Tuesday, August 22, 2017

ANALISIS KOMPETENSI Akidah Akhlak

ANALISIS  KOMPETENSI

Nama Sekolah              :    MTs
Mata Pelajaran            :    Akidah Akhlak
Kelas                             :    VIII/ Semester 1&2
Tahun Pelajaran          :    2015/2016

Kompetensi Inti :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

NO
KOMPETENSI DASAR
KELAS  VIII
SEMESTER
1
2
1
1.1   Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT
2.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT
3.1   Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
a.           Menyajikan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT

2
1.2  Menghayati nilai tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
2.2  Berperilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
3.2  Memahami pengertian, contoh dan dampak positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qanaa’ah
4.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah)

3
1.3  Menolak perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
2.3  Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
3.3  Memahami pengertian, contoh dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadhab, tamak
4.3  Mensimulasikan akibat burukakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari

4
1.4.       Menghayati adab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
2.4.       Terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
3.4.       Memahami Adab kepada kepada orang tua dan guru
4.4.       Mensimulasikan adab kepada kepada orang tua dan guru


5
1.5         Menghayati kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
2.5         Terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
3.5         Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
4.5         Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub

6
1.1  Beriman kepada Rasul Allah SWT
1.2  Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT
2.1  Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
2.2  Meneladani sifat-sifatnya (Rasul) dalam kehidupan
3.1  Memahami pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
3.2  Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT
4.1  Menyajikan peta konsep pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
4.2  Menyajikan peta konsep sifat-sifat Rasul Allah SWT

7
1.3.    Meyakini adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.3.    Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat
3.3.    Memahami pengertian, contohdan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3.    Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)

8
1.4.    Menghayati sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
2.4.    Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari
3.4.    Mensimulasikan dampak positif dari akhlak terpuji (husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh,dan ta’aawun)
4.4.    Memahami pengertian, contoh dan dampak positifnya sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun


9
1.5      Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
2.5      Terbiasa menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimahdalam kehidupan sehari-hari.
3.5      Memahami pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
4.5      Mensimulasikan dampak negatif dari akhlak tercela (hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah)


10
1.6     Menghayati adab kepada saudara dan teman
2.6     Terbiasa menerapakan adab islami kepada saudara dan teman
3.6      Memahami adab kepada saudara dan teman
4.6      Mensimulasikan adab kepada saudara, teman


11
1.7  Menghayati kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
2.7  Meneladanisifat-sifatutamaShahabat Abu Bakar ra
3.7  Manganalisis kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
1.7  Menceritakan kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra


                                                                                       
                                                                                        ………………., 27 Juli 2015

Mengetahui,         
Kepala MTs.........................                         Guru Mata Pelajaran



………………………………                        ………………………………
NIP/NRK. -                                                  NIP/NRK.

Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


No comments:

Post a Comment