
BAHASA ARAB
KELAS: VII SEMESTER GANJIL
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menghargai
dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengenal struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami struktur teks dan
unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang fungsi المرافق
والأدوات المدرسية sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.3 Mengidentifikasi struktur
teks dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang
fungsi الألوان
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan tentang topik التعريف
بالنفس وبالعاملين في المدرسة
3.5 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan tentang topik المرافق
والأدوات المدرسية
3.6 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan tentang topik الألوان
|
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menunjukkan
contoh teks sederhana tentang topik التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة sesuai struktur bahasa dan konteks bacaan
4.2 Menyusun
teks sederhana tentang topik المرافق
والأدوات المدرسية sesuai
struktur bahasa dan konteks bacaan
4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
|
Tarkib:
|
المبتدأ (ضمائر مفرد؛إشارة مفردة) + الخبر (الصفة والجهات) ؛ الضمائر المفردة
المتصلة
|
BAHASA ARAB KELAS: VII SEMESTER GENAP
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menghargai
perilaku yang memotivasi pengembangan kemampuan berbahasa arab.
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengetahui struktur teks dan unsur
kebahasaan yang berkaitan dengan العنوان sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami struktur teks dan
unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang بيتي sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
untuk menyatakan dan menanyakan tentang من يوميات
الأسرة sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dar teks deskriptif tentang العنوان
3.5 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dar teks deskriptif tentang بيتي
3.6 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dar teks deskriptif tentang من
يوميات الأسرة
|
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana
untuk menyatakan, menanyakan dan merespon
mengucapkan dan merespon tentang العنوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
4.2 Menyusun teks sederhana tentang
topik بيتي dengan memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik من
يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
|
Tarkib:
|
الأرقام 1 – 100 ؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأ مؤخر -
النعت المفرد ؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + خبر (فعل مضارع )
|
BAHASA ARAB KELAS: VIII SEMESTER
GANJIL
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menghargai
dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengenal struktur teks dan
unsur kebahasaan berkaitan dengan الساعة sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.2 Memahami struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا في
المدرسة sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.3 Mengetahui struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا في
البيت sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan الساعة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا
في المدرسة sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.6 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا
في البيت sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menunjukkan contoh ungkapan tentang
topik الساعة dengan memperhatikan
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
4.2 Menyusun teks sederhana tentang
topik يومياتنا في المدرسة
dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
konteks
4.3 Mendemonstrasikan teks
sederhana tentang topik يومياتنا في البيت dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
|
Tarkib:
|
أسئلة عن الساعة ؛ الجملة الاسمية؛
الجملة الفعلية والفاعل مفرد؛ المفعول به ؛ الجملتان وأنواع الجمع
|
BAHASA ARAB KELAS: VIII SEMESTER
GENAP
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menghargai
dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengenal struktur teks dan unsur
kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة
والمهنيون الرياضيون sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة
الطبية sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.3 Mengetahui struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik عيادة
المرضى sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة
والمهنيون الرياضيونsesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة
الطبية sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.6 Mengidentifikasi teks dan
unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan عيادة
المرضى sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana yang
merespon tentang topik المهنة والمهنيون الرياضيون dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menyusun teks lisan
sederhana untuk mengucapkan dan merespon tentang المهنة
الطبية dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan
sederhana terkait topik عيادة المرضى dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
Tarkib:
|
(أن – لن – لِـ) + فعل مضارع؛ المصدر
الصريح؛ الفعل الماضي والجملة
الفعلية
|
BAHASA ARAB KELAS : IX SEMESTER GANJIL
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menghargai
dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengenal struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan رأس السنة
الهجرية sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2 Memahami struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan الحفل بمولد
الرسول sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.3 Mengidentifikasi struktur
teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan نزول
القرآن والعيدان sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan رأس
السنة الهجرية sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan الحفل
بمولد الرسول sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.6 Mendestkripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan نزول
القرآن والعيدان sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mensimulasikan dialog
sederhana tentang cara merespon terkait topik رأس
السنة الهجرية dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan
sederhana terkait topik الحفل بمولد الرسول dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyusun teks lisan
sederhana untuk mengucapkan dan merespon tentang نزول
القرآن والعيدان dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
Tarkib:
|
تصريف
الفعل الماضي ؛كان واسمها وخبرها المفرد ؛(لا الناهية،لم) + الفعل
المضارع ؛ المجرد والمزيد من الفعل
الثلاثي
|
BAHASA ARAB KELAS : IX SEMESTER GENAP
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menghargai
dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
|
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengenal struktur teks dan unsur
kebahasaan yang berkaitan dengan جمال الطبيعة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan خالق العالم sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3 Mengetahui struktur teks dan
unsur kebahasaan yang berkaitan dengan الحفاظ على
البيئة sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan جمال
الطبيعة sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.5 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan خالق
العالم sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.6 Mendeskripsikan struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan الحفاظ
على البيئة sesuai dengan konteks penggunaannya
|
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk
mengucapkan dan merespon tentang جمال الطبيعة dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Mensimulasikan dialog
sederhana tentang cara merespon terkait topik خالق
العالم dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan
sederhana terkait topik الحفاظ على البيئة dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
|
Tarkib:
|
فعل الأمر وتصريفه؛ الموصول (الذي، التي،
الذين، اللاتي)؛ اسم التفضيل للمذكر
|
No comments:
Post a Comment