Kompetensi
Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama Islam yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam sekitarnya.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian
yang tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut
sudut pandang/teori yang kuat.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kriteria
Ketuntas
an
|
TeknikPenilaian
|
|||||
Tes
|
Perf.
|
Prod
|
Proy
|
Port
|
|||||
Semester 1
|
|||||||||
1
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2
Melafalkan bunyi huruf, kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن
والعيدان
3.3
Menemukan makna atau gagasan
dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
4.1
Mendemonstrasikan ungkapan
sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
Menyampaikan berbagai informasi
lisan sederhana tentang :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول
القرآن والعيدان
4.4
Mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول
القرآن والعيدان
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5
Menyusun
teks sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
sesuai konteks
|
1.1.1
Mensyukuri
nikmat Allah berupa kesempatan belajar bahasa Arab.
1.1.2
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar bahasa Arab.
2.1.1
Menyebutkan
nama benda-benda dalam bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.1
Menunjukkan
sikap mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Arab setiap hari.
2.3.1
Mempraktikkan
bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah
3.1.1
Menirukan dan
menunjukan bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
رأس السنة الهجرية
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.1
Melafalkan secara langsung bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
رأس السنة الهجرية
3.3.1
Mengetahui arti kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Arab dengan benar terkait dengan
topik
رأس السنة
الهجرية
3.3.2
Menentukan makna atau gagasan dari
ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa arab secara rinci yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية
4.1.1
Menghafal ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.2
Menirukan ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
رأس السنة الهجرية
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2
Memperagakan hiwar dengan tepat tentang:
رأس السنة الهجرية
4.3.1
Mengungkapkan berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
رأس السنة الهجرية
4.4.1
Menyajikan informasi secara tertulis tentang :
رأس السنة الهجرية
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5.1
Menyusun
teks sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
sesuai konteks
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2
Melafalkan bunyi huruf, kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن
والعيدان
3.3
Menemukan makna atau gagasan
dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
4.1
Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
Menyampaikan berbagai informasi
lisan sederhana tentang :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول
القرآن والعيدان
4.4
Mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول
القرآن والعيدان
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5
Menyusun
teks sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
sesuai konteks
|
1.1.1
Mensyukuri
nikmat Allah berupa kesempatan belajar bahasa Arab.
1.1.2
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar bahasa Arab.
2.1.1
Menyebutkan
nama benda-benda dalam bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.1
Menunjukkan
sikap mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Arab setiap hari.
2.3.1
Mempraktikkan
bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
3.1.1
Menirukan dan
menunjukan bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
الحفل بذكرى مولد
الرسول صلى الله عليه وسل
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.1
Melafalkan secara langsung bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
الحفل بذكرى مولد الرسول صلى
الله عليه وسل
3.3.1
Mengetahui arti kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Arab dengan benar terkait dengan
topik
الحفل
بمولد الرسول
3.3.2
Menentukan makna atau gagasan dari
ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa arab secara rinci yang berkaitan dengan:
الحفل بمولد الرسول
4.1.1
Menghafal ungkapan sederhana tentang topik
الحفل بمولد الرسول
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.2
Menirukan ungkapan sederhana tentang topik
الحفل بمولد الرسول
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
الحفل بمولد الرسول
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2
Memperagakan hiwar dengan tepat tentang:
الحفل بمولد الرسول
4.3.1
Mengungkapkan berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
الحفل بمولد الرسول
4.4.1
Menyajikan informasi secara tertulis tentang :
الحفل بمولد الرسول
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5.1
Menyusun
teks sederhana tentang topik
الحفل بمولد الرسول
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
sesuai konteks
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2
Melafalkan bunyi huruf, kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن
والعيدان
3.3
Menemukan makna atau gagasan
dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن
والعيدان
4.1
Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
Menyampaikan berbagai informasi
lisan sederhana tentang :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
4.4
Mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang :
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول
القرآن والعيدان
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5
Menyusun
teks sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
sesuai konteks
|
1.1.1
Mensyukuri
nikmat Allah berupa kesempatan belajar bahasa Arab.
1.1.2
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar bahasa Arab.
2.1.1
Menyebutkan
nama benda-benda dalam bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.1
Menunjukkan
sikap mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Arab setiap hari.
2.3.1
Mempraktikkan
bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
3.1.1
Menirukan dan
menunjukan bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
نزول القرآن والعيدان
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.1
Melafalkan secara langsung bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
نزول القرآن والعيدان
3.3.1
Mengetahui arti kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Arab dengan benar terkait dengan
topik
نزول القرآن
والعيدان
3.3.2
Menentukan makna atau gagasan dari
ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa arab secara rinci yang berkaitan dengan:
نزول القرآن والعيدان
4.1.1
Menghafal ungkapan sederhana tentang topik
نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.2
Menirukan ungkapan sederhana tentang topik
نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2
Memperagakan hiwar dengan tepat tentang:
نزول القرآن والعيدان
4.3.1
Mengungkapkan berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
نزول القرآن والعيدان
4.4.1
Menyajikan informasi secara tertulis tentang :
نزول القرآن والعيدان
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5.1
Menyusun
teks sederhana tentang topik
نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
konteks
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 2
|
|||||||||
4
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2
Melafalkan bunyi huruf, kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
3.3
Menemukan makna atau
gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة
4.1
Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.3
Menyampaikan berbagai informasi
lisan sederhana tentang :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
4.4
Mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5
Menyusun teks sederhana tentang topik
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
1.1.1
Mensyukuri
nikmat Allah berupa kesempatan belajar bahasa Arab.
1.1.2
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar bahasa Arab.
2.1.1
Menyebutkan
nama benda-benda dalam bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.1
Menunjukkan
sikap mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Arab setiap hari.
2.3.1
Mempraktikkan
bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah
3.1.1
Menirukan dan
menunjukan bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
جمال الطبيعة
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.1
Melafalkan secara langsung bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
جمال الطبيعة
3.3.1
Mengetahui arti kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Arab dengan benar terkait dengan
topik
جمال الطبيعة
3.3.2
Menentukan makna atau gagasan dari
ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa arab secara rinci yang berkaitan dengan:
جمال الطبيعة
4.1.1
Menghafal ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.2
Menirukan ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
جمال الطبيعة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2
Memperagakan hiwar dengan tepat tentang:
جمال الطبيعة
4.3.1
Mengungkapkan berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
جمال الطبيعة
4.4.1
Menyajikan informasi secara tertulis tentang :
جمال الطبيعة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5.1
Menyusun
teks sederhana tentang topik
جمال الطبيعة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
konteks.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2
Melafalkan bunyi huruf, kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
3.3
Menemukan makna atau
gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة
4.1
Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.3
Menyampaikan berbagai informasi
lisan sederhana tentang :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
4.4
Mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5
Menyusun teks sederhana tentang topik
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
1.1.1
Mensyukuri
nikmat Allah berupa kesempatan belajar bahasa Arab.
1.1.2
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar bahasa Arab.
2.1.1
Menyebutkan
nama benda-benda dalam bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.1
Menunjukkan
sikap mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Arab setiap hari.
2.3.1
Mempraktikkan
bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah
3.1.1
Menirukan dan
menunjukan bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
جمال الطبيعة
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.1
Melafalkan secara langsung bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
جمال الطبيعة
3.3.1
Mengetahui arti kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Arab dengan benar terkait dengan
topik
جمال الطبيعة
3.3.2
Menentukan makna atau gagasan dari
ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa arab secara rinci yang berkaitan dengan:
خالق العالم
4.1.1
Menghafal ungkapan sederhana tentang topik
خالق العالم
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.2
Menirukan ungkapan sederhana tentang topik
خالق العالم
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
خالق العالم
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2
Memperagakan hiwar dengan tepat tentang:
خالق العالم
4.3.1
Mengungkapkan berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
خالق العالم
4.4.1
Menyajikan informasi secara tertulis tentang :
خالق العالم
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5.1
Menyusun
teks sederhana tentang topik
خالق العالم
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
konteks.
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata,
frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2
Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa,
dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
3.3
Menemukan makna atau
gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
4.1
Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.2
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
جمال الطبيعة ؛ خالق العالم ؛ الحفاظ
على البيئة dengan memperhatikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
Menyampaikan berbagai informasi
lisan sederhana tentang :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
4.4
Mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang :
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5
Menyusun teks sederhana tentang topik
جمال الطبيعة
؛ خالق العالم ؛ الحفاظ على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
1.1.1
Mensyukuri
nikmat Allah berupa kesempatan belajar bahasa Arab.
1.1.2
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar bahasa Arab.
2.1.1
Menyebutkan
nama benda-benda dalam bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.1
Menunjukkan
sikap mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Arab setiap hari.
2.3.1
Mempraktikkan
bahasa Arab dengan benar ketika berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah.
3.1.1
Menirukan dan
menunjukan bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan :
الحفاظ على البيئة
baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.1
Melafalkan secara langsung bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
الحفاظ على البيئة
3.3.1
Mengetahui arti kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Arab dengan benar terkait dengan
topik
الحفاظ
على البيئة
3.3.2
Menentukan makna atau gagasan dari
ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa arab secara rinci yang berkaitan dengan:
الحفاظ على البيئة
4.1.1
Menghafal ungkapan sederhana tentang topik
الحفاظ على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.2
Menirukan ungkapan sederhana tentang topik
الحفاظ على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1
Menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
الحفاظ على البيئة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2
Memperagakan hiwar dengan tepat tentang:
الحفاظ على البيئة
4.3.1
Mengungkapkan berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
الحفاظ على البيئة
4.4.1
Menyajikan informasi secara tertulis tentang :
الحفاظ على البيئة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5.1
Menyusun
teks sederhana tentang topik
الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
konteks.
|
|
|
|
|
|
|
|
Penetapan
Teknik Penilaian
Dalam memilih teknik
penilaian mempertimbangkan ciri indikator,contoh:
o
Apabila tuntutan indicator
melakukan sesuatu, maka teknik
penilaiannya
adalah unjuk kerja(performance).
o
Apabila tuntutan indicator
berkaitan dengan pemah
aman konsep, maka
teknik penilaiannya
adalah tertulis.
o Apabila tuntutan
indicator memuat unsur penyelidikan, maka
teknik penilaiannya adalah
proyek
………………., 27 Juli 2015
Mengetahui :
Kepala MTs Guru
Mata Pelajaran,
……………………………………………. …………………………………………….
NIP/NRK. - NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment