Tuesday, August 22, 2017

PEMETAAN KOMPETENSI DAN TEKNIK PENILAIAN Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs

PEMETAAN KOMPETENSI DAN TEKNIK PENILAIAN
Mata Pelajaran Akidah Akhlak
MTs…………….
Kelas VIII


Kompetensi Inti :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria
Ketuntas
an
TeknikPenilaian
Tes
Perf.
Prod
Proy
Port
Semester 1
1
1.1   Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT
2.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT
3.1   Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
a.        Menyajikan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT
1.1.1  Memiliki penghayatan terhadap kebenaran kitab-kitab Allah SWT , dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1  Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta menunjukan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1  Memahami dalil naqli dan aqli terkait dengan kitab-kitab Allah swt.
3.1.2  Menjelaskan pengertian  kitab-kitab Allah dan shuhuf dan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dan shuhuf.
3.1.3  Menjelaskan macam-macam, isi dan fungsi kitab-kitab Allah swt.
3.1.4  Mengidentifikasi perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
4.1.1  Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah swt.
4.1.2  Mendiskusikan secara kelompok hikmah mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt
4.1.3  Membuat kesimpulan tentang makna dalil, pengertian,macam, perbedaan, serta hikmah beriman kepada kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt.
4.1.4  Membuat kesimpulan tentang fenomena-fenomena tentang perilaku orang yang mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt








2
1.2  Menghayati nilai tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
2.2  Berperilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat
3.2  Memahami pengertian, contoh dan dampak positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qanaa’ah
4.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah)
1.2.1     Memiliki penghayatan terhadap nilai tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat,dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1     Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta menunjukan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat dalam kehidupan sehari-hari
3.2.1     Memahami dalil naqli dan aqli terkait perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah
3.2.2     Memahami pengertian  tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah
3.2.3     Menjelaskan bentuk-bentuk perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah
3.2.4     Memahami  hikmah berperilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah
4.2.1     Menyajikan fakta dan fenomena tentang perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah
4.2.2     Membuat kesimpulan tentang dampak positif akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah) dalam kehidupan sehari-hari
4.2.3     Menunjukkan  contoh bentuk berakhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur dan qana’ah)







3
1.3  Menolak perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
2.3  Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.
3.3  Memahami pengertian, contoh dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadhab, tamak
4.3  Mensimulasikan akibat burukakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
1.3.1     Memiliki penghayatan untuk menolak perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak, dalam kehidupan sehari-hari
2.3.1     Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak, dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1     Menjelaskan  pengertian  perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
3.3.2     Memahami dalil naqli dan aqli terkait perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
3.3.3     Menjelaskan macam-macam perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
3.3.4     Menjelaskan bentuk-bentuk  perilaku perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
3.3.5     Memahami dampak negatif dari perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
4.3.1     Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang perilaku ananiyah, putus asa, ghadhab, dan tamak
4.3.2     Mensimulasikan secara berkelompok di depan kelas akibat buruk akhlak tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari- hari







4
1.4.       Menghayati adab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
2.4.       Terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
3.4.       Memahami Adab kepada kepada orang tua dan guru
4.4.       Mensimulasikan adab kepada kepada orang tua dan guru

1.4.1     Memiliki penghayatan terhadap adab yang baik kepada kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
2.4.1     Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1     Mengidentifikasi adab yang baik pada orang tua dan guru.
3.4.2     Menjelaskan bentuk adab yang baik pada orang tua dan guru.
4.4.1     Menceritakan perilaku beradab yang baik pada orang tua dan guru.
4.4.2     Mampu mempraktekkan adab yang baik pada orang tua dan guru.
4.4.3     Bermain peran tentang adab kepada orang tua.







5
1.5         Menghayati kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
2.5         Terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
3.5         Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
4.5         Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
1.5.1     Memiliki penghayatan terhadap kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub dalam kehidupan sehari-hari
2.5.1     Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub dalam kehidupan sehari-hari
3.5.1     Memahami dalil tentang keberadaan Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
3.5.2     Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
3.5.3     Menjelaskan manfaat dari kisah Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
4.5.1     Bercerita atau menyajikan fenomena, fakta atau  peristiwa yang menunjuk pada kisah  Nabi Yunus dan nabi Ayyub.
4.5.2     Meneladani perilaku  Nabi Yunus dan nabi Ayyub






Semester 2
7
1.1  Beriman kepada Rasul Allah SWT
1.2  Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT
2.1  Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
2.2  Meneladani sifat-sifatnya (Rasul) dalam kehidupan
3.1  Memahami pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
3.2  Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT
4.1  Menyajikan peta konsep pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
4.2  Menyajikan peta konsep sifat-sifat Rasul Allah SWT
1.1.1     Memiliki penghayatan untuk beriman kepada Rasul Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari
1.2.1     Memiliki penghayatan terhadap sifat-sifat Rasul Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1     Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta beriman kepada Rasul Allah SW dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1     Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta terbiasa Meneladani sifat-sifatnya (Rasul) dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1        Menjelaskan pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
3.2.1        Memahami sifat-sifat Rasul Allah SWT
3.2.2        Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT
4.1.1        Memaparkan peta konsep tentang pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
4.2.1        Memaparkan peta konsep tentang sifat-sifat Rasul Allah Swt






8
1.3.    Meyakini adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.3.    Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat
3.3.    Memahami pengertian, contohdan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3.    Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
1.3.1        Memiliki penghayatan adanya mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.3.1        Menunjukan sikap perilaku yang mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat
3.3.1        Menjelaskan pengertian, contoh dan hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3.1        Memaparkan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
4.3.2        Menganalisa perbedaan antara mukjizat dengan kejadian luar biasa selain mukjizat
4.3.3        Mendiskusikan kejadian luar biasa selain mukjizat dalam fenomena kehidupan sehari-hari






9
1.4.    Menghayati sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
2.4.    Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari
3.4.    Mensimulasikan dampak positif dari akhlak terpuji (husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh,dan ta’aawun)
4.4.    Memahami pengertian, contoh dan dampak positifnya sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun

1.3.1        Memiliki penghayatan terhadap sifat husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
2.3.1        Menunjukan sikap perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1        Menjelaskan  pengertian  husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.4.2        Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.4.3        Mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
3.4.4        Memahami hikmah berperilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
4.4.1        Menyajikan fakta dan fenomena tentang perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
4.4.2        Mempraktikkan contoh bentuk berakhlak terpuji yaitu husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
4.4.3        Mensimulasikan akhlak husnudz--zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawundan dampak positifnya dalam kehidupan.






10
1.5      Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
2.5      Terbiasa menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimahdalam kehidupan sehari-hari.
3.5      Memahami pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
4.5      Mensimulasikan dampak negatif dari akhlak tercela (hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah)

1.5.1        Memiliki penghayatan untuk Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari
2.5.1        Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimahdalam kehidupan sehari-hari.
3.5.1        Menjelaskan  pengertian  perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
3.5.2        Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
3.5.3        Memahami macam-macam perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
3.5.4        Mengidentifikasi bentuk-bentuk  perilaku perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
3.5.5        Memahami dampak negatif dari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
4.5.1        Mensimulasikan akibat perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.
4.5.2        Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah.







11
1.6     Menghayati adab kepada saudara dan teman
2.6     Terbiasa menerapakan adab islami kepada saudara dan teman
3.6     Memahami adab kepada saudara dan teman
4.6     Mensimulasikan adab kepada saudara, teman

1.6.1        Memiliki penghayatan terhadap adab kepada saudara dan teman
2.6.1        Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta menerapakan adab islami kepada saudara dan teman dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1        Mengidentifikasi adab yang baik pada saudara dan teman.
3.6.2        Menjelaskan bentuk adab yang baik pada saudara dan teman.
3.6.3        Menceritakan perilaku beradab yang baik pada saudara dan teman
4.6.1        Mempraktekkan adab yang baik pada saudara dan teman.
4.6.2        Mensimulasikan adab yang baik pada saudara dan teman.






11
1.7  Menghayati kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
2.7  Meneladani sifat-sifatutamaShahabat Abu Bakar ra
3.7  Manganalisis kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
4.7  Menceritakan kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra

1.7.1        Memiliki penghayatan terhadap kisah keteladanan shahabat Abu Bakar ra
2.7.1        Menampilkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta meneladani sifat-sifatutamaShahabat Abu Bakar ra dalam kehidupan sehari-hari
3.7.1        Menjelaskan dalil tentang keberadaan sahabat Abu Bakar 
3.7.2        Memahami kisah keteladanan Abu Bakar
4.7.1        Meneladani perilaku  Abu Bakar.
4.7.2        Bercerita atau menyajikan fenomena, fakta atau  peristiwa yang menunjuk pada kisah  Abu Bakar.






Penetapan Teknik Penilaian
Dalam memilih teknik penilaian mempertimbangkan ciri indikator,contoh:
o  Apabila tuntutan indicator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja(performance).
o  Apabila tuntutan indicator berkaitan dengan pemah aman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.
o  Apabila tuntutan indicator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek

                                                                                                                                                              

                                                                                                                                  ………………., 27 Juli 2015
                                                                                                                                                    
Mengetahui :
Kepala MTs                                                                                                               Guru Mata Pelajaran,
                                                                                                                                                    



…………………………………………….                                                                                                                                  …………………………………………….

NIP/NRK. -                                                                                                              NIP/NRK.

No comments:

Post a Comment