Thursday, August 24, 2017

Buku Pegangan Guru Bahasa Arab MTs Kelas 8 Format Word

A. KOMPETENSI INTI
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

B. KOMPETENSI DASAR
     3.1  Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa  Arab yang berkaitan  dengan :     رأس السنة الهجرية    baik secara lisan maupun tertulis.
3.2   Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
        Arab yang berkaitan dengan:
                                             رأس السنة الهجرية
          3.3  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa  Arab yang berkaitan dengan:
                                            رأس السنة الهجرية
.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
           
     1.  Mengulangi   yang diperdengarkan dengan makhraj dan intonasi  yang benar yang berkaitan dengan : رأس السنة الهجرية

2. Membaca kata, frasa, dan kalimat bahasa  Arab dengan makhraj dan intonasi yang benar tentang:      رأس السنة الهجرية
    3.  Menyebutkan gambaran umum isi
                                              رأس السنة الهجرية
D. MATERI:  رأس السنة الهجرية

E. PROSES PEMBELAJARAN
1.    Menyimak tanpa melihat buku
Guru meminta siswa untuk menutup buku pelajaran.
Guru: استمع جيدا , dengarkan baik-baik!
Guru membaca materi hiwar atau memutar rekaman, dan semua siswa mendengarkannya dengan penuh perhatian. Kegiatan ini dapat dilakukan lebih dari satu kali.
2.    Menyimak sambil melihat buku
Guru meminta siswa untuk membuka buku pelajaran.
Guru: استمع جيدا , dengarkan baik-baik!
Guru membaca materi hiwar atau memutar rekaman, dan siswa semua mendengarkannya sambil melihat materi pelajaran.
3.    Menyimak dan pengulangan secara klasikal
Guru membaca hiwar ungkapan pertama, lalu berisyarat dengan tangan atau mengatakan, جميعا , maka semua siswa mengulangi bacaan guru. Demikian selanjutnya, semua siswa mengulangi ungkapan demi ungkapan yang dibacakan guru sampai dengan ungkapan terakhir.Pengulangan dapat dilakukan dua kali.
4.    Menyimak dan pengulangan secara kelompok dan atau individual
Guru membaca hiwar ungkapan demi ungkapan, seperti langkah 3 dan diikuti siswa perkelompok (setelah kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok sebaiknya diberi nama kelompok). Bila masih ada waktu, guru meminta beberapa orang siswa satu persatu, dengan mengatakan: والآن أنت!, untuk mengulangi ungkapan-ungkapan itu, sebagian atau semuanya.
5.    Membaca nyaring secara klasikal dan kelompok
Guru meminta kelompok secara berpasangan membaca Tanya jawab dalam hiwar, tanpa diberi contoh terlebih dahulu oleh guru. Masing-masing kelompok memerankan satu peran.

المفردات والعبا رات
1.    Menyimak
Guru meminta siswa untuk membuka buku pelajaran.
Guru: استمع جيدا , dengarkan baik-baik!
Guru membaca mufradat ungkapan demi ungkapan dan siswa semua mendengarkannya sambil melihat materi pelajaran.
2.    Menyimak dan pengulangan klasikal
Guru: استمع جيدا , dengarkan baik-baik!
Guru membaca mufradat
Guru berisyarat dengan tangan atau mengatakan, جميعا , maka semua siswa mengulangi bacaan guru. Demikian selanjutnya, semua siswa mengulangi mufradat demi mufradat yang dibacakan guru sampai dengan mufradat terakhir.
3.    Membaca nyaring individual
Guru meminta beberapa orang siswa satu persatu, dengan mengatakan kepada siswa pertama أنت يا ..........اقرأ هذه المفردات , untuk membaca mufradat, selanjutnya kepada siswa yang lain !والآن أنت اقرأ atau والآن أنت!. Setiap siswa membaca sebagian mufradat atau semuanya.
4.    Penjelasan makna
Guru menjelaskan makna tiap mufradat dengan teknik (uslub) yang sesuai, umpamanya dengan sampel, ‘konteks’, teknik tanya jawab dan isyarat (menunjuk) .Untuk memastikan pemahaman siswa, dapat digunakan terjemah.

تَبَادَل الأَسْئِلَة وَالأَجْوِبَة عَنِ السَّاعَة مَعَ صَدِيْقِك !
1.    Guru meminta siswa untuk memperagakan hiwar yang ada pada tadrib ini secara bergantian.
2.    Kegiatan tadrib hiwar ini juga bisa dilakukan dengan meminta siswa melakukan hiwar dengan teman sebangkunya.

تدريبات على المفردات
تدريب (1) : تَبَادَل الأَسْئِلَة وَالأَجْوِبَة مَعَ زَمِيْلِك !
1.    Guru meminta siswa untuk memperagakan hiwar yang ada pada tadrib ini secara bergantian.
2.    Kegiatan tadrib hiwar ini juga bisa dilakukan dengan meminta siswa melakukan hiwar dengan teman sebangkunya.
تدريب (2) : صِلْ بَيْنَ العِبَارَاتِ الآتِيَة وَبَيْنَ الكَلِمَات مِنَ الصُّنْدُوْق !                             
1.    Siswa membaca dalam hati materi tadrib beserta kata-kata yang terdapat dalam kotak.
2.    Guru meminta seorang siswa untuk menjawab dua tiga tadrib.
3.    Bila jawaban siswa tersebut salah, maka kesempatan menjawab diberikan kepada siswa lain.
4.    Jika tidak ada siswa yang memberikan jawaban yang benar, maka jawaban diberikan oleh guru sendiri.

5.    Kegiatan dilanjutkan dengan cara di atas sampai tedrib terakhir.

Download Buku Pegangan Guru Bahasa Arab MTs Kelas 8 Format Word

No comments:

Post a Comment