan keterampilan bertanya, berkomunikasi, menafsirkan dan
menyimpulkan bahasan
• Melatih
dan membentuk kestabilan sosial-emosional
• Mengembangkan
kemampuan berpikir sendiri dalam memecahkan masalah sehingga tumbuh konsep diri
yang lebih positif
• Mengembangkan
kemampuan siswa mengemukakan pendapat
• Mengembangkan
sikap terhadap isu-isu kontroversial
• Melatih
siswa berani mengemukakan pendapat mengenai suatu masalah
Alasan
Penggunaan :
• Topik
bahasan bersifat problematis
• Merangsang
siswa untuk berdebat secara ilmiah
• Melatih
siswa untuk berpikir kritis dan terbuka
• Mengembangkan
suasana demokratis dan berjiwa besar
• Siswa
memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang topik diskusi
• Adanya
hubungan masalah yang didiskusikan dengan topik yang lain
Keuntungan
Metode diskusi :
•
Dapat mendorong partisipasi siswa secara aktif baik sebagai partisipan,
penanya, atau moderator
• Menimbulkan
kreativitas dalam ide, pendapat, gagasan, ataupun terobosan-terobosan baru
• Menumbuhkan
kemampuan berpikir kritis dan partisipasi demokratis
• Bisa
menghargai pendapat orang lain dan tidak memaksakan pendapat sendiri
• Keputusan
yang dihasilkan orang banyak lebih baik dengan keputusan yang dihasilkan satu
orang
• Sulit
menentukan topik masalah yg sesuai dengan tingkat berpikir siswa
• Memerlukan
waktu yang tidak terbatas
• Pembahasan
sering mengambang
• Biasanya
didominasi oleh orang-orang yang aktif berbicara
• Sulit
menerapkan hasil keputusan yang sudah disepakati bersama
• Dapat
menimbulkan reaksi di luar kelas. Misalnya, bentrok fisik
Metode kerja
kelompok :
Pengertian :
Metode mengajar
dengan meng-kondisikan siswa dalam group atau kelompok yang diberikan tugas
kelompok
Tujuan
•
Memupuk kemauan dan kemampuan kerjasama diantara para siswa
• Meningkatkan
keterlibatan sosio-emosional dan intelektual siswa dalam proses belajar
mengajar
• Meningkatkan
perhatian terhadap proses dan hasil proses belajar mengajar secara berimbang
• Memungkinkan
siswa dapat bekerja sama dengan temannya dalam satu kesatuan tugas
• Memungkinkan
siswa berusaha mencari bahan dan alat untuk mengerjakan tugas
• Membuat
siswa aktif
Kelebihan
Metode Kerja Kelompok
•
Membuat siswa aktif mencari bahan untuk menyelesaikan tugasnya
•
Menggalang kerjasama dan kekompakan dalam kelompok
• Mengembangkan
kepemimpinan siswa dan melatih keterampilan berdiskusi
• Merugikan
siswa yg pasif
• Memerlukan
fasilitas belajar yg beragam
Metode
Pemberian Tugas
Pengertian :
Suatu cara
interaksi belajar mengajar yang ditandai dengan adanya tugas dari guru untuk
dikerjakan siswa
Tujuan :
Merangsang
siswa aktif belajar secara individual maupun kelompok
Alasan
Penggunan metode pemberian tugas :
Memperkaya
materi dan merupa-kan tindak lanjut dari kegiatan belajar sebelumnya
Keuntungan
dan Kelemahan Metode Pemberian Tugas
Keuntungan
Metode Pemberian Tugas :
• Membuat
siswa aktif belajar
• Mendorong
siswa untuk memperkaya wawasannya
• Mengembangkan
kemandirian siswa
• Membiasakan
siswa mencari dan meng-olah informasinya sendiri
• Membuat
siswa bergairah dalam belajar
• Membina
tanggung jawab dan disiplin siswa
• Mengembangkan
kreativitas siswa
Kelemahan
Metode Pemberian tugas :
• Sulit
mengontrol siswa apakah kerja atau tidak
• Sulit
memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan siswa
• Tugas
yang monoton bisa membosankan siswa
• Siswa
merasa mengeluh jika tugasnya banyak
• Biasanya
tugas kelompok dikerjakan oleh orang yang rajin saja
Metode
Demonstrasi
Pengertian :
Cara penyajian
pelajaran dengan cara mempertunjuk-kan kepada siswa suatu proses, situasi atau
benda tertentu baik benda asli maupun benda tiruan
Tujuan :
• Memperlihatkan
suatu proses atau prosedur yang harus dikuasai siswa
• Mengkongkritkan
informasi atau penjelasan kepada siswa
• Mengembangkan
kemampuan indera penglihatan dan indera pendengaran siswa
Alasan
Penggunaan Metode Demonstrasi :
•
Ada topik-topik pelajaran ter-tentu yang tidak bisa dijelaskan dengan penjelasan
atau diskusi
• Sifat
pelajaran yang menuntut diperagakan
• Memperhatikan
tipe belajar siswa
• Memudahkan
mengajarkan suatu cara kerja/prosedur
Keuntungan dan
Kerugian Metode Demonstrasi
Keuntungan
Metode Demonstrasi :
• Pelajaran
bisa menjadi lebih jelas sehingga terhindar dari verbalisme
• Memudahkan
siswa memahami materi pelajaran
• Proses
belajar mengajar menjadi lebih menarik
• Melatih
kemampuan mengamati siswa
• Ada
materi pelajaran lain yang tidak bisa disajikan dengan metode lain
Kerugian Metode
Demonstrasi :
• Memerlukan
keterampilan guru secara khusus
• Memerlukan
banyak waktu
• Kekurangan
sumber belajar yang terjadi pada sekolah seringkali mengakibatkan metode ini
tidak bisa diterapkan
Metode
Eksperimen
Pengertian :
Cara belajar
mengajar yang melibataktif kan siswa dengan mengalami dan mem-buktikan sendiri
Tujuan Metode
Eksperimen:
• Agar
siswa mampu menyimpulkan fakta-fakta, informasi atau data yang diperoleh
• Melatih
siswa merancang, mempersiapkan, dan melaksanakan percobaan
• Melatih
kemampuan berpikir induktif siswa
Alasan
penggunaan metode eksperimen :
•
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam percobaan
• Menumbuhkan
cara berpikir rasional dan ilmiah
Keuntungan dan
Kerugian metode eksperimen
Keuntungan
metode eksperimen:
• Siswa
bisa membuktikan teori
• Memungkinkan
siswa terlibat secara aktif sehingga pemahaman siswa menjadi lebih mendalam
• Siswa
bisa melakukan prosedur dan berpikir ilmiah
• Menghilangkan
verbalisme
• Hasil
belajar siswa menjadi bermakna (meaningfull)
Kerugian metode
eksperimen :
• Memerlukan
alat dan bahan yang komplit
• Memerlukan
waktu lama
• Memerlukan
perencanaan yang matang
• Memungkinkan
salah dalam menyimpulkan jika salah melakukan eksperimen
Metode Simulasi
Pengertian :
Cara penyajian
pelajaran dengan meng-gunakan situasi tiruan untuk meng-gambarkan situasi
sebenarnya
Tujuan Metode
simulasi :
• Melatih
keterampilan tertentu yang besifat praktis dalam kehidupan sehari-hari
• Mengembangkan
sikap percaya diri pada anak
• Mengembangkan
persuasi dan komunikasi
• Melatih
siswa memecahkan masalah dengan memanfaatkan sumber-sumber yang dapat digunakan
• Meningkatkan
pemahaman tentang konsep dan prinsip yang dipelajari
• Meningkatkan
keaktifan belajar bagi siswa
Alasan
Penggunaan Metode simulasi
•
Ada situasi atau peristiwa yang tidak dapat dihadirkan secara nyata dalam
situasi sebenarnya, seperti keadaan perang atau perputaran planet tata surya
•
Perlunya konsep-konsep untuk diresapi dan dirasakan siswa secara langsung
• Menanamkan
sikap-sikap normatif kepada siswa yg harus direfleksikan dalam apresiasi jiwa
• Agar
siswa dapat berperan dan berkomunikasi secara baik
Keuntungan dan
Kekurangan Metode Simulasi
Keuntungan
Metode Simulasi :
• Menciptakan
kegairahan siswa untuk belajar
• Memupuk
daya cipta siswa
• Melatih
keberanian siswa tampil di depan orang banyak
• Siswa
mempunyai kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya yang kemungkinan terpendam
dengan pengajaran dengan metode lain
• Dapat
ditemukan siswa yang bakat berakting (jika ada)
Kekurangan
Metode Simulasi :
•
Memerlukan pengelompokkan siswa yang fleksibel dan ruang yang tidak selalu
tersedia
•
Pengalaman yang disimulasikan tidak selalu tepat dan sempurna dengan kenyataan
di lapangan
• Suasana
simulasi seringkali berubah menjadi ajang tempat bermain
• Memerlukan
imajinasi yang tinggi bagi guru dan siswa
• Jika
ada siswa yang merasa malu, ragu atau tidak percaya diri, maka ini akan
menghambat tercapainya tujuan simulasi
Metode Inkuiri
:
Pengertian :
Cara penyajian
pelajaran yang memberi-kan kesempatan kepada siswa untuk mene mukan informasi
dengan atau tanpa bantuan guru
Tujuan metode
inkuiri :
• Meningkatkan
keaktifan siswa dalam menemukan dan memproses materi pelajaran
• Mengurangi
ketergantungan siswa pada guru untuk mendapatkan pengalaman mengajarnya
• Melatih
siswa memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
• Memungkinkan
siswa mendapatkan pengalaman belajar sumur hidup
• Kemajuan
iptek yang pesat menuntut siswa agar lebih kreatif
• Dimanapun
bisa digunakan untuk belajar
• Melatih
siswa untuk memiliki kesadaran sendiri akan kebutuhan belajarnya
• Menanamkan
kebiasaan belajar seumur hidup
Keuntungan dan
Kerugian Metode Inkuiri
Keuntungan
Metode Inkuiri :
• Menekankan
proses pengolahan informasi siswa
• Membuat
konsep diri siswa meningkat
• Membuat
siswa belajar bermakna (meaningfull)
• Dapat
menjangkau ranah lain selain ranah kognitif
• Tidak
berpusat pada guru (teacher center)
Kerugian Metode
Inkuiri :
• Tidak
sesuai untuk kelas yang besar
• Memerlukan
fasilitas yang lengkap
• Memerlukan
inovasi pembelajaran oleh guru
• Sangat
sulit mengubah kebiasaan belajar siswa dari penerima menjadi pelaku belajar
• Terjadi
penyalahgunaan kebebasan oleh siswa
Metode
Pengajaran Unit :
Pengertian :
Cara penyajian
pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari
berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhannya dan
bermakna
Tujuan metode
pengajaran unit :
• Melatih
siswa berpikir komprehensif
• Melatih
siswa menggunakan keterampilan proses dan metode ilmiah
• Terbentuknya
sikap kritis, dan sikap kooperatif pada siswa
• Melatih
siswa agar mempunyai sifat leadership
• Mengembangkan
keterampilan berkomunikasi
• Terdapat
kaitan antara satu topik dengan topik yang lain
• Memberikan
pengalaman belajar memecahkan masalah dari berbagai disiplin ilmu
• Mengembangkan
aspek kognitif, psikomotor dan afektif
• Melibatkan
siswa secara fisik dan mental dalam belajar
• Membantu
siswa berpikir komprehensif
• Memperluas
wawasan siswa
• Memperhatikan
karakteristik khusus siswa
• Menciptakan
iklim demokratis dalam belajar
• Pengajarannya
lebih bermakna karena disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan minat siswa
Kekurangan
Metode Pengajaran Unit :
• Sulit
menentukan topik yang sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan siswa
• Memerlukan
kecakapan khusus bagi guru
• Memerlukan
waktu, dan dana yang besar
• Pemecahan
masalah yang dangkal dan kabur karena ditinjau dari beberapa segi
No comments:
Post a Comment