ANALISIS KOMPETENSI
Nama
Sekolah : MTs
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas : VIII/ Semester 1&2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS VIII
|
|
SEMESTER
|
|||
1
|
2
|
||
1
|
1.1
Meyakini adanya
dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT
2.1
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT
3.1
Memahami hakikat
beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
a.
Menyajikan data
dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT
|
√
|
|
2
|
1.2
Menghayati nilai
tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
2.2
Berperilaku
tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
3.2
Memahami
pengertian, contoh dan dampak positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar,
syukuur dan qanaa’ah
4.2
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar,
shabar, syukur dan qanaa’ah)
|
√
|
|
3
|
1.3
Menolak perilaku
ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
2.3
Membiasakan diri
menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
3.3
Memahami
pengertian, contoh dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadhab,
tamak
4.3
Mensimulasikan
akibat burukakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
|
√
|
|
4
|
1.4. Menghayati adab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
2.4. Terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
3.4. Memahami Adab kepada kepada orang tua dan guru
4.4.
Mensimulasikan adab
kepada kepada orang tua dan guru
|
√
|
|
5
|
1.5
Menghayati kisah
keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
2.5
Terbiasa
meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
3.5
Menganalisis
kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
4.5
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
√
|
|
6
|
1.1 Beriman kepada Rasul Allah SWT
1.2 Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT
2.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
2.2 Meneladani sifat-sifatnya (Rasul) dalam kehidupan
3.1 Memahami pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah
SWT
3.2 Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT
4.1 Menyajikan peta konsep pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada
Rasul Allah SWT
4.2 Menyajikan peta konsep sifat-sifat Rasul Allah SWT
|
|
√
|
7
|
1.3. Meyakini adanya mukjizat serta kejadian luar biasa
lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman pada mukjizat dan
kejadian luar biasa selain mukjizat
3.3. Memahami pengertian, contohdan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa
lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat
dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
|
|
√
|
8
|
1.4. Menghayati sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh,
dan ta’aawun
2.4. Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
dalam kehidupan sehari-hari
3.4. Mensimulasikan dampak positif dari akhlak terpuji (husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh,dan ta’aawun)
4.4. Memahami pengertian, contoh dan dampak positifnya sifathusnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
|
|
√
|
9
|
1.5
Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
2.5
Terbiasa
menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimahdalam
kehidupan sehari-hari.
3.5
Memahami
pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah,
dan namiimah
4.5
Mensimulasikan
dampak negatif dari akhlak tercela (hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan
namiimah)
|
|
√
|
10
|
1.6 Menghayati adab kepada saudara dan teman
2.6 Terbiasa menerapakan adab islami kepada saudara dan teman
3.6 Memahami adab kepada saudara dan teman
4.6 Mensimulasikan adab kepada saudara, teman
|
|
√
|
11
|
1.7 Menghayati kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
2.7 Meneladanisifat-sifatutamaShahabat Abu Bakar ra
3.7 Manganalisis kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
1.7 Menceritakan kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
|
|
√
|
………………., 27 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
MTs......................... Guru
Mata Pelajaran
……………………………… ………………………………
NIP/NRK. - NIP/NRK.
Catatan
Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment