Setelah Berguru Berilmu sebelumnya kIta membahas Cara Menghitung Nilai KKM MTs Negeri Ciamis 2017, kini tiba saatnya untuk melanjutkan artikel yang membahas tentang bagaimana cara menentukan kriteria ketuntasan minimal yang baik itu seperti apa.
Langkah awal penentuan KKM yaitu
menentukan estimasi KKM di awal tahun pembelajaran bagi mata pelajaran yang
diajarkan. Penentuan estimasi ini didasarkan pada hasil tes Penerimaan Siswa
Baru (PSB) bagi siswa baru, dan mendasarkan nilai KKM pada nilai yang dicapai
siswa pada kelas sebelumnya.
Penentuan KKM dapat pula
ditentukan dengan menghitung tiga aspek utama dalam proses belajar mengajar
siswa. Secara berurutan cara ini apat menentukan KKM Indikator – KKM Kompetensi
Dasar (KD) – KKM Standart Kompetensi (SK) - KKM Mata Pelajaran. Berikut
ini langkah-langkah penghitungannya:
Kompleksitas
Kompleksitas merupakan tingkan
kesulitan materi pada tiap indicator, kompetensi dasar maupun standart
kompetensi. Semakin tinggi tingkat kompleksitas maka semakin kecil skor yang
dipakai. Rentang nilai yang digunakan misalnya: jika kompleksitas tinggi
rentang nilai yang digunakan (50-64), kompleksitas sedang (64-80), dan
kompleksitas rendah (81-100)
Daya Dukung
Factor ini lebih ditujukan pada
ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang
Kegiatan Belajar Siswa. Sekolah yang memiliki daya dukung tinggi maka skor yang
digunakan juga tinggi. Pada aspek daya dukung rentang nilai yang digunakan
sangat fleksibel sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu contohnya: jika daya
dukung tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), daya dukung sedang
(65-80), untuk daya dukung rendah (50-64).
Intake
Intaks merupakan tingkat
kemampuan rata-rata siswa. Intaks bisa didasarkan pada hasil/nilai penerimaan
siswa baru dan nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya (menentukan
estimasi). Contoh rentang nilai yang bisa digunakan: jika intake siswa
tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), intake sedang (65-80), untuk
intake rendah (50-64).
Lebih lengkap lagi perhatikan tabel di bawah ini:
Lebih lengkap lagi perhatikan tabel di bawah ini:
Aspek yang dianalisis
|
Kriteria dan Skala Penilaian
|
||
Kompleksitas
|
Tinggi
< 65
|
Sedang
65-79
|
Rendah
80-100
|
Daya Dukung
|
Tinggi
80-100
|
Sedang
65-79
|
Rendah
<65
|
Intake siswa
|
Tinggi
80-100
|
Sedang
65-79
|
Rendah
<65
|
No comments:
Post a Comment