Thursday, September 28, 2017

Contoh Kesimpulan Artikel Tugas Skripsi

BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan analisa yang telah peneliti kemukakan pada pembahasan sebelumnya, dan dengan berpijak pada perumusan masalah. Maka, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
a. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca membaca teks cerita anak dengan menerapkan metode Scaffolded Reading di kelas V SDN 2 Margajaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dilaksanakan oleh peneliti mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal  itu berdasarkan hasil penilaian observer terhadap kinerja peneliti dalam penyusunan RPP mengalami peningkatan. pada siklus I pertemuan pertama mencapai nilai rata-rata 75,1 siklus I pertemuan kedua mencapai nilai rata-rata79, siklus II pertemuan pertama mencapai nilai rata-rata 83,31 dan siklus II pertemuan kedua mencapai nilai rata-rata 92.
b. Upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca membaca teks cerita anak dengan menerapkan metode Scaffolded Reading di kelas V SDN 2 Margajaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2016/2017juga mengalami peningkatan. Hal itu telihat dari hasil observasi kemampuan guru mengajar setiap siklusnya. Hasil penilaian observer terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I pertemuan pertama mencapai rata-rata 80, siklus I pertemuan kedua mencapai nilai rata-rata 83, siklus II pertemuan pertama mencapai nilai rata-rata 87, dan siklus II pertemuan kedua mencapai nilai rata-rata 94. 
c. Pemahaman membaca siswa pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca teks cerita anak dengan menerapkan metode Scaffolded Reading di kelas V SDN 2 Margajaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2016/2017mengalami peningkatan dari siklus kesiklusnya. Hal tersebut dilihat dari pemahaman membaca siswa didik siklus I pertemuan pertama mencapai rata-rata nilai 78,75 dengan perhitungan 12 orang yang tuntas dan 8 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan, siklus I pertemuan kedua mencapai rata-rata nilai 79,5 dengan perhitungan 14 orang yang tuntas dan 6 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan, dan siklus II pertemuan pertama mencapai rata-rata nilai 80,75 dengan perhitungan 17 orang yang tuntas dan 3 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan dan siklus II pertemuan kedua mencapai rata-rata nilai 91,5 dengan perhitungan 18 orang yang tuntas dan 2 orang yang belum tuntas dari KKM dikarenakan belum menguasai materi pembelajaran dan salah satu peserta didik kesulitan membaca dan menulis..
B. Saran
Dalam penelitian tindakan kelas ini, masih banyak kekurangan baik secara umum dalam penulisan maupun secara khusus dalam penelitian setiap siklus. Kekurangan tersebut pada dasarnya berasal dari guru sendiri, baik dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun dalam pembelajaran itu sendiri.
Dalam kesempatan ini peneliti ingin menyampaikan saran kepada pembaca, diantaranya adalah:
1. Bagi Kepala Sekolah
a. Memotivasi guru dalam inovasi model pembelajaran
b. Mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah dilakukan
c. Mensupervisi pelaksanaan pembelajaran dengan model-model baru.
2. Bagi guru kelas
a. Menguasai langkah-langkah metode Scaffolded Reading
b. Meningkatkan pemahaman membaca siswa
c. Melaksanakan pembelajaran secara PAIKEM
3. Bagi pihak yang berminat dengan penelitian
a. Menjadi modal awal untuk penelitian
b. Melengkapi kekurangan hasil penelitian
c. Mensosialisasikan metode Scaffolded Reading.
Dalam melakukan penelitian ini, kami sadar banyak sekali kekurangan baik dari segi materi ataupun hal-hal lain yang mendukung terciptanya penelitian yang sempurna.  Untuk itu, kami meminta kepada pihak lain atau peneliti lain untuk meneruskan penelitian ini sehingga penelitian ini menjadi penelitian yang sempurna. 

No comments:

Post a Comment