Sunday, August 27, 2017

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) KI-KD MATA PELAJARAN BAHASA ARAB



BAHASA ARAB KELAS: VII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menghargai dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan berbahasa.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengenal struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2     Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang fungsi المرافق والأدوات المدرسية sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3     Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang fungsi الألوان sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan tentang topik  التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
3.5     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan tentang topik  المرافق والأدوات المدرسية
3.6     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan tentang topik الألوان
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menunjukkan contoh teks sederhana tentang topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة sesuai struktur bahasa dan konteks bacaan
4.2     Menyusun teks sederhana tentang topik  المرافق والأدوات المدرسية sesuai struktur bahasa dan konteks bacaan
4.3     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang  topik الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tarkib:
       المبتدأ (ضمائر مفرد؛إشارة مفردة)  + الخبر (الصفة والجهات) ؛ الضمائر المفردة المتصلة

BAHASA ARAB  KELAS: VII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menghargai perilaku yang memotivasi pengembangan kemampuan berbahasa arab.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengetahui struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan العنوان sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2     Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang بيتي sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3     Mengidentifikasi  struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang من يوميات الأسرة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dar teks deskriptif tentang العنوان
3.5     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dar teks deskriptif tentang بيتي
3.6     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dar teks deskriptif tentang من يوميات الأسرة
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon  mengucapkan dan merespon tentang العنوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2     Menyusun teks sederhana tentang topik  بيتي dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik من يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib:
       الأرقام 1 – 100 ؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأ مؤخر - النعت المفرد ؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + خبر (فعل مضارع )         
BAHASA ARAB  KELAS: VIII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menghargai dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan berbahasa.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengenal struktur teks dan unsur kebahasaan berkaitan dengan الساعة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2     Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا في المدرسة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3     Mengetahui struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا في البيت sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan الساعة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا في المدرسة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan يومياتنا في البيت sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menunjukkan contoh ungkapan tentang topik الساعة dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
4.2     Menyusun teks sederhana tentang topik يومياتنا في المدرسة dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
4.3     Mendemonstrasikan teks sederhana tentang topik يومياتنا في البيت dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib:
       أسئلة عن الساعة ؛ الجملة الاسمية؛ الجملة الفعلية والفاعل مفرد؛ المفعول به ؛ الجملتان وأنواع الجمع
BAHASA ARAB  KELAS: VIII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menghargai dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan berbahasa.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengenal struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة والمهنيون الرياضيون sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2     Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة الطبية sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3     Mengetahui struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik عيادة المرضى sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة والمهنيون الرياضيونsesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan topik المهنة الطبية sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6     Mengidentifikasi teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan عيادة المرضى sesuai dengan konteks penggunaannya
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menunjukkan contoh ungkapan sederhana yang merespon tentang topik المهنة والمهنيون الرياضيون dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2     Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon tentang المهنة الطبية dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana terkait topik عيادة المرضى dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib:
       (أن – لن – لِـ) + فعل مضارع؛ المصدر الصريح؛  الفعل الماضي والجملة الفعلية     


BAHASA ARAB  KELAS : IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menghargai dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan berbahasa.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengenal struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan رأس السنة الهجرية  sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2     Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan الحفل بمولد الرسول sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3     Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan نزول القرآن والعيدان sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan رأس السنة الهجرية  sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan الحفل بمولد الرسول sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6     Mendestkripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan نزول القرآن والعيدان  sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Mensimulasikan dialog sederhana tentang cara merespon terkait topik رأس السنة الهجرية  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana terkait topik الحفل بمولد الرسول dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3     Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon tentang نزول القرآن والعيدان  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tarkib:
       تصريف الفعل الماضي ؛كان واسمها وخبرها المفرد ؛(لا الناهية،لم) + الفعل المضارع ؛  المجرد والمزيد من الفعل الثلاثي


BAHASA ARAB  KELAS : IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menghargai dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan berbahasa.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengenal struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan جمال الطبيعة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2     Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan خالق العالم sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3     Mengetahui struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan الحفاظ على البيئة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan جمال الطبيعة sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan خالق العالم sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6     Mendeskripsikan struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks yang berkaitan dengan الحفاظ على البيئة  sesuai dengan konteks penggunaannya
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon tentang جمال الطبيعة dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2     Mensimulasikan dialog sederhana tentang cara merespon terkait topik خالق العالم dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana terkait topik الحفاظ على البيئة  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tarkib:
       فعل الأمر وتصريفه؛ الموصول (الذي، التي، الذين، اللاتي)؛ اسم التفضيل للمذكر



No comments:

Post a Comment