Mata Pelajaran Akidah Akhlak
MTs…………….
Kelas VIII
Kompetensi
Inti :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kriteria
Ketuntas
an
|
TeknikPenilaian
|
||||
Tes
|
Perf.
|
Prod
|
Proy
|
Port
|
||||
Semester 1
|
||||||||
1
|
1.1
Meyakini adanya dan kebenaran
kitab-kitab Allah SWT
2.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
beriman kepada kitab Allah SWT
3.1
Memahami hakikat beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT
a.
Menyajikan data dari berbagai
sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT
|
1.1.1 Memiliki penghayatan terhadap kebenaran kitab-kitab Allah SWT , dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta menunjukan perilaku yang mencerminkan
beriman kepada kitab Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1 Memahami dalil naqli dan aqli terkait dengan kitab-kitab Allah swt.
3.1.2 Menjelaskan pengertian kitab-kitab
Allah dan shuhuf dan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dan shuhuf.
3.1.3 Menjelaskan macam-macam, isi dan fungsi kitab-kitab Allah swt.
3.1.4 Mengidentifikasi perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
4.1.1 Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang kebenaran kitab-kitab
Allah swt.
4.1.2 Mendiskusikan secara kelompok hikmah mengimani kitab-kitab dan
suhuf-suhuf Allah Swt
4.1.3 Membuat kesimpulan tentang makna dalil, pengertian,macam, perbedaan,
serta hikmah beriman kepada kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt.
4.1.4 Membuat kesimpulan tentang fenomena-fenomena tentang perilaku orang yang
mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1.2
Menghayati nilai tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
2.2
Berperilaku tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
3.2
Memahami pengertian, contoh dan
dampak positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qanaa’ah
4.2
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar,
syukur dan qanaa’ah)
|
1.2.1 Memiliki penghayatan terhadap nilai tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan
qanaa’ah sesuai perintah syariat,dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1 Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta
menunjukan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah
syariat dalam kehidupan sehari-hari
3.2.1 Memahami dalil naqli dan aqli terkait perilaku tawakkal, ikhtiyaar,
shabar, syukur dan qana’ah
3.2.2 Memahami pengertian tawakkal, ikhtiyaar,
shabar, syukur dan qana’ah
3.2.3 Menjelaskan bentuk-bentuk perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur
dan qana’ah
3.2.4 Memahami hikmah berperilaku
tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah
4.2.1 Menyajikan fakta dan fenomena tentang perilaku tawakkal, ikhtiyaar,
shabar, syukur dan qana’ah
4.2.2 Membuat kesimpulan tentang dampak positif akhlak terpuji pada diri
sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah) dalam kehidupan
sehari-hari
4.2.3 Menunjukkan contoh bentuk
berakhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan
qana’ah)
|
|
|
|
|
|
|
3
|
1.3
Menolak perilaku ananiah, putus
asa, ghadhab, dan tamak.
2.3
Membiasakan diri menghindari
perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
3.3
Memahami pengertian, contoh dan
dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadhab, tamak
4.3
Mensimulasikan akibat
burukakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
|
1.3.1 Memiliki penghayatan untuk menolak perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan
tamak, dalam kehidupan sehari-hari
2.3.1 Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta
membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan
tamak, dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1 Menjelaskan pengertian perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan
tamak
3.3.2 Memahami dalil naqli dan aqli terkait perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab,
dan tamak
3.3.3 Menjelaskan macam-macam perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
3.3.4 Menjelaskan bentuk-bentuk perilaku
perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
3.3.5 Memahami dampak negatif dari perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan
tamak
4.3.1 Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang perilaku ananiyah, putus
asa, ghadhab, dan tamak
4.3.2 Mensimulasikan secara berkelompok di depan kelas akibat buruk akhlak tercela
ananiah, putus asa, gadab,
dan tamak dalam kehidupan sehari-
hari
|
|
|
|
|
|
|
4
|
1.4. Menghayati adab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
2.4. Terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
3.4. Memahami Adab kepada kepada orang tua dan guru
4.4. Mensimulasikan adab kepada kepada orang tua dan guru
|
1.4.1 Memiliki penghayatan terhadap adab yang baik kepada kepada
orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
2.4.1 Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1 Mengidentifikasi adab yang baik pada orang tua dan guru.
3.4.2 Menjelaskan bentuk adab yang baik pada orang tua dan guru.
4.4.1 Menceritakan perilaku beradab yang baik pada orang tua dan guru.
4.4.2 Mampu mempraktekkan adab yang baik pada orang tua dan guru.
4.4.3 Bermain peran tentang adab kepada orang tua.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
1.5
Menghayati kisah keteladaan
Nabi Yunus dan Nabi Ayub
2.5
Terbiasa meneladani kisah
keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
3.5
Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Yunus dan Nabi Ayub
4.5
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
1.5.1 Memiliki penghayatan terhadap kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub dalam kehidupan sehari-hari
2.5.1 Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta terbiasa meneladani kisah
keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub dalam kehidupan sehari-hari
3.5.1 Memahami dalil tentang keberadaan Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
3.5.2 Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
3.5.3 Menjelaskan manfaat dari kisah Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
4.5.1 Bercerita atau menyajikan fenomena, fakta atau peristiwa yang menunjuk pada kisah Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
4.5.2 Meneladani perilaku Nabi Yunus dan
nabi Ayyub
|
|
|
|
|
|
|
Semester 2
|
||||||||
7
|
1.1
Beriman kepada Rasul Allah SWT
1.2
Meyakini sifat-sifat Rasul
Allah SWT
2.1
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
2.2
Meneladani sifat-sifatnya (Rasul)
dalam kehidupan
3.1
Memahami pengertian, dalil dan
pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
3.2
Menguraikan sifat-sifat Rasul
Allah SWT
4.1
Menyajikan peta konsep
pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
4.2
Menyajikan peta konsep
sifat-sifat Rasul Allah SWT
|
1.1.1
Memiliki penghayatan untuk beriman kepada Rasul Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari
1.2.1
Memiliki penghayatan terhadap sifat-sifat Rasul Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1
Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta beriman kepada Rasul
Allah SW dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1
Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta terbiasa Meneladani
sifat-sifatnya (Rasul) dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1
Menjelaskan pengertian, dalil dan
pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
3.2.1
Memahami sifat-sifat Rasul Allah
SWT
3.2.2
Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah
SWT
4.1.1
Memaparkan peta
konsep tentang pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
4.2.1
Memaparkan peta
konsep tentang sifat-sifat Rasul Allah Swt
|
|
|
|
|
|
|
8
|
1.3. Meyakini adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah,
dan irhash)
2.3.
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat
3.3. Memahami pengertian, contohdan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya
(karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan
kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
|
1.3.1
Memiliki penghayatan adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya
(karamah, ma’unah, dan irhash)
2.3.1
Menunjukan sikap perilaku yang
mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat
3.3.1
Menjelaskan pengertian, contoh dan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya
(karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3.1
Memaparkan kisah-kisah
dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya
(karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3.2
Menganalisa perbedaan
antara mukjizat dengan kejadian luar biasa selain mukjizat
4.3.3
Mendiskusikan kejadian
luar biasa selain mukjizat dalam fenomena kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
9
|
1.4. Menghayati sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
2.4. Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
dalam kehidupan sehari-hari
3.4. Mensimulasikan dampak positif dari akhlak terpuji (husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh,dan ta’aawun)
4.4. Memahami pengertian, contoh dan dampak positifnya sifathusnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
|
1.3.1
Memiliki penghayatan terhadap sifat husnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
2.3.1
Menunjukan sikap perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1
Menjelaskan pengertian
husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.4.2
Menunjukkan dalil naqli dan
aqli terkait perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.4.3
Mengidentifikasi bentuk-bentuk
perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.4.4
Memahami hikmah berperilaku
husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
4.4.1
Menyajikan fakta dan fenomena
tentang perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
4.4.2
Mempraktikkan contoh bentuk
berakhlak terpuji yaitu husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
4.4.3
Mensimulasikan akhlak
husnudz--zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawundan dampak positifnya dalam
kehidupan.
|
|
|
|
|
|
|
10
|
1.5 Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
2.5 Terbiasa menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan
namiimahdalam kehidupan sehari-hari.
3.5 Memahami pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam,
ghibah, fitnah, dan namiimah
4.5 Mensimulasikan dampak negatif dari akhlak tercela (hasad, dendam, ghibah,
fitnah, dan namiimah)
|
1.5.1
Memiliki penghayatan
untuk Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah dalam
kehidupan sehari-hari
2.5.1
Menampilkan sikap berpikir kritis dan
kreatif serta membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah,
fitnah dan namiimahdalam kehidupan sehari-hari.
3.5.1
Menjelaskan pengertian
perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
3.5.2
Menunjukkan dalil naqli dan
aqli terkait perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
3.5.3
Memahami macam-macam perilaku
hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
3.5.4
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk perilaku perilaku hasad,
dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
3.5.5
Memahami dampak negatif dari
perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
4.5.1
Mensimulasikan akibat perilaku
hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
4.5.2
Menyajikan data dan fakta serta
sumber tentang perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
|
|
|
|
|
|
|
11
|
1.6 Menghayati adab kepada saudara dan teman
2.6 Terbiasa menerapakan adab islami kepada saudara dan teman
3.6 Memahami adab kepada saudara dan teman
4.6 Mensimulasikan adab kepada saudara, teman
|
1.6.1
Memiliki penghayatan terhadap adab kepada saudara dan teman
2.6.1
Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta menerapakan adab islami kepada
saudara dan teman dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1
Mengidentifikasi adab yang baik
pada saudara dan teman.
3.6.2
Menjelaskan bentuk adab yang
baik pada saudara dan teman.
3.6.3
Menceritakan perilaku beradab
yang baik pada saudara dan teman
4.6.1
Mempraktekkan adab yang baik
pada saudara dan teman.
4.6.2
Mensimulasikan adab yang baik
pada saudara dan teman.
|
|
|
|
|
|
|
11
|
1.7 Menghayati kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
2.7 Meneladani sifat-sifatutamaShahabat Abu Bakar ra
3.7 Manganalisis kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
4.7 Menceritakan kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
|
1.7.1
Memiliki penghayatan terhadap kisah keteladanan shahabat Abu
Bakar ra
2.7.1
Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta meneladani
sifat-sifatutamaShahabat Abu Bakar ra dalam kehidupan sehari-hari
3.7.1
Menjelaskan
dalil
tentang keberadaan sahabat Abu Bakar
3.7.2
Memahami
kisah keteladanan Abu Bakar
4.7.1
Meneladani
perilaku Abu Bakar.
4.7.2
Bercerita
atau menyajikan fenomena, fakta atau
peristiwa yang menunjuk pada kisah
Abu Bakar.
|
|
|
|
|
|
|
Penetapan
Teknik Penilaian
Dalam memilih teknik
penilaian mempertimbangkan ciri indikator,contoh:
o
Apabila tuntutan indicator
melakukan sesuatu, maka teknik
penilaiannya
adalah unjuk kerja(performance).
o
Apabila tuntutan indicator
berkaitan dengan pemah
aman konsep, maka
teknik penilaiannya
adalah tertulis.
o Apabila tuntutan
indicator memuat unsur penyelidikan, maka
teknik penilaiannya adalah
proyek
………………., 27 Juli 2015
Mengetahui :
Kepala MTs Guru
Mata Pelajaran,
……………………………………………. …………………………………………….
NIP/NRK. - NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment