KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
AKIDAH
AKHLAK KELAS VII SEMESTER
GANJIL
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1.
Menghayati
nilai-nilai Aqidah Islam
1.2.
Menghayati dan mengimani sifat-sifat wajib
Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan maknawiyah.
1.3.
Menghayati dan mengimani sifat-sifat mustahil Allah yang nafsiyah, salbiyah,
ma’ani dan maknawiyah, serta sifat jaiz Allah swt
|
2.
Menghargai,menghayati,danmembiasakanakhlak (adab)
yang baikdalamberibadahdanberinteraksidengandirisendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1 Menampilkan perilaku orang yang mengimani
aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat
Allah
2.3 Membiasakan perilaku
ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptualdan
procedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih ,
akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
|
3.1. Memahami dasar dan
tujuan akidah Islam
3.2. Menunjukkan dalil
tentang dasar dan tujuanakidah
Islam
3.3. Memahami hubungan Iman,
Islam, dan Ihsan
3.4. Menunjukkan dalil
tentang Iman, Islam, dan Ihsan
3.5.
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
3.6.
Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli
dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah,ma’ani, dan ma’nawiyah.
3.7.
Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah swt.
3.8.
Memahami ciri-ciri/tanda
perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, danJaiz Allah swt
dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.
Memahami pengertian dan pentingnya ikhlas,
taat, khauf dan taubat
3.10. Mengidentifikasi bentuk
dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
3.11.
Memahami dampak positif dari perilaku ikhlas,
taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan
|
4.
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1. Menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran aqidah Islam
4.2. Menyajikan laporan
tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan
jaiz Allah swt
4.3. Menyajikan kisah-kisah yang berkaitan dengan
dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena
kehidupan.
|
AKIDAH
AKHLAK
KELAS VII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1. Mengimani sifat-sifat Allah swt melalui al-asma' al-husna (al-‘Aziiz,
al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl,
al-Qayyuum)
1.2. Menghayati nilai-nilai
keimanan kepada malaikat-malaikat Allah swt
1.3. Menghayati nilai-nilai
keimanan kepada makhluk gaib Allah swt selain malaikat
|
2.
Menghargai,menghayati,danmembiasakanakhlak (adab)
yang baikdalamberibadahdanberinteraksidengandirisendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1.
Meneladani
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith,
an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
2.2.
Menerapkan
perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin,
iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
2.3.
Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’
dan nifaq
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptualdan
procedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih ,
akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
|
3.1. Menguraikan al-asma'
al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf,
al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
3.2. Memahami contoh-contoh perilaku
mengimani al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith,
an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
3.3. Memahami pengertian beriman
kepada malaikat-malaikat Allah swt dan makhluk gaib selain malaikat-malaikat
Allah swt seperti jin,iblis,dan setan.
3.4. Memahami tugas, dan
sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan
setan
3.5. Memahami contoh-contoh perilaku
beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dan makhluk gaib selain
malaikat-malaikat Allah swt jin,iblis,dan setan.
3.6. Memahami akhlak tercela riya’
dan nifaq
3.7. Mengidentifikasi
contoh-contoh perilaku riya’
dan nifaq dalam kehidupan
3.8. Memahami dampak negatif
perilaku riya’ dan nifaq dalam kehidupan
|
4.
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma' al-husna (al-‘Aziiz,
al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl,
al-Qayyuum)
4.2. Menyajikan kisah-kisah
dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib
lain selain malaikat
4.3. Mensimulasikan contoh
perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
AKIDAH
AKHLAK
KELAS VIII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1. Menghayati nilai-nilai
keimanan kepada kitab-kitab Allah swt
1.2. Berpegang teguh pada
al-Qur’an sebagai pedoman hidup
|
2.
Menghargai,menghayati,danmembiasakanakhlak (adab)
yang baikdalamberibadahdanberinteraksidengandirisendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan
beriman kepada kitab Allah swt
2.2. Berperilaku tawakkal, ikhtiyaar,
shabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syariat
2.3. Membiasakan diri
menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, dan tamak.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptualdan
procedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih ,
akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
|
3.1.
Memahami pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah swt
3.2.
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya
kitab-kitab Allah swt
3.3.
Memahami macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah swt
3.4.
Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku beriman
kepada kitab-kitab Allah swt
3.5.
Memahami pengertian dan pentingnya tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
3.6.
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh
perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
3.7. Memahami hikmah berakhlak terpuji pada
diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah)
3.8.
Memahami pengertian ananiah, putus asa, ghadab,
tamak dan takabur
3.9.
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh
perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
3.10. Memahami dampak negatif akhlak tercela (ananiah, putus asa, ghadab,
dan tamak)
|
4.
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.
Menyajikan
data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah swt
4.2.
Mempraktikkan
contoh bentuk berakhlak terpuji pada
diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah)
4.3.
Mensimulasikan
akibat akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
|
AKIDAH
AKHLAK
KELAS VIII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1.
Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada rosul-rosul Allah swt
1.2.
Meyakiniadanyamukjizatdankejadianluarbiasaselainmukjizat
|
2.
Menghargai,menghayati,danmembiasakanakhlak (adab)
yang baikdalamberibadahdanberinteraksidengandirisendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan meneladani
sifat-sifatnya dalam kehidupan
2.2.
Membiasakan perilaku husnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari
2.3.
Membiasakan diri menghindari perilaku hasad,
dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptualdan
procedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih ,
akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
|
3.1.
Memahami pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah
swt
3.2.
Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah swt
3.3.
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul
Allah swt
3.4.
Memahami pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah,
ma’unah, dan irhash)
3.5. Memahami hikmah adanya mukjizat
dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
3.6. Memahami pengertian dan
pentingnya husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.7. Mengidentifikasi
bentuk dan contoh perilaku husnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.8. Memahami dampak positif dari
husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam fenomena
kehidupan
3.9.
Memahami pengertian hasad, dendam, ghibah,
fitnah, dan namiimah
3.10. Mengidentifikasi bentuk
perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
3.11. Memahami dampaknegatif
akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
|
4.
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber
tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah,
dan irhash)
4.2. Mensimulasikan dampak
positif dari akhlak terpuji (husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun)
4.3.
Mensimulasikan dampak negatif dari akhlak
tercela (hasad, dendam, ghibah, dan namiimah)
|
AKIDAH
AKHLAK
KELAS IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1.
Menghayati dan mengimani hari
akhir.
1.2.
Mengimani macam-macam alam
ghaib yang berhubungan dengan hariakhir
(Alambarzah,Yaumulba’as,Yaumulhisab,Yaumulmizan,Yaumuljaza.)
|
2.
Menghargai,menghayati,danmembiasakanakhlak (adab)
yang baikdalamberibadahdanberinteraksidengandirisendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
2.2.
Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptualdan
procedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih ,
akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
|
3.1. Memahami pengertian
beriman kepada hari akhir
3.2. Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan
terjadinya hari akhir
3.3. Memahami berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hariakhir
3.4. Memahami macam-macam
alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (Alam
barzah,Yaumul ba’as,Yaumul hisab,Yaumul mizan,Yaumul jaza.)
3.5. Memahami pengertian dan
pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
3.6. Mengidentifikasi bentuk
dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
3.7. Memahami dampak positif
dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan.
|
4.
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.
Menyajikan
data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam
ghaib lain yang berhubungan dengan hari akhir
4.2.
Mencontohkan perilaku berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif
4.3.
Menyajikan kisah-kisah dari fenomena
kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif
|
AKIDAH
AKHLAK
KELAS IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
|
1.1. Menghayati dan mengimani Qodha dan
Qodar.
1.2. Mengimani macam-macam takdir yang
berhubungan dengan Qodha dan Qodar.
|
2.
Menghargai,menghayati,danmembiasakanakhlak (adab)
yang baikdalamberibadahdanberinteraksidengandirisendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
|
2.1. Menampilkan perilaku
yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah
2.2. Menampilkan perilaku
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
procedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih ,
akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
|
3.1.
Memahami pengertian beriman kepada Qada dan
Qadar
3.2.
Menunjukkan
bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar
3.3.
Memahami
berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar
3.4.
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang
beriman kepada Qada dan Qadar Allah.
3.5.
Memahami pengertian dan pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja
3.6.
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.7.
Memahami dampak negatif akibat perilaku
pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena
kehidupan
|
4.
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber
dalam fenomena kehidupan tentang Qada dan Qadar
4.2. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang
dampak negative pergaulan remaja yang salah dalam fenomena kehidupan
4.3. Mensimulasikan contoh perilaku terpuji dalam
pergaulan remaja
|
No comments:
Post a Comment